ICAO adalah

Mengenal Organisasi Penerbangan ICAO dan Annex-nya

Untuk mewujudkan sistem operasional penerbangan yang mengutamakan keamanan dan keselamatan, berbagai negara di dunia sepakat untuk membuat organisasi sipil penerbangan internasional yang sekarang ini kita sebut sebagai ICAO (International Civil Aviation Organization).

Kenapa harus repot-repot berkenalan dengan ICAO? Pertanyaan yang bagus, sebagai calon taruna dan taruni di sekolah penerbangan penting bagi kalian untuk memahami yang namanya prosedur dan regulasi dalam penerbangan.

Tidak hanya itu, profesi seperti pramugari, ground handling, ATC, bahkan pilot sekalipun kualifikasi dan regulasi pekerjaannya mengacu pada ketentuan ICAO.

Singkat cerita, dengan memahami ICAO dan peran dari organisasi ini kalian bisa semakin tahu pentingnya aviation knowledge serta besarnya pengaruh ICAO terhadap perkembangan operasional penerbangan di dunia.

Apa Itu ICAO?

ICAO adalah organisasi penerbangan sipil internasional yang merupakan bagian dari badan khusus PBB. Organisasi ini didirikan untuk mewujudkan keselamatan, keamanan, dan kelancaran sistem operasional penerbangan bagi seluruh masyarakat di dunia.

Sekilas tentang sejarah ICAO, organisasi ini didirikan pada tahun 1994, pembentukan organisasi sipil internasional dilakukan setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua. Pada masa itu, industri pesawat untuk jaringan penumpang dan angkutan barang terus mengalami perkembangan.

Namun, perkembangan tersebut memicu banyaknya kendala dari berbagai aspek termasuk teknis maupun politis. Khususnya di bagian standardisasi fasilitas penerbangan dan pengembangan rute penerbangan.

Tercatat Pada Bulan Desember 1994, Chicago Convention sepakat dan telah ditandatangani oleh 52 negara. Konvensi chicago inilah yang menjadi dasar awal dari standar dan prosedur untuk navigasi udara yang global damai.

Satu lagi, dalam organisasi ICAO ada posisi khusus yang disebut sebagai anggota dewan yang terdiri dari negara-negara terpilih. Negara ini mempunyai peran penting dalam transportasi udara baik dari aspek fasilitas navigasi, kontribusi, dan lain sebagainya.

Oke, kita tinggalkan sejenak soal sejarah ICAO. Tidak diragukan lagi organisasi sipil penerbangan internasional ini mempunyai peran yang penting dalam kemajuan dan kepatuhan terhadap regulasi dan keselamatan operasional bandara.

ICAO Annex: Definisi dan Macam-Macamnya

ICAO annex adalah lampiran standar dan praktik yang direkomendasikan untuk setiap bidang tanggung jawab ICAO. Lampiran ini mencakup beberapa aspek mulai dari aturan mengenai lisensi hingga manajemen keselamatan.

Di bawah ini merupakan beberapa annex ICAO, totalnya ada 19 annex:

  • Annex 1 – Personnel Licensing (Perizinan Personalia)
  • Annex 2 – Rules of the Air (Aturan Udara)
  • Annex 3 – Meteorological Services (Layanan Meteorologi)
  • Annex 4 – Aeronautical Charts (Peta Penerbangan)
  • Annex 5 – Units of Measurement (Satuan Pengukuran)
  • Annex 6 – Operation of Aircraft (Pengoperasian Pesawat Udara)
  • Annex 7 – Aircraft Nationality and Registration Marks (Kebangsaan Pesawat dan Tanda Registrasi)
  • Annex 8 – Airworthiness of Aircraft (Kelaikan Udara Pesawat)
  • Annex 9 – Facilitation (Fasilitasi)
  • Annex 10 – Aeronautical Telecommunications (Telekomunikasi Penerbangan)
  • Annex 11 – Air Traffic Services (Layanan Lalu Lintas Udara)
  • Annex 12 – Search and Rescue (Pencarian dan Penyelamatan)
  • Annex 13 – Aircraft Accident and Incident Investigation (Investigasi Insiden dan Kecelakaan Pesawat Udara)
  • Annex 14 – Aerodromes (Aerodrom, Bandar Udara)
  • Annex 15 – Aeronautical Information Services (Layanan Informasi Penerbangan)
  • Annex 16 – Environmental Protection (Perlindungan Lingkungan)
  • Annex 17 – Security (Keamanan)
  • Annex 18 – The Safe Transportation of Dangerous Goods by Air (Pengangkutan Barang Berbahaya yang Aman melalui Udara)
  • Annex 19 – Safety Management (Manajemen Keselamatan)

Seluruh aspek yang berkaitan dengan penerbangan telah tercover oleh annex ICAO. Selanjutnya, lampiran di atas menjadi landasan untuk membuat regulasi dan aturan penerbangan di masing-masing negara.

ICAO annex

Tahukah kamu? Markas besar ICAO terletak di Montreal, Quebec, Canada.

Misalnya di Indonesia, kita tahu ada yang namanya CASR (Civil Aviation Safety Regulation) poin-poin dasarnya berasal dari annex ICAO hanya saja memang dikembangkan kembali dan dilakukan penyesuaian dengan undang-undang setiap pada setiap negara.

Cukup menarik, ICAO tidak membatasi perkembangan regulasi penerbangan di setiap negara. Negara bisa dengan mudah memperketat aturan atau melakukan penyesuaian lainnya selagi kebijakan tersebut tujuannya masih baik.

Belajar Lebih Lengkap Seputar ICAO di Sekolah Penerbangan

Ingin mempelajari lebih lengkap seputar organisasi sipil penerbangan internasional?

Yuk lanjutkan studimu di sekolah penerbangan STTKD, ada berbagai materi kuliah penting yang di dalamnya berkaitan dengan aspek keselamatan, keamanan, dan teknis penerbangan.

Ada jurusan pramugari, ground handling, manajemen transportasi udara, teknik dirgantara, dan lain sebagainya. Untuk informasi pendaftaran dan biaya kuliah bisa langsung bertanya langsung ke admin.

Kami dengan senang hati akan membantu kalian untuk melakukan proses registrasi sampai selesai. Kalau mau nanti kami bisa juga mengirimkan daftar alumni yang sudah sukses, siapa tahu bisa menjadi inspirasi dan memotivasi kalian agar lebih semangat untuk mengejar mimpi.