pasasi bandara

Pasasi Bandara: Pengertian dan Tanggung Jawab, dan Tugasnya

Pernahkah kalian mendengar istilah pasasi bandara? Profesi yang berkaitan dengan dunia penerbangan memang cukup banyak. Seringkali kita mendengar istilah-istilah asing dan baru, yang cukup unik baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa inggris.

Jadi sebenarnya apa itu pasasi bandara? Seperti apa pekerjaan dan tugas-tugasnya? Berikut ini rangkuman sederhana yang sudah kami siapkan untukmu.

Pengertian Pasasi Bandara

Pasasi bandara adalah pekerjaan yang berkaitan dengan melayani pembelian tiket, mencetak boarding pass, mengatur keperluan para penumpang selama berada di darat sebelum naik ke pesawat. Istilah lain dari staff pasasi bandara adalah ground staff atau ground handling.

Seorang karyawan pasasi bandara bisa dari perempuan atau laki-laki. Mereka diharuskan untuk bekerja dengan sigap dan cekatan, mampu memperhatikan kondisi di sekitar dan siap untuk membantu para penumpang ketika menemui kendala.

Meskipun tidak pernah ikut ke dalam pesawat, profesi pasasi bandara ini sangatlah penting lho. Tanpa adanya tim pasasi yang profesional, maka persiapan penerbangan akan terhambat dan mengalami banyak masalah.

Apakah Karyawan Ini Bagian dari Perusahaan?

Ya, betul tim pasasi bandara biasanya direkrut oleh perusahaan yang bergerak di bidang pendukung operasional bandara.

materi kampus ground handling

Contohnya seperti PT Gapura Angkasa yang merupakan perusahaan yang didirikan oleh tiga perusahaan besar yaitu PT Garuda Indonesia, PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II. Singkat cerita, perusahan ini 100% sahamnya dimiliki oleh pemerintah namun statusnya bukan BUMN.

Jadi bisa disimpulkan profesi pasasi bandara ini bukan bagian dari maskapai pesawat manapun. Mereka membantu penumpang secara umum di area bandara sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Tugas, Tanggung Jawab, dan Bagian dari Pasasi Bandara

Oke, setelah memahami definisi dari pasasi bandara selanjutnya kami ingin membahas mengenai pekerjaan apa saja yang termasuk ke dalam bagian ini.

Karena, kalau dikategorikan secara umum pekerjaan yang berkaitan dengan “Pendukung operasional bandara” itu ada banyak. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Ticketing dan Reservation, merupakan departemen utama yang bertugas untuk mengurusi berbagai keperluan terkait tiket konsumen. Termasuk pengecekan tiket, input data, dan lain sebagainya
  • Check in Counter, adalah petugas yang mempunyai kewajiban untuk mencetak boarding pass dan memberikan label bagasi pada penumpang sesuai dengan prosedurnya. Mereka juga perlu membantu penumpang yang kesulitan saat melakukan check in dan terkendala karena masalah tertentu.
  • Services, departemen khusus yang bertanggung jawab untuk memberikan layanan ekstra untuk penumpang berkebutuhan khusus. Penumpang yang termasuk dalam bagian ini antara lain seperti anak-anak, penumpang dengan kursi roda, penderita tunarungu, tunawicara, tunanetra, dan sebagainya
  • Staff transfer, bagian pasasi bandara yang memegang tanggung jawab untuk menangani penumpang dan barangnya yang akan melakukan transit atau perjalanan lanjutan
  • Lost and found, bagian khusus yang mengurusi hal yang berkaitan dengan kehilangan barang dan barang bawaan penumpang. Bertanggung jawab untuk mengamankan barang, mengumumkannya, dan menyerahkannya kepada pemilik barang
  • Customer relation officer, terakhir ada bagian relasi khusus yang tugasnya mengatasi masalah yang berkaitan dengan penumpang dan penerbangannya. Selain itu, mereka juga diberikan tugas untuk menangani penumpang CIP, VIP, hingga VIIP seperti tamu penting negara, dan sebagainya

Meskipun tidak ikut terbang bukan berarti pekerjaan pasasi bandara itu bisa kita sepelekan. Karena kalau diamati sekali lagi, profesi pasasi bandar udara alias ground handling ini jelas membutuhkan skill dan keterampilan khusus.

Apakah kalian berminat untuk menjadi salah satu staff pasasi bandara agar bisa bekerja di PT Gapura Angkasa dan perusahaan lainnya?

Sekolah Pasasi Bandara Terakreditasi dengan Fasilitas yang Oke

Kalian beruntung, jika memang berminat untuk berkarir di bidang ini maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menempuh pendidikan khusus dan memperbanyak ilmu dan keterampilan.

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) masih membuka peluang pendaftaran. Di kampus ini tersedia jurusan D1 Ground Handling atau pasasi bandara, sudah terakreditasi B oleh BAN-PT.

Di sini fasilitasnya lengkap bisa menunjang skill dan keterampilan di dunia kerja. Tersedia Pesawat tipe Boeing 737-200, mesin X-ray, laboratorium penerbangan, laboratorium komputer untuk belajar ticketing dan reservasi.

Sudah cukup banyak alumni yang sukses, kalian bisa melihat jejak kesuksesan mereka. STTKD bekerja sama dengan PT Gapura Angkasa, diharapkan dengan adanya kerja sama ini nantinya semakin mudah bagi alumni STTKD untuk mendapatkan pekerjaan di masa mendatang.

Namun tentu saja itu kembali lagi ke niat dan keseriusan kalian. Persiapkan diri mulai dari sekarang jika ingin berkarir di dunia penerbangan. Yuk hubungi admin, nanti kami bantu untuk proses pendaftarannya mudah kok bisa online juga, lho.