Fungsi GPU dan Air Starter Unit Saat Pesawat Berada di Darat

Beberapa waktu yang lalu kami sudah pernah menjelaskan mengenai GSE (Ground Service Equipment). Barangkali kalian lupa, GSE adalah peralatan pendukung operasi pesawat saat berada di darat. Ada banyak jenis GSE untuk menunjang kegiatan pesawat, dua di antaranya disebut sebagai GPU (Ground Power Unit) dan Air Stater Unit.

Dalam dunia penerbangan keduanya merupakan bagian yang penting dan wajib ada di bandara. Pihak yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan kedua alat ini adalah petugas ground handling sesuai dengan tugasnya.

Apa itu GPU dan APU serta bagaimana fungsi dan cara kerjanya? Berikut ini sudah kami siapkan penjelasan lebih lengkap mengenai kedua bagian dari Ground Service Equipment tersebut.

Mengenal Lebih Jauh Ground Power Unit (GPU)

GPU adalah pembangkit daya yang ada di luar pesawat. Generator ini mampu menghasilkan daya 28 V DC atau 115 AC dengan frekuensi

400 hz. Sebagai perbandingan frekuensi listrik di rumah kita biasanya berfrekuensi 50-60 hz. Daya yang tersambung ke pesawat yang dikeluarkan oleh GPU disebut sebagai external power.

GPU pesawat

Gambar: Ground Power Unit

Melihat dari ciri fisiknya, GSE berupa GPU ini bentuknya berbeda-beda ada yang seperti generator portable berukuran kecil sampai GPU yang memiliki ukuran sama seperti truk besar. Dalam kondisi tertentu, GPU juga bisa terpasang pada bagian garbarata atau jembatan pesawat.

Apa Fungsi GPU?

Pertanyaan bagus, secara teknis fungsi dari GPU adalah menyalurkan listrik sehingga sistem kelistrikan pesawat bisa berfungsi untuk keperluan maintenance, pengecekan terhadap error, dan lain sebagainya.

Sistem kelistrikan pesawat yang kami maksud di sini adalah electric starters, lampu-lampu, sistem navigasi, radio dan komunikasi, dan fitur hiburan bagi penumpang.

Untuk menyuplai daya listrik murni ke pesawat, pertama-tama ground handling akan menyiapkan GPU yang biasanya dibawa dengan menggunakan roda atau semacam kendaraan khusus.

Kemudian, kabel berwarna kuning dikeluarkan dari bagian GPU untuk disambungkan ke bagian depan pesawat. Untuk pengecekan teknis akan dilakukan oleh ahli mekanikal bandar udara berkaitan dengan maintenance dan keperluan lainnya.

Mengenal Air Starter Unit dalam Operasional Pesawat

Selain GPU, ada juga bagian lainnya yang masih termasuk komponen GSE yaitu Air Starter Unit (ASU) ada juga yang menyebutnya sebagai GTC. Secara sederhana air starter unit adalah mesin yang bisa menjadi sumber tenaga pneumatik/udara bertekanan.

air starter unit

Gambar: air starter unit

Perangkat ini dirancang seperti kendaraan dengan roda operasional berjumlah 4-6 roda menyesuaikan dengan ukuran unitnya. Air Starter Unit dapat berupa mesin dan kompresor yang langsung menyuplai udara bertekanan tinggi tanpa menampungnya di tabung. Fungsi dari udara bertekanan tinggi yaitu untuk memutar turbin pesawat pada saat mesin pesawat akan start.

Fungsi lainnya dari komponen GSE ini yaitu untuk memasok Air Conditioning Pack atau mesin AC yang ada di pesawat. Hal ini perlu dilakukan untuk proses maintenance dan pengecekan lebih lanjut.

Memahami Apa Itu Auxiliary Power Unit (APU)

Secara terpisah APU merupakan bagian pesawat bukan termasuk GSE. Namun, bagian ini tetap mempunyai peran penting dalam operasional pesawat dan ada kaitannya dengan GPU dan Air Starter Unit. Secara sederhana APU adalah perangkat pendukung operasi darat yang berfungsi untuk penyediaan energi selain tenaga penggerak.

Auxiliary Power Unit digunakan untuk menggantikan mesin agar mampu menyediakan listrik dan tenaga pneumatik untuk menyalakan mesin pesawat.

auxiliary power unit

Gambar: auxiliary power unit

Adapun untuk cara kerjanya yaitu dengan meniupkan udara bertekanan tinggi ke mesin turbin, sehingga bagian turbin tersebut berputar. Kemudian, setelah putarannya dianggap cukup, maka bahan bakar akan dimasukkan untuk melalui proses pembakaran sampai memutar turbin.

Sebenarnya bagian ini masih berkaitan dengan fungsi Ground Power Unit dan Air Starter Unit. Saat APU tidak berfungsi atau dalam kondisi mati posisi sudah hampir mendarat di bandara maka pilot bisa meminta bagian operasi di radio untuk menyiapkan Ground Power Unit dan Air Starter Unit.

Siapa yang Sebaiknya Memahami Operasional GPU, Air Starter Unit, dan APU?

Untuk bagian GSE yaitu Ground Power Unit dan Air Starter Unit menjadi tanggung jawab petugas ground handling untuk menyiapkan kedua perlengkapan pendukung tersebut. Adapun untuk pengecekan lebih lanjut menyesuaikan dengan kebutuhan pesawat.

Apabila bertujuan untuk maintenance atau pengecekan bagian kelistrikan pesawat maka ini adalah bagian untuk teknisi pesawat dan ahli kelistrikan di bidang penerbangan.

Meskipun ketiga bagian ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda, kita bisa memahami setiap bagiannya tetap berkaitan. Jika kalian tertarik untuk mempelajari lebih jauh mengenai komponen-komponen pesawat dan GSE, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan untuk masuk ke sekolah penerbangan.

Di sini kalian akan diajarkan materi lebih lengkap mengenai hal yang berkaitan dengan kelistrikan pesawat serta fitur-fiturnya, sekian penjelasan yang bisa kami sampaikan dan terima kasih.