fasilitas bandara untuk disabilitas

Fasilitas Bandara dan Pesawat untuk Penyandang Disabilitas

Menyediakan fasilitas bandara untuk penyandang disabilitas merupakan sebuah kewajiban. ICAO oganisasi penerbangan sipil internasional berulang kali menegaskan hal ini, bahwa setiap bandara di seluruh dunia harus menyiapkan fasilitas dan memberikan kemudahan untuk penumpang dengan kebutuhan khusus.

Hal ini bertujuan agar mereka bisa merasa sama-sama nyaman dalam menggunakan layanan penerbangan.

Alasan utama mengapa hal in menjadi sesuatu yang penting untuk dibahas yaitu untuk meningkatkan kesadaran, terutama bagi kalian yang mungkin ingin jadi pramugari atau staff bandara.

Selain itu, informasi yang akan kami sampaikan ini juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian seputar fasilitas yang biasanya kita temui saat berada di bandara.

Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas di Area Bandara

Penjelasan mengenai fasilitas bandara tambahan untuk penyandang disabilitas ini tercantum di dalam banyak buku dan panduan seperti Annex 9 ICAO, buku panduan karya pengamat penerbangan, dan sumber lainnya.

fasilitas bandara penyandang disabilitas

Berikut ini kami rangkum beberapa poin yang terhitung sebagai fasilitas khusus untuk penumpang disabilitas di area bandara.

1. Staff Bandara/Asisten Bandara

Setiap bandara perlu menyediakan tenaga profesional untuk membantu mengarahkan penumpang berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan serangkaian prosedur check-in, memperoleh boarding pass, dan sebagainya.

Mereka yang mempunyai tanggung jawab di bidang ini tentunya harus sigap, sabar, dan memahami apa yang dibutuhkan oleh penyandang disabilitas. Tidak semua orang mempunyai keahlian seperti ini.

Oleh karena itu, staff bandara atau asisten bandara mungkin perlu mengikuti pelatihan terlebih dahulu agar bisa memberikan pelayanan yang baik kepada para penumpang disabilitas tersebut.

2. Ruang Tunggu yang Nyaman

Selanjutnya, bandara juga perlu menyediakan fasilitas ruang tunggu dan akses yang memudahkan bagi penumpang berkebutuhan khusus. Dalam hal ini penumpang disabilitas perlu mendapatkan prioritas yang lebih baik agar mereka bisa naik terlebih dahulu sebelum penumpang lainnya. Ketentuan ini berlaku untuk fasilitas bandara di dunia.

3. Kursi Roda

Fasilitas bandara yang berikutnya adalah kursi roda untuk mempermudah penyandang disabilitas untuk bergerak di area bandara. Kursi roda ini juga gratis, penumpang tidak dikenakan biaya tambahan untuk menggunakannya. Tentunya ini cukup penting mengingat tidak semua penumpang mungkin membawa kursi roda sendiri. Sebagai catatan kursi roda ini nantinya hanya dipinjami saja, tidak bisa dibawa pulang.

4. Ram Hidrolik

Secara sederhana ram hidroik adalah alat khusus yang berfungsi untuk memudahkan penyandang disabilitas saat naik ke pesawat. Asisten bandara atau ground staff akan menyiapkan alat ini. Ram hidrolik juga biasanya terpasang di kendaraan khusus yang bisa membantu penumpang disabilitas agar lebih mudah untuk masuk ke dalam kabin.

Selain fasilitas tambahan di bandara, perlakuan khusus juga perlu diterapkan saat mereka berada di dalam pesawat. Hal ini nantinya berkaitan dengan pelayanan setiap maskapai pesawat terutama awak kabinnya.

Kemudahan Akses Layanan Bagi Penyandang Disabilitas Saat Berada di Pesawat

Saat masuk ke kabin, tanggung jawab pelayanan bagi penumpang berkebutuhan khusus ada di awak kabin atau kita biasa menyebutnya pramugari. Pertama adalah soal keahlian yang perlu mereka miliki.

Penting bagi pramugari untuk bisa menggunakan bahasa isyarat dengan baik, hal ini bisa membantu para penyandang tunarungu untuk memahami instruksi keselamatan, penjelasan mengenai prosedur terbang, dan sebagainya.

Dalam menjelaskan aturan keselamatan penerbangan, awak kabin harus memastikan setiap penumpang disabilitas di pesawat sudah memahaminya sesuai dengan kondisi mereka.

Untuk penumpang dengan tuna netra kru kabin perlu menggunakan metode audio dan sentuhan, seperti airline saftey card yang dilengkapi dengan huruf braille yang ada di seatback untuk menjelaskan prosedur keselamatan.

Tugas pramugari memang cukup besar di sini, mereka perlu memahami setiap kebutuhan penyandang disabilitas agar bisa mendapatkan pelayanan yang baik.

Seperti penumpang lainnya, mereka juga mempunyai hak yang sama untuk diperlakukan dengan baik dan mendapatkan pelayanan yang optimal. Kasadaran mengenai hal ini biasanya akan diperoleh pramugari selama menjalani proses training.

Baca juga: Maskapai Pesawat dengan Cabin Crew Terbaik di Dunia

Mengapa Fasilitas dan Akses Layanan untuk Penumpang Disabilitas Sangat Penting?

Karena, hal ini ditujukkan untuk mencegah adanya diskriminasi dan perlakuan tidak menyenangkan. Seringkali kita melihat di berita, penyandang disabilitas kurang mendapatkan prioritas dari penyedia layanan transportasi umum.

Tentunya hal ini masalah yang cukup serius, sudah semestinya mereka yang berkebutuhan khusus mendapatkan layanan yang diprioritaskan dan akses kemudahan terhadap fasilitas-fasilitas yang ada.

Prosedur ini perlu terus ditingkatkan lagi, dengan demikian saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus tidak merasa kesulitan untuk mengakses layanan umum seperti bandara dan transportasi udara.

Selain itu tenaga kerja seperti pramugari dan ground staff bandara juga sebaiknya bersikap dengan baik dan ramah terhadap mereka yang membutuhkan bantuan. Karena mereka juga mempunyai hak yang sama seperti penumpang lainnya.