pramugari pesawat

Tugas dan Tanggung Jawab Pramugari (Lengkap)

Sebagai salah satu profesi yang paling terkenal setelah pilot, Flight Attendant (FA) atau profesi pramugari sangat populer dan banyak diminati di Indonesia.

Sangat mudah dikenali, mereka yang berprofesi sebagai pramugari mempunyai fisik ideal. Tidak terlalu gemuk ataupun kurus, dan hal yang tidak kalah penting mereka mempunyai postur tubuh yang tinggi.

Hal ini terbilang cukup wajar mengingat dari pihak maskapai penerbangan juga mensyaratkan demikian. Namun, terlepas dari ciri fisik yang ada, pasti banyak yang penasaran dengan realita dari pekerjaan yang satu ini. Apakah yang mereka kerjakan hanya dandan dan senyum-senyum di depan penumpang?

Dalam artikel ini akan segera bongkar fakta dan tanggung jawab pramugari yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Apa Itu Pramugari?

Pramugari adalah kru kabin bisa berupa perempuan maupun laki-laki (pramugara). Profesi ini berkaitan dengan pelayanan penumpang mulai dari menyampaikan pengumuman, mengantarkan makanan, hingga memprioritaskan keselamatan penumpang ketika terjadi situasi darurat.

Profesi ini mempunyai sistem rekrutmen yang ketat. Tidak semua orang bisa menjadi pramugari, jadi tidak perlu heran jika pekerjaan ini memang terhitung sangat bergengsi.

Namun di balik senyum manis pramugari, rupanya mereka mempunyai tanggung jawab yang berat lebih daripada yang pernah dibayangkan. Secara sederhana modal mereka bukan sekadar fisik yang cantik atau tampan, melainkan dari segi dedikasi dan semangat saja sudah berbeda.

Tugas dan Tanggung Jawab Pokok Pramugari

Kami membagi tugas dan tanggung jawab pramugari menjadi dua, yaitu hal umum yang lazimnya sudah diketahui banyak orang dan fakta mengejutkan mengenai beberapa hal tidak terekspos masih berkaitan dengan pembahasan yang sama. Berikut ringkasannya.

Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Penumpang

Menjaga kualitas layanan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan oleh seorang pramugari.

Mereka bekerja di bawah naungan maskapai, sehingga segala tindakan dan perilaku mencerminkan langsung kualitas layanan penerbangan di mata masyarakat. Setiap pramugari selalu menjaga service excellence yang sudah diajarkan selama proses training.

Ingin tahu apa saja yang dipelajari oleh pramugari? Coba cek penjelasan lengkap materi pendidikan pramugari. Hal yang pasti, mereka harus mengetahui bagaimana pelayanan yang tepat untuk penumpang umum dan khusus contohnya seperti passenger berkebutuhan khusus menggunakan kursi roda, tunanetra, tunarungu, dan sebagainya.

Pramugari juga harus memberikan perhatian lebih kepada anak-anak, penumpang usia lanjut, dan ibu hamil. Pelayanan yang dimaksud bisa meliputi:

  • Memastikan setiap alat keselamatan sudah tersedia
  • Memandu penumpang saat proses boarding naik ke pesawat dan landing
  • Membantu penumpang yang kesulitan saat meletakan barang di bagasi
  • Menjawab dan membantu penumpang dalam penggunaan fasilitas pesawat

Memastikan Kepatuhan Standar Keselamatan

Bagian yang cukup merepotkan adalah pramugari wajib memastikan kondisi di dalam kabin pesawat kondusif dan teratur. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan penumpang. Lebih kurang hal ini meliputi:

  • Memastikan tidak ada kegaduhan di area kabin, menjaga kenyamanan penumpang
  • Tidak bosan-bosan mengingatkan pentingnya memakai sabuk pengaman sebelum pesawat lepas landas
  • Mengingatkan untuk kesekian kalinya supaya penumpang tidak asal membuka pintu darurat
  • Melarang penggunaan perangkat elektronik yang sekiranya bisa mengganggu sistem navigasi pesawat

Hal ini terkesan umum, namun seperti yang kita tahu sifat penumpang itu bermacam-macam ada yang patuh dan ngeyel. Hal semacam inilah yang membuat pramugari harus ekstra sabar tidak boleh gampang emosi.

Memberikan Pertolongan Pertama untuk Penumpang yang Sakit

Seorang pramugari juga mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pertolongan pertama, menggunakan alat-alat P3K sesuai dengan kondisi yang dialami oleh penumpang.

Satu Fakta Mengejutkan Mengenai Pramugari yang Jarang Diketahui

Ada satu lagi tugas dan tanggung jawab pramugari, selain mengantarkan makanan sesuai permintaan dan berlaku ramah serta sopan terhadap penumpang. Mereka rela berkorban demi keselamatan penumpang.

Bukan berlebihan, faktanya setiap pramugari dilatih untuk menerapkan prinsip utamakan keselamatan penumpang dibandingkan diri sendiri. Mungkin awalnya hal ini terkesan berlebihan atau bisa juga ada yang menganggap hanya sekadar formalitas belaka.

pekerjaan pramugari

 

Namun hal ini fakta, bahkan bisa kalian lihat sendiri berbagai informasi di berita dalam dan luar negeri mengenai profesionalisme seorang pramugari untuk berkomitmen mengutamakan keselamatan penumpang.

Mereka telah dilatih untuk selalu siap dan siaga pada saat situasi darurat misalnya ketika terjadi pendaratan di laut, turbulensi yang kuat karena cuaca buruk, kebakaran yang terjadi secara tiba-tiba di dalam pesawat dan lain sebagainya.

Persiapan ini juga dibuktikan melalui pelatihan jungle and sea survival, training situasi kebakaran, dan P3K.

Demikian penjelasan mengenai tugas dan tanggung jawab pramugari, semoga bisa menjadi gambaran untuk kalian yang ingin berkarir di bidang ini.

Informasi di atas bukan bermaksud menakut-nakuti kalian yang ingin menjadi pramugari. Namun, kami ingin memastikan kalian siap dengan berbagai kemungkinan yang ada.

Jadilah pramugari yang ramah dan tangguh, persiapkan diri lebih baik dengan mendaftar di jurusan pramugari  sekolah penerbangan. STTKD masih membuka jalur pendaftaran, wujudkan impian kalian untuk menjadi pramugari yang hebat dengan menempuh pendidikan dan pelatihan di kampus disiplin!