cabin crew terbaik

Maskapai Pesawat dengan Cabin Crew Terbaik di Dunia

Cabin crew atau kita biasa menyebutnya sebagai pramugari mempunyai peran penting untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang selama penerbangan berlangsung.

Namun tahukah kalian bahwa dalam dunia penerbangan internasional, ada penghargaan yang diberikan kepada maskapai yang mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang?

Penghargaan ini disebut sebagai World’s Best Airline Cabin Crew diadakan setiap tahun untuk memberikan apresiasi kepada maskapai yang telah bekerja keras memberikan kualitas pelayanan yang luar biasa kepada seluruh penumpang, khususnya penerbangan internasional.

Penilaian maskapai dengan cabin crew terbaik ini dilakukan oleh lembaga independen bernama Skytrax yang berbasis di London, Inggris. Kira-kira apa saja maskapai dengan awak kabin terbaik di dunia?

10 Maskapai dengan Cabin Crew Terbaik, Posisi Pertama Membanggakan!

Menurut data dari Skytrax, berikut ini beberapa negara yang mencatatkan prestasi terbaiknya sebagai pramugari atau cabin crew dengan pelayanan yang luar biasa.

  1. Garuda Indonesia (Indonesia)
  2. Singapore Airlines (Singapura)
  3. ANA All Nippon Airways (Jepang)
  4. EVA Air (Taiwan)
  5. Hainan Airlines (China)
  6. Qatar Airways (Qatar)
  7. Cathay Pacific Airways (Hong Kong)
  8. Thai Airways (Thailand)
  9. Emirates (Uni Emirat Arab)
  10. Japan Airlines (Jepang)

Ada salah satu hal yang cukup membanggakan di sini. Maskapai Garuda Indonesia kembali menorehkan prestasi sebagai awak kabin terbaik tahun 2023. Ini bukan pertama kalinya Garuda mendapatkan penghargaan tersebut.

Beberapa tahun sebelumnya maskapai ini pernah mendapatkan prestasi yang sama di tahun 2014-2018. Ini membuktikan bahwa dunia industri penerbangan di Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lainnya.

Namun, ada satu hal lagi yang menarik untuk dibahas di sini yaitu indikator penilaianya. Apa saja yang membuat Garuda Indonesia bisa menjadi maskapai dengan pramugari terbaik di dunia? Berikut ini pembahasan lebih lengkapnya.

Mencoba Memahami Indikator Penilaian Cabin Crew Terbaik

Menurut Skytrax, indikator penilaian maskapai dengan awak kabin terbaik dinilai dari dua aspek utama yaitu hard service meliputi: teknik, efisiensi, perhatian, dan sebagainya. Lalu, ada juga soft service karakteristik yang mencakup antusiasme staff, sikap, keramahan, dan lainnya.

kabin pesawat garuda indonesia

Mari kita coba mendalami masing-masing dari poin tersebut untuk menambah pengetahuan seputar pelayanan penumpang di dalam pesawat.

Hard Service

Secara spesifik hard service ini menurut Skytrax terdiri dari beberapa poin yaitu teknik, efisiensi, dan atensi. Berikut ini penjelasan singkat mengenai setiap bagian tersebut:

Teknik

Techniques (Teknik) kemungkinan adalah aspek penilaian cabin crew yang berfokus pada kemampuan atau skill awak kabin dalam memberikan layanan kepada penumpang. Misalnya bagaimana mereka menyajikan makanan, membantu penumpang menggunakan fasilitas di pesawat, dan sebagainya.

Efisiensi

Efficiency (efisiensi) merupakan kemampuan awak kabin untuk melakukan tugasnya dengan efisien dan tepat mampu meminimalisir kendala dan masalah yang menyebabkan pemborosan waktu atau tenaga. Seorang awak kabin diharuskan untuk bertindak efisien dan sigap mengamati area di sekelilingnya.

Baca juga: Tugas dan Tanggung Jawab Pramugari Pesawat

Perhatian

Attention (perhatian) bisa dikaitkan dengan sikap kesiagaan dan kemampuan pramugari dalam mengamati lingkungan di sekitar area kabin. Kru kabin yang hebat dapat mengetahui kendala yang dialami penumpang, misalnya mereka sakit maka cabin crew ini harus siap memberikan pertolongan sesuai P3K. Keahlian semacam ini bukanlah sesuatu yang mudah, butuh adanya training dan juga pemahaman yang baik mengenai urgensi keselamatan penumpang.

Soft Service

Setelah memahami beberapa bagian hard service, mari kita beralih ke soft service yang lebih berfokus pada keterampilan dan kemampuan pramugari dalam memberikan pelayanan meliputi antusiasme, keramahan, dan sikap.

Antusiasme

Enthusiasm (Antusiasme) adalah sifat pramugari yang mampu membahagiakan penumpang. Ya, dengan memutuskan menjadi kru pesawat berarti kalian siap untuk tampil optimal memberikan pelayanan terbaik, membantu penumpang, mengedukasi tentang aturan, dan sebagainya.

Attitude

Attitude (Sikap) seorang kru kabin haruslah mampu menjaga sikap mereka di depan penumpang. Mereka mampu bekerja secara profesional mengedepankan sopan dan santun. Lebih dari itu, kesabaran dan kemampuan untuk tetap tenang di kondisi genting juga menjadi poin yang penting.

Keramahan

Friendliness (Keramahan) merupakan penilaian soft service lainnya yang berkaitan dengan sikap dan kepribadian cabin crew. Tidak hanya cekatan saja, melainkan mereka juga diwajibkan untuk mengasah skill keramahan dan kesopanan di hadapan para penumpang agar bisa memberikan layanan yang terbaik kepada mereka.

Itu dia informasi mengenai maskapai pramugari terbaik beserta dengan beberapa indikator penilaiannya. Perlu kalian pahami apresiasi terhadap maskapai dengan kru kabin yang berkualitas bisa memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kepercayaan masyarakat dan kepuasan mereka dalam menggunakan layanan penerbangan.

Jika suatu saat nanti kalian ingin menjadi pramugari, pastikan untuk menaati SOP dan berlatih dengan sungguh-sungguh ya.

Sebagai permulaan, kalian bisa mengawalinya dengan mendaftar dulu ke jurusan pramugari untuk membiasakan diri dan meningkatkan peluang untuk diterima di maskapai pesawat.

Prodi ini sudah terakreditasi B di STTKD, lho. Untuk informasi pendaftaran bisa menunggu gelombang registrasi sekolah penerbangan di tahun depan. Sukses selalu, tetap semangat untuk meraih mimpi!