aircraft pushback towing tracktor

Aircraft Pushback Tractor Kendaraan Khusus Pendorong Pesawat

Pesawat memang punya roda, tapi saat berada di darat burung besi ini hanya bisa bergerak maju tidak bisa mundur apalagi berbelok. Oleh karena itu, untuk menggerakan pesawat dengan lebih mudah dibutuhkan semacam kendaraan khusus yang disebut sebagai aircraft pushback tractor.

Apa itu, bagaimana bisa ada traktor ada di bandar udara? Secara sederhana aircraft pushback tractor adalah kendaraan khusus seperti mobil beroda empat berfungsi untuk menarik pesawat ke bagian apron atau hanggar.

Bukan kendaraan biasa, aircraft pushback tractor ini terhitung powerful bisa mendorong mundur pesawat yang beratnya ratusan ton (mobil biasa tidak bisa melakukannya).

Jadi, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mencari tahu fungsi dari aircraft pushback vehicle dan beberapa hal yang berkaitan dengan kendaraan khusus ini.

Fungsi Aircraft Pushback Tractor yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Ada beberapa fungsi aircraft pushback tractor, beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Mempermudah Pergerakan Pesawat ke Hangar

Sebelum melakukan proses maintenance, terlebih dahulu pesawat perlu diangkut manual menggunakan aircraft pushback tractor. Pesawat tidak bisa masuk ke maintenance hangar dalam keadaan mesin menyala. Hal ini disebabkan karena posisi tempat tertutup, tidak aman untuk membiarkan mesin pesawat menyala saat masuk ke hangar.

Tentu, tadi kita sudah tahu bahwa pesawat tidak bisa bergerak dengan bebas saat berada di darat. Aircraft pushback tractor menjadi salah satu kendaraan yang bisa mempermudah pergerakan pesawat sebelum proses maintenance.

2. Pergerakan Pesawat di Area Parkir

Selain itu, traktor pushback juga bisa digunakan untuk mengubah tempat pesawat dari area tertentu ke area yang lain. Bandara normalnya mempunyai gerbang yang berbeda untuk penumpang internasional dan domestik.

Setelah selesai menurunkan penumpang di gerbang internsional, pesawat perlu didorong kembali dari gerbang internasional dan dibawa ke gerbang domestik. Aircraft pushback tractor diandalkan untuk pergerakan ini, karena tentu tidak efisien jika menyalakan mesin jet untuk pergerakan sesingkat itu.

Contoh lain dari pergerakan pesawat adalah reposisi menempatkan ulang pesawat menunju area yang sudah disediakan.

3. Memperbaiki Posisi Pesawat yang Salah

Pesawat tidak bisa ditempatkan secara asal, ada garis dan area yang sudah dirancang sedemikian rupa. Ketika pesawat mendekati area parkir, maka bagian roda depannya harus berada di bagian centerline. Dengan begitu posisinya tidak terlalu menggeser ke samping kiri atau kanan.

Terkadang bagian roda pesawat berhenti di posisi yang salah. Hal ini bisa terjadi ketika marshaller mungkin keliru atau membuat sedikit kesalahan saat memandu pilot memarkirkan pesawat. Apapun alasannya pesawat tidak bisa berbelok dengan sendirinya sehingga membutuhkan aircraft pushback tractor untuk memperbaiki posisi tersebut.

Baca juga: Perbedaan Bandara Internasional dan Bandara Domestik

Spesifikasi dan Hal Teknis Seputar Aircraft Pushback Tractor

Meskipun mempunyai kemampuan yang luar biasa, kendaraan pushback traktor ini juga punya spesifikasi tersendiri. Sebagai contoh aircraft pushback tipe A bisa digunakan untuk mendorong pesawat tipe Boing 737, 747, dan lainnya.

Satu kendaraan tidak bisa digunakan untuk mendorong semua jenis pesawat, karena ada kapasitas dan kemampuan yang bisa di handle oleh kendaraan tersebut.

Spesifikasi Aircraft Towing Tractor/Pushback

Spesifikasi tersebut ditentukan menurut tiga hal, yaitu:

  • Tarikan drawbar: merujuk pada tarikan horizontal yang mampu dilakukan oleh traktor dalam perhitungan kilo Newtons (kN). Semakin besar drawbar pull rating, maka semakin kuat pula kemampuan dari traktor untuk menyeimbangkan berat pesawat yang akan didorong.
  • Berat traktor pushback itu sendiri: mewakili kekuatan traktor untuk menahan posisinya saat mendorong pesawat.
  • Berat maksimum pesawat yang bisa didorong: merujuk pada berat pesawat dan perbandingannya dengan kemampuan dari traktor pushback

Untuk memahami lebih lengkap mengenai kemampuan dorong traktor pushback dan tipe pesawat yang bisa di handle, berikut ini contoh table spesifikasinya:

 

Model Maks. Berat Pesawat (Metrik Ton) Tarikan Drawbar (kN) Berat Traktor (Metrik Ton) Berat Pemberat (Metrik Ton) Tipe Pesawat yang Didukung
Challanger 150 160 101 9 15 Tipe Airbus A320 & Boeing 737
Challanger 280 300 209 24 28 Tipe Airbus A350 & Boeing 787
Challanger 430 380 304 27 43 Tipe Boeing 777
Challanger 550 450 369 50 60 Hingga Boeing 747-800, Jumbo Jet
Challanger 700 600 498 40 70 Hingga Airbus A380, pesawat penumpang terbesar di dunia.
challanger 700 trepel aircraft tractor

Sumber: trepel.com, challanger 700 – aircraft pushback tractor

Catatan: Data dikutip dari spesifikasi traktor pushback yang dibuat oleh Trepel, manufaktur produksi GSE. Informasi ini mungkin bisa berbeda menyesuaikan update tipe terbaru

Sebagai informasi tambahan, petugas yang mengoperasikan aircraft pushback tractor adalah mereka yang bekerja di bidang GSE (Ground Service Equipment) bisa berasal dari staff ground handling atau bagian profesional khusus.

Hal yang pasti mengoperasikan traktor pushback bukanlah hal yang mudah dan harus dilakukan dengan berhati-hati agar tidak terjadi risiko kerusakan atau kecelakaan.

Demikian penjelasan mengenai aircraft pushback tractor, tertarik menjadi salah satu staff operasi pesawat di darat? Persiapkan dirimu untuk mendaftar ke jurusan ground handling di sekolah penerbangan.