pesawat berwarna putih

5 Alasan Logis Kenapa Kebanyakan Pesawat Berwarna Putih

Pernahkah kalian menyadari bahwa sebagian besar pesawat berwarna putih? Sekarang kalau tidak percaya cari saja gambar pesawat di internet, 98% hasil yang muncul adalah gambar pesawat warna putih dengan sedikit corak variasi menyesuaikan dengan branding maskapai.

Pertanyaan terbesarnya kenapa harus warna putih? Padahal ada begitu banyak variasi warna yang bisa dipilih, tetap saja mayoritas pesawat menggunakan warna ini. Untuk menjawab rasa penasaran kalian, silahkan simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah.

5 Alasan Kenapa Mayoritas Pesawat Berwarna Putih Dominan

Ada beberapa sebab mengapa hal ini bisa terjadi, berikut ini beberapa poin penting yang membuat pabrikan pesawat memilih warna putih sebagai pilihan warna dominan.

1. Menghemat Biaya

Dalam dunia manufaktur pesawat, efisiensi adalah kunci yang penting. Produksi pesawat membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terlebih lagi untuk tipe pesawat komersial dengan ukuran yang begitu besar. Sebagai perkiraan model pesawat komersial berbadan lebar membutuhkan 80 – 120 gallons cat khusus yang bisa menghabiskan budget hingga $300,000USD atau setara Rp4.760.250.000.

Pesawat berwarna putih lebih awet tidak gampang pudar, berbeda dengan warna lainnya yang cepat pudar harus dicat ulang secara berkala.

Singkat cerita, dengan menggunakan warna putih sebagai pilihan dominan lebih banyak budget yang dapat dihemat untuk keperluan yang lebih penting seperti spesifikasi mesin dan fitur-fitur penunjang.

2. Menjaga Suhu Pesawat Tetap Dingin

Warna putih bisa memantulkan cahaya matahari, dengan begitu mampu menjaga suhu pesawat tetap dingin. Ini terbukti secara ilmiah warna selain putih cenderung akan menyerap cahaya yang nantinya dapat membuat pesawat lebih cepat panas.

Kita tahu panas adalah musuh dari perangkat teknologi, transportasi seperti pesawat dipenuhi dengan mekanisme ini. Sebisa mungkin energi panas harus diminimalisir agar tidak menimbulkan masalah yang lebih buruk.

3. Mempermudah Keperluan Maintenance

Alasan lainnya mengapa pesawat berwarna putih karena bisa mempermudah proses maintenance atau pengecekan teknis. Mengapa demikian? Pertanyaan bagus, sebagian besar cairan yang ada di mesin pesawat itu berwarna hitam, misalnya seperti oli, minyak hidrolik.

Permukaan pesawat yang berwarna putih mempermudah para mekanik pesawat saat melakukan perbaikan dan mengidentifikasi bagian yang bermasalah dengan segera.

4. Kustomisasi untuk Branding

Pabrik pesawat seperti Boeing dan Airbus memproduksi banyak pesawat untuk maskapai di seluruh dunia. Bayangkan betapa rumitnya untuk melakukan penyesuaian branding jika sebagian besar pesawat yang diproduksi menggunakan warna yang terlalu spesifik seperti merah atau kuning.

Di sisi lain tidak semua maskapai pesawat di dunia menggunakan warna branding seperti itu. Warna putih adalah pilihan yang logis dan masuk akal, natural dan mudah untuk di rebranding sesuai dengan kebutuhan maskapai.

Garuda Indonesia bisa menggunakan identitas warna brandingnya yaitu biru dan putih, Citilink, AirAsia, dan Lion Air konsisten dengan warna merahnya. Kebutuhan pengecatan tambahan untuk branding menjadi lebih efektif dengan warna putih polos dari pabrikan.

Baca juga: Desain Pesawat dan Proses, Pembuatannya Sampai 4 Tahun?

5. Visibilitas Mempermudah Identifikasi

Terakhir, alasan mengapa kebanyakan pesawat berwarna putih dominan karena mencolok dan mudah dilihat oleh burung. Risiko kecelakaan seperti itu bisa diminimalisir dengan lebih baik.

Selain itu, jika terjadi kecelakaan atau pendaratan darurat di lokasi yang tidak semestinya seperti lapangan, atau area perairan warna putih ini lebih mudah untuk dikenali dibandingkan warna-warna lainnya.

Siapa sangka hal yang terkesan sepele seperti pemilihan warna punya dampak yang begitu besar dari berbagai aspek penerbangan. Sekarang setidaknya rasa penasaran kalian sudah terjawab.

Mengapa Pengecatan Pesawat Bisa Memakan Biaya yang Mahal?

Satu pertanyaan terjawab, muncul pertanyaan lain. Inilah mengapa mencari ilmu itu dan memperbanyak wawasan itu tidak ada batasnya. Tadi kita sudah sempat menyinggung biaya pengecatan pesawat komersial yang diperkirakan bisa mencapai 4 miliar.

Kok bisa semahal itu? Alasannya karena pertama, mengecat pesawat itu tidak mudah membutuhkan teknik khusus. Tentu saja, maskapai perlu membayar biaya jasa cat dari  tim yang profesional untuk melakukan pekerjaan ini. Kemudian, adalah harga dari cat itu sendiri yang sama sekali tidak murah.

Cat yang digunakan untuk melapisi bodi pesawat itu jenis cat khusus harganya lebih kurang $187.43 untuk 1 gallon-nya. Material cat ada dua jenis yang cukup populer yaitu epoxy dan enamel.

Material epoxy mempunyai ketahanan yang baik tidak mudah teroksidasi, luntur, maupun rusak. Keduanya padukan dengan komposisi yang pas untuk meningkatkan hasil pengecatan.

Sebagai perkiraan pesawat Boeing 747 butuh 160 gallon untuk pengecatan ulang, tinggal dikalikan sudah terlihat besaran biayanya.

Itu dia penjelasan mengenai alasan mengapa pesawat rata-rata dicat warna putih dan sedikit menyinggung soal biaya pengecatan ulang pesawat yang harganya cukup fantastis..

Jika kalian tertarik dengan pembahasan lainnya seputar penerbangan cek informasi lainnya di STTKD, dan jangan lupa nantikan informasi pendaftaran taruna baru di gelombang berikutnya.