diterima kerja sebelum wisuda

Tips Diterima Kerja Sebelum Wisuda, Strategi Masa Depan Luar Biasa

Memangnya bisa diterima kerja sebelum wisuda? Fenomena anak muda lulus kuliah tapi nganggur seakan menghantui siapa saja. Banyak yang tidak mau hal ini terjadi, namun tampaknya sedikit yang mau mengusahakan untuk mencegahnya.

Lulus kuliah terus menganggur itu bisa disebabkan karena banyak faktor mulai dari kurangnya keseriusan dalam berkuliah, terlalu banyak menghabiskan waktu untuk hal yang tidak penting, kurang relasi, dan sebagainya.

Pada kesempatan kali ini admin ingin sedikit berbagi strategi kecil bagaimana caranya agar bisa diterima kerja sebelum wisuda. Sebagai catatan tips ini tidak bisa menjamin 100% kalian bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Namun setidaknya ini menjadi ikhtiar yang masuk akal untuk dicoba. Langsung saja simak penjelasan berikut.

Tips Diterima Kerja Sebelum Wisuda untuk yang Baru Mau Kuliah

Pertama, kita posisikan diri sebagai lulusan SMA/SMK yang sedang bimbang mau kuliah di perguruan tinggi negeri atau swasta. Universitas biasa atau sekolah tinggi saja. Berdiam diri tidak akan menyelesaikan masalah, ayo bersemangatlah dan coba strategi berikut:

cara diterima kerja sebelum wisuda

1. Pertimbangkan Memilih Jurusan Sarjana Terapan

Apa itu jurusan ilmu terapan? Secara sederhana jurusan terapan adalah program studi yang sistem pembelajarannya disiapkan untuk mencetak lulusan-lulusan terampil dan dibutuhkan oleh industri dan dunia kerja.

Perbedaan yang mencolok antara sarjana terapan dan sarjana biasa adalah bobot keilmuannya. Di sarjana terapan persentase praktik lebih besar yaitu 70% dan teori 30%

Harapannya setelah lulus kalian bisa menguasai skill tertentu yang bisa menambah value saat mendaftar di perusahaan atau industri yang relevan. Salah satu contoh dari sarjana terapan adalah D4 Manajemen Transportasi Udara.

Oh iya satu lagi, D4 ini secara jenjang pendidikan setara dengan S1.  Lama waktu kuliahnya juga lebih kurang sama yaitu 4 tahun.

2. Hindari Pilih Jurusan Ikut-ikutan Teman

Setiap orang punya alasan berbeda untuk berkuliah, ada yang memang serius tidak sedikit pula yang main-main. Tujuan diterima kerja sebelum wisuda bukanlah sesuatu yang sepele, bahkan bisa dibilang persentasenya sendiri kecil tidak pasti, jika tekad kalian tidak kuat maka hal ini agaknya mustahil untuk dicapai.

Pengingat kembali untuk kalian yang masih pilih jurusan tengok kanan dan kiri tanya teman, sebaiknya hentikan mulai dari sekarang. Jalan kesuksesan setiap orang berbeda, ambil keputusan sesuai dengan apa yang kalian inginkan dan bertanggung jawablah atas keputusan tersebut.

3. Ikuti Organisasi dan Aktivitas Kampus Sewajarnya

Terakhir, sebaiknya jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu  (selesai kuliah langsung pulang). Pilih organisasi yang sekiranya sesuai dengan minatmu, perdalam relasi dan interaksi antar berbagai anggota untuk menjadi teman dekat.

Dari pengalaman yang sudah-sudah, peluang informasi kerja besar kemungkinan diperoleh dari relasi. Tentu, memilih relasi juga harus selektif tidak bisa asal-asalan.

Pastikan juga untuk tidak mengabaikan tugas demi aktivitas kampus, ingat tujuan awal kalian kuliah itu belajar. Sebisa mungkin seimbang, jangan terlalu banyak mengikuti organisasi yang pada akhirnya membuat tugas kuliahmu berantakan tak terselesaikan.

Baca juga: Pelepasan Wisudawan-Wisudawati STTKD

Tips Diterima Kerja Sebelum Wisuda untuk yang Sedang Berkuliah

Kedua, kita posisikan diri sebagai anak muda yang sedang berkuliah sudah semester awal atau akhir mendekati wisuda. Saran yang bisa kami berikan yaitu:

1. Cari Kerja Part Time Saat Liburan

Untuk mencapai tujuan yang besar, maka harus ada pengorbanan. Daripada menghabiskan waktu liburan dengan tidak jelas lebih baik cari info peluang part time atau kerja online secara remote. Ini bisa menambah pengalaman sekaligus mengenalkanmu kepada dunia kerja.

2. Ikuti Pelatihan untuk Mendapatkan Skill

Ketika ada event pelatihan atau workshop, maka usahakan untuk hadir. Kalian mungkin bisa mendapatkan keahlian baru yang mungkin akan bermanfaat di suatu hari nanti.

Selain itu, kalian juga bisa mengikuti pelatihan gratis dan berbayar yang diadakan secara online. Cari informasinya di grup-grup komunitas dan media sosial, temukan skill yang sekiranya cocok dengan passion perdalamlah sampai kalian ahli di bidangnya.

3. Maksimalkan Performa Saat Praktik Kerja Lapangan dan Magang

Untuk kalian yang berkuliah di Sekolah Tinggi, Institut, atau Politeknik biasanya ada peluang untuk mengikuti magang atau PKL di perusahaan. Nah, maksimalkan keahlian kalian di momen-momen seperti ini. Siapa tahu pihak perusahaan menilai hasil kerja yang bagus dan berminat merekrutmu, sehingga akhirnya bisa diterima kerja sebelum wisuda.

Itu dia tips yang bisa kami berikan untuk kalian yang ingin mendapat pekerjaan sebelum wisuda. Jika kalian berminat, sekolah penerbangan STTKD masih membuka peluang pendaftaran.

Sudah banyak alumni yang berhasil diterima kerja sebelum wisuda lho. Cari tahu lebih lengkap mengenai hal ini langsung bersama admin, semoga kalian bisa sukses dan mencapai apa yang diinginkan.