teknik navigasi udara

Teknik Navigasi Udara: Ilmu Penting Tapi Kurang Populer

Kita sudah terlalu antusias dengan sesuatu yang menyangkut pilot, namun kira-kira apa yang sudah kalian ketahui berkaitan dengan teknik navigasi udara?

Teknik navigasi udara adalah ilmu yang di dalamnya mempelajari mengenai cara mengoperasikan, memperbaiki, dan memelihara suatu alat telekomunikasi dan perangkat tertentu yang berkaitan dengan operasional penerbangan.

Sejumlah perangkat yang nantinya akan kalian pelajari beberapa di antaranya yaitu: radar, Doppler VHF Omni-directional Range (DVOR), Non Directional Beacon, Instrument Landing System, dan masih banyak lagi.

Ya, ilmu ini mengoperasikan alat teknologi canggih dan konvensional yang berfungsi sebagai penunjang navigasi udara agar operasional penerbangan berlangsung dengan lancar dan aman.

Tidak banyak yang tahu mengenai bidang ilmu yang satu ini, peminatnya juga masih tergolong sedikit. Namun, bukan berarti ilmu ini tidak berguna bahkan justru sebaliknya.

Tanpa adanya sistem navigasi yang baik dari secara teknis maupun operator komunikasinya, penerbangan menjadi sangat berbahaya.

Seberapa Penting Teknik Navigasi Udara?

Secara sederhana, sistem navigasi udara itu sangat penting. Pertanyaannya tapi kenapa bisa demikian? Dengan adanya navigasi udara, pilot (penerbang) bisa mengetahui apakah ada objek atau pesawat lain di sekitarnya misalnya dengan fitur radar.

Namun tentu saja perangkat navigasi udara itu kompleks, radar hanya salah satunya saja.

Kami akan gunakan contoh nyata pentingnya navigasi udara. Dikutip dari berbagai sumber berita, di tahun 2012 silam hampir saja terjadi tabrakan antara dua pesawat dari maskapai lion air.

Penyebabnya karena terbakarnya pasokan listrik dari uninterruptible power supply ke tower ATC. Ini menyebabkan sistem radar pemandu lalu lintas tidak berfungsi.

Dijelaskan bahwa sistem radar di tower ATC mati selama 15 menit, dalam rentang waktu tersebut akan ada dua pesawat yang melakukan pendaratan ke bandara. Beruntung insiden tabrakan tersebut tidak terjadi, semestinya ini sudah bisa membuat kalian paham betapa pentingnya sistem teknik navigasi udara seperti radar dalam penerbangan.

Tidak bisa dibayangkan pasti akan sangat kacau jika penerbangan yang dilakukan di seluruh dunia mengabaikan pentingnya sistem navigasi. Akan ada banyak korban jiwa yang berjatuhan karena mengabaikan bagian yang terkesan sepele ini.

Jurusan Navigasi Penerbangan dan Prodi yang Berkaitan

Apakah ilmu navigasi cukup membuat kalian tertarik? Sebenarnya ada jurusan teknik navigasi udara atau prodi penerbangan yang di dalamnya menyematkan teknik navigasi sebagai mata kuliahnya.

Di Indonesia sekolah tinggi dan politeknik sudah banyak yang membuka program studi ini, semestinya kalian tidak akan kesulitan menemukannya.

Prodi apa yang di dalamnya ada pelajaran navigasi udara? Kami ambil contoh MTU alias Prodi Manajemen Transportasi Udara, di jurusan ini ada matkul “Navigation Aid” yang berarti materi yang di dalamnya mempelajari alat dan sistem bantu navigasi dalam penerbangan.

Jurusan seperti Teknik Dirgantara, Teknik Elektro juga ada pelajaran mengenai navigasi, hanya saja lebih ke arah teknisnya seperti pengecekan alat navigasi, perbaikan, dan sebagainya.

Pada intinya ilmu teknik navigasi udara bukanlah sesuatu yang bisa dianggap sepele. Keahlian ini penting dan mempunyai peran besar dalam operasional penerbangan.

Selanjutnya, kita akan bicara soal prospek kira-kira kalau mempelajari seputar ilmu yang satu ini bisa jadi apa ya di masa depan?

Prospek Lulusan Teknik Navigasi Udara dan Info Gajinya

Bicara soal prospek dan potensi karir, menguasai ilmu navigasi udara bisa membuatmu menjadi tenaga profesional di bidangnya. Keahlian tersebut banyak dibutuhkan baik di dalam maupun luar negeri, lho.

prodi teknik navigasi udara

Beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan teknik navigasi udara antara lain sebagai berikut:

  • ATC Air Traffic Controller, pemandu pesawat berkomunkasi dengan pilot dan ground handling untuk memastikan keselamatan operasional penerbangan
  • ATC Staff Support, staff penerbangan yang juga membantu keperluan komunikasi dan telekomunikasi di tower ATC
  • Teknik Pesawat, tenaga profesional di bidang maintenance dan repair fitur-fitur navigasi di dalam pesawat, memastikannya berfungsi dengan baik

Lalu, bicara soal gaji sebenarnya cukup sensitif, mengingat gaji itu pasti ditentukan dari profesionalisme dan skill yang kalian miliki. Namun, menurut berbagai sumber gaji ATC pusatnya navigasi bandara berkisar antara Rp 15 juta per bulan.

Ingat gaji yang tinggi menyimpan risiko yang besar, pastikan untuk memantapkan pilihan sebelum menentukan jalur karir di bidang ini ya.

Itu dia penjelasan mengenai teknik navigasi udara, semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca. Satu lagi, di STTKD juga ada lho jurusan Teknik Dirgantara dan Manajemen Transportasi Udara.

Tentukan apakah kalian ingin menjadi ahli navigasi di bidang pengoperasiannya atau teknisnya. Informasi pendaftaran lebih lengkap bisa mengunjungi halaman pendaftaran STTKD atau daftar mandiri lewat situs ptb.sttkd.ac.id, kami tunggu ya.