progam kuliah bekerja di luar negeri

Prodi Kuliah dengan Potensi Bekerja di Luar Negeri!

Setiap orang punya impian yang berbeda-beda. Terkadang sesuatu yang terkesan mustahil bagi banyak orang, ternyata bisa menjadi kenyataan. Salah satunya adalah mencari prodi kuliah atau jurusan yang sekiranya bisa membuat kita bekerja di luar negeri.

Ya, siapa di sini yang tertarik bekerja sampai ke luar negeri? Kami doakan semoga bisa terwujud di kemudian hari. Namun, perlu kalian ketahui bekerja di luar negeri khususnya sebagai tenaga profesional yang ahli di bidangnya bukanlah perkara yang mudah.

Semangat belajar menjadi modal utama yang harus terus ada, mempelajari bahasa asing, mengasah skill dan keterampilan, kemampuan membangun relasi, dan masih banyak hal lainnya yang berpengaruh terhadap keberhasilan kalian untuk bekerja di luar negeri.

Namun sebagai permulaan kalian bisa mulai dari menentukan jurusan perkuliahan kira-kira prodi apa yang bisa menunjang mimpi bekerja di luar negeri?

Jurusan Kuliah yang Punya Potensi Bagus Bisa Membuatmu Kerja di Luar Negeri

Ada beberapa alasan sebagian orang sangat ambisus untuk bisa kerja di luar negeri. Alasannya bervariasi mulai dari masalah gaji sampai jaringan relasi, hingga keseruan lainnya. Berikut ini sudah kami pilihkan beberapa prodi kuliah yang punya peluang besar bisa membuatmu bekerja di luar negeri:

prodi kuliah kerja di luar negeri

1. Prodi Kuliah Pramugari

Wajib jadi pertimbangan utama, terutama jika kalian perempuan minat kerja di luar negeri sambil jalan-jalan ke berbagai negara maka pramugari adalah prodi yang cocok.

Dalam jurusan pramugari kalian akan diajarkan skill bahasa asing dan kemampuan yang berkaitan dengan keahlian teknis kepramugarian. Ada dua pilihan, antara menjadi maskapai pesawat di Indonesia dengan rute penerbangan internasional atau sepenuhnya bekerja di maskapai luar negeri.

Ada baiknya untuk mempelajari dulu semua yang berkaitan tentang pramugari termasuk tugas, tanggung jawab, hingga persyaratan untuk menjadi kru kabin pesawat internasional.

Pramugari alias flight attendant menjadi salah satu jurusan sekaligus profesi yang bergengsi, banyak yang ingin sukses berkarir di kepramugarian.

Namun, sebagai pengingat tambahan kami sampaikan lagi bahwa perjuangan menjadi pramugari atau cabin crew itu tidak mudah. Persiapkan mental dan fisikmu dengan baik ya, karena ada proses training hingga serangkaian ujian yang perlu kamu lalui kedepannya.

2. Prodi Teknik Dirgantara

Tidak banyak yang tahu, jurusan teknik dirgantara juga punya peluang yang bagus untuk bisa bekerja di luar negeri. Namun fokus utamanya bukan pelayanan penumpang, melainkan hal teknis berkaitan dengan perancangan pesawat, perakitan UAV, dan sebagainya.

Di luar negeri teknik dirgantara disebut sebagai aerospace engineering, mereka yang ahli di bidang ini banyak dicari oleh negara-negara maju seperti Amerika, Inggris, Prancis, dan sebagainya.

Prodi ini berfokus pada prodi ini berfokus pada pembekalan mengenai struktur desain pesawat, teknik navigasi dan kontrol, instrumentasi penerbangan, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Peluang Pekerjaan di Bandara untuk Lulusan Penerbangan

3. Prodi Kuliah Manajemen Transportasi Udara

Prodi selanjutnya mungkin terkesan umum bagi beberapa orang, yaitu Manajemen Transportasi Udara. Jurusan ini terkesan umum biasanya kalau sudah berkaitan dengan manajemen ada kaitannya dengan persoalan bisnis dan sebagainya.

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun di sini air transportation management juga punya peluang yang lebih luas. Dengan keahlian yang baik di bidang ini, kalian bisa saja bekerja di bandara di luar negeri atau mungkin perusahaan industri kedirgantaraan mancanegara.

Manajemen transportasi udara punya peluang di bidang asuransi penerbangan, keuangan penerbangan, dan pekerja staff bandara internasional.

4. Prodi Aeronautika

Terakhir, ada prodi kuliah aeronautika yang dikenal sebagai jurusan teknis di bidang penerbangan yang masih cukup asing di telinga banyak orang.

Di luar negeri ilmu aeronautika disebut sebagai aeronautical engineering yang di dalamnya membahas tentang pembuatan dan pengembangan desain pesawat, proses manufaktur, eksperimen penerbangan, produksi jet engine, UAV.

Meskipun kurang populer, jangan salah lulusan aeronautika juga punya peluang untuk bekerja di luar negeri bagian teknisnya. Mereka bekerja di bengkel pesawat atau pabrik produsen pesawat menjadi satu dari bagian tim profesional.

Sebelum mengambil prodi ini pastikan kamu tertarik dengan pengaplikasian ilmu matematika, teori, problem solving tingkat lanjutan.

Itu dia beberapa prodi kuliah khususnya di fakultas penerbangan yang punya potensi bagus untuk bisa bekerja di luar negeri. Apakah kalian tertarik untuk memilih salah satunya?

Jika iya, silahkan saja jangan lupa untuk terus belajar dan perdalam ilmu di bidang yang kalian sukai. Sebagai nasihat, tentunya bekerja di luar negeri bukanlah suatu keharusan.

Namun ini bisa menjadi opsi jika memang apa yang kalian incar adalah pengalaman berbeda dan gaji yang cukup tinggi. Sebagai gantinya kalian mungkin akan jarang melihat keluarga karena masalah jarak.

Apapun masa depan yang kalian pilih selagi itu baik, pastikan untuk terus bersemangat menggapainya dan jangan lupa juga untuk berdo’a ya, sekian penjelasan dari kami semoga bisa bermanfaat.