Pendidikan Manajemen Transportasi Udara

Mata Kuliah Pendidikan Manajemen Transportasi Udara

Setiap jurusan yang ada di sekolah penerbangan punya keunikan dan konsentrasi belajar yang berbeda-beda. Lebih mudah untuk menggolongkannya sebagai prodi teknik dan non-teknik. Salah satu program studi bukan teknik di bidang penerbangan yang peminatnya cukup banyak adalah pendidikan manajemen transportasi udara (MTU).

Transportasi udara mengacu pada pesawat, kita mengenalnya sebagai transport komersial paling kompleks di antara moda transportasi lainnya. Baik dari segi operasional maupun manajemen.

Meskipun tidak berurusan dengan kabel, mesin, dan listrik. Rupanya jurusan manajemen transportasi udara ini mempunyai banyak materi-materi penting yang sangat membantu proses operasional bandara.

Kami akan membahas lima di antaranya, supaya kalian yang ingin memilih prodi ini bisa sedikit lebih tahu gambaran umum mengenai apa saja yang nantinya akan dipelajari jika berhasil lolos masuk ke prodi manajemen transportasi udara.

5 Mata Kuliah Menarik dari Manajemen Transportasi Udara

Ada puluhan materi yang akan kalian pelajari, tetapi kami hanya bisa menjelaskan beberapa di antaranya. Namun jangan khawatir, kalian selalu bisa mengeksplor tiap materi yang ada melalui berbagai sumber. Berikut beberapa mata kuliah atau materi yang cukup menarik dari prodi MTU.

pendidikan Manajemen Transportasi Udara

1. Air Law and Regulation/Aviation Law

Aviation law adalah aturan atau regulasi yang terdapat dalam penerbangan. Mata kuliah ini bersifat pemahaman teori terhadap segala macam aturan yang berlaku dalam dunia penerbangan.

Apa yang membuat mata kuliah ini menarik? Karena dengan mempelajari materi ini kalian akan paham, ternyata lepas landasnya pesawat tidak bisa dilakukan sesuka hati oleh sang pilot.

Ya, meskipun pilot ini yang memegang kendali pesawat namun ia harus patuh terhadap arahan ATC (Air Traffic Controller), ini sudah menjadi regulasi dasar. Apa jadinya jika pilot lepas landas tanpa izin ATC? Pilot bisa dikenakan sanksi sesuai dengan ketetapan yang berlaku di negara tersebut.

Kalian pasti mengira awalnya air and regulation adalah mata kuliah yang membosankan bukan?

Sepertinya itu anggapan yang kurang tepat. Operasional penerbangan mengakar pada regulasi, tanpa memahami hal ini maka akan sulit untuk mendapatkan posisi sebagai manajemen penerbangan baik di bagian ATC maupun bagian lainnya.

2. Navigation System /Navigation Aid

Ada beberapa interpretasi yang menjelaskan mengenai hal ini, secara sederhana kita bisa memahami navigation aid dalam penerbangan adalah materi kuliah yang di dalamnya berisi mengenai cara memberikan bantuan navigasi kepada penerbang/pilot.

Ya, dibalik kesuksesan penerbangan ada banyak tim staff yang bekerja menyampaikan informasi navigasi secara terstruktur dan rapi untuk memudahkan pilot.

Fakta menariknya pilot tidak pernah lepas komunikasi dengan ATC selama penerbangan berlangsung. Jika karena alasan tertentu terjadi lost contact antara pilot dan ATC, maka ini sudah terhitung situasi urgent.

Pihak ATC akan terus menghubungi pilot dengan berbagai metode termasuk menggunakan frekuensi darurat internasional 121,5. Ya, staff bandara di bagian manajemen juga perlu menguasai navigation system agar bisa membantu pilot jika terjadi kendala.

Baca juga: Kelebihan Kuliah D4 Manajemen Transportasi Udara, Yakin Gak Pengen Daftar?

3. Pengaturan Lalu Lintas Udara

Sepertinya kita sudah terlalu banyak menyinggung profesi ATC di bagian awal. Setiap kampus penerbangan punya konsentrasi prodi yang berbeda, jadi mungkin kalian akan menemui materi pengaturan lalu lintas udara jika mengambil konsentrasi  airport operation and management.

Jika memilih fokus bidang yang lain, ada kemungkinan tidak menemuinya. Pengaturan lalu lintas udara adalah salah satu materi kuliah terpenting bagi kalian yang berminat menjadi ATC dan tukang parkir pesawat.

Di dalam program studi ini kalian akan mempelajari mengenai bagaimana aturan lalu lintas penerbangan yang baik sesuai dengan regulasi internasional.

4. Airline Marketing

Airline marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh maskapai penerbangan. Poin yang cukup menarik dari materi ini adalah tantangannya, sebagai staff marketing maskapai pesawat kalian akan diminta untuk berpikir kreatif untuk membuat rencana promosi yang bagus supaya lebih banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan layanan penerbangan dari maskapai tersebut.

Bagian marketing ini biasanya paling banyak peluang kerjanya, tidak ada salahnya untuk mulai mempelajarinya. Materi ini termasuk ke dalam bagian konsentrasi airline operation and marketing.

5. Creative Tourism and Hospitality

Mata kuliah kelima yang menarik dari manajemen transportasi udara adalah creative tourism dan hospitality. Kalian akan mempelajari bagaimana strategi memanajemen industri pariwisata yang kreatif terutama dari sisi penerbangan. Tidak lupa, ilmu seputar hospitality juga bisa kalian dapatkan di dalam materi kuliah yang satu ini.

Materi Kuliah Pendidikan Manajemen Transportasi Udara yang Lainnya

Beberapa materi kuliah jurusan manajemen transportasi udara yang tidak sempat kami jelaskan antara lain:

  • Riset operasi
  • Sistem pengelolaan pangkalan data
  • Fundamental of aerodynamic
  • Travel information manual
  • Flight communication system
  • Flight document
  • Flight operation management
  • Flight plan operation
  • Schedule planning
  • Airline budgeting
  • Cargo knowledge
  • Cargo supply chain and transport
  • Export and Import

Bagaimana apakah jurusan ini cukup membuat kalian tertarik? Semoga penjelasannya bisa bermanfaat ya. Jika memang ingin mendaftar di prodi ini, bisa langsung menghubungi admin sekolah penerbangan.Kampus penerbangan ini masih membuka pendaftaran, lho. Yuk, kepoin informasi terbaru seputar biaya hingga persyaratannya.