makanan di pesawat

Proses Menarik Cara Kerja Penyiapan Makanan di Pesawat

Ada begitu banyak hal yang menarik untuk dibahas berkaitan dengan penerbangan. Salah satunya adalah penyajian makanan di pesawat atau istilahnya sistem katering penerbangan.

Saat pesawat terbang di udara dalam waktu yang lama, pastinya penumpang akan merasa kelaparan. Berbeda dengan transportasi lainnya, di pesawat kebutuhan konsumsi penumpang bisa jadi merupakan tanggung jawab dari maskapai untuk menyediakannya sesuai dengan kebutuhan penumpang.

Adapun untuk menjawab pertanyaan apakah pramugari ikut memasak atau tidak sebenarnya tergantung kondisi. Secara umum makanan sudah disediakan oleh tim katering, jadi memang sudah ada pihak ketiga khusus yang bekerja sama dengan maskapai untuk menyediakan berbagai macam menu makanan.

Makanan tersebut dibekukan, lalu dihidangkan dalam keadaan hangat melalui proses penghangatan sederhana.

Selain itu, jobdesk tersebut biasanya menjadi tanggung jawab awak kabin senior, jadi jika kalian masih menjadi pramugari junior tidak akan disuruh masak langsung melainkan hanya mengantarkan dan menyajikannya ke penumpang sesuai nomor kursinya.

Mengenal Flight Catering Facility

Pesawat tetap mempunyai dapur tapi bukan dijadikan sebagai tempat memasak utama. Lantas dimana makanan dalam jumlah besar dibuat?

Bayangkan pesawat komersial itu kapasitas penumpangnya banyak sebutlah Boeing 777 dalam sekali terbang bisa memuat lebih dari 300 penumpang itu baru satu pesawat dalam bandara ada banyak pesawat yang beroperasi.

produksi makanan di pesawat

Tidak masuk akal jika makanan sebanyak itu dimasak manual dari nol. Oleh karena itu, mari berkenalan dengan flight catering facility alias fasilitas catering penerbangan. Di sinilah ratusan makanan bahkan lebih disiapkan dengan profesional oleh chef yang profesional.

Tidak banyak yang tahu soal ini, tapi tidak ada salahnya untuk mempelajarinya sekilas. Siapa tahu beberapa dari kalian kelak bisa bekerja menjadi salah satu staff catering penerbangan.

Sebenarnya makanan di pesawat itu disiapkan oleh perusahaan aviation food service, ada bagiannya sendiri. Di Indonesia salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini adalah PT Aerofood Indonesia.

Ini masih satu group dengan Garuda Indonesia, salah satu maskapai terbesar dan populer. Jangan salah, perusahaan catering penerbangan seperti ini mempunyai jumlah tenaga kerja yang banyak bisa mencapai 6.000 lebih pegawai untuk menunjang operasional sehari-hari.

Seperti Apa Proses Penyiapan Makanan di Pesawat?

Sebenarnya proses katering penerbangan ini cukup sederhana, kami akan berusaha menjelaskan garis besarnya agar kalian bisa memahami alur bagaimana makanan di pesawat bisa begitu lengkap dan tersaji dengan cepat.

  1. Pertama, dapur penerbangan atau perusahaan pihak ketiga yang mengurusi katering akan menerima pesanan makanan yang akan disajikan untuk penerbangan mendatang. Pesanan makanan biasanya disesuaikan dengan kelas penerbangan,  seperti economy, business, dan exclusive. Semakin tinggi kelasnya maka request menu bisa lebih lengkap.
  2. Kemudian, staff di dapur akan berkoordinasi untuk mengecek ketersediaan bahan makanan memastikan stoknya tersedia
  3. Lalu, senior staff dan pegawai dapur lainnya memasak jumlah menu dalam skala besar. Makanan yang sudah jadi akan dikemas rapi menggunakan plastik mencegah kontaminasi zat berbahaya. Selanjutnya melalui proses pendinginan khusus sebelum dikirimkan ke pesawat
  4. Makanan yang sudah siap akan dimasukkan ke dalam troli lalu dimuat pada peti kemas khusus yang bagian belakangnya sejajar dengan pintu pesawat.
  1. Pada proses ini troli makanan yang sudah kosong dikeluarkan dari pesawat, kemudian tim food service menggantinya dengan troli penuh dengan makanan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Seperti itu lebih kurang alur sederhana bagaimana menu makanan yang bervariasi bisa tersedia begitu cepat di pesawat. Siapa sangka ternyata operasional pesawat sangat kompleks, sampai makanannya saja harus disiapkan oleh pihak ketiga dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: Apa Itu Garbarata Pesawat? Simak Pengertian Hingga Fungsinya

Standar Keselamatan Penyajian Makanan di Pesawat

Menyiapkan katering makanan bukanlah sesuatu yang mudah, tetap ada yang namanya risiko. Terlebih lagi tenaga kerja di bidang ini dituntut untuk menyelesaikan setiap pekerjaan dengan tepat dan sigap tidak bisa santai-santai harus teliti juga.

Beberapa standar yang diterapkan untuk memastikan operasional fasilitas katering berjalan dengan baik antara lain sebagai berikut:

  • Pertama, operator truk katering harus memastikan truk diposisikan dengan tepat. Terutama pada saat menaikkan container berisi makanan ke arah pintu pesawat. Pastikan semuanya stabil dan tidak terguncang.
  • Kedua, operator katering berkoordinasi dengan pilot memastikan kondisi pesawat dalam keadaan tidak bergerak. Jika hal ini sampai terjadi, maka ada risiko terjadi tabrakan antara truk katering dan bagian sayap pesawat
  • Jika kondisi cuaca tidak memungkinkan seperti hujan, angin kencang dan sebagainya distribusi troli makanan ke pesawat harus dihentikan.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai katering penerbangan, semoga penjelasan ini bisa menambah pengetahuanmu. Sebenarnya masih banyak hal yang belum kami jelaskan, jika kalian ingin mengetahui lebih lengkap mengenai hal ini maka bisa juga mencari referensi bacaan lengkap seperti buku atau mungkin mencari video operasionalnya di Youtube. Sekian, sampai jumpa di pembahasan berikutnya.