fod foreign object debris

Mengenal Istilah Foreign Object Debris (FOD) dalam Penerbangan

Dunia penerbangan seakan tidak pernah membuat kita berhenti terkesan. Ada begitu banyak detail penting yang menarik untuk dibahas, salah satunya adalah FOD alias Foreign Object Debris.

Apakah kalian pernah mendengar istilah ini? Besar kemungkinan, 80% dari pembaca belum tahu apa itu FOD serta kenapa pula harus repot-repot membicarakannya.

Tentunya kami tidak mau membicarakan sesuatu yang tidak penting, minimal pembahasan ini bisa menambah sedikit ilmu dan wawasan Anda mengenai dunia penerbangan.

Lantas sebenarnya apa itu FOD (Foreign Object Debris)?

Pengertian FOD (Foreign Object Debris)

FOD (Foreign Object Debris) adalah puing atau benda asing yang biasanya ditemukan di area bandara baik itu di runway, taxiway, apron, dan tempat operasional lainnya.

foreign object debris pesawat

Benda yang biasanya berukuran kecil ini bisa saja tergeletak di area bandara, dan tanpa disadari ternyata berbahaya bagi operasional pesawat. Berikut ini beberapa definisi FOD menurut beberapa sudut pandang.

Sesuai dengan Surat Edaran Penasihat FAA No. 150/5210-24 benda apa pun, benda apapun yang hidup atau tidak tergeletak di tempat yang tidak semestinya di sekitar lingkungan bandara yang dapat memungkinkan terjadinya kecelakaan bagi personel bandara dan merusak pesawat terbang.

Lebih kurang sama dengan FAA, organisasi sipil penerbangan internasional (ICAO) juga menyebut FOD sebagai benda mati di sekitar area pergerakan yang tidak memiliki fungsi operasional atau aeronautical dan berpotensi memberikan bahaya pada operasi pesawat.

Contoh Puing Benda Asing yang Berbahaya dalam Penerbangan

Sebagai pembaca apakah kalian sudah mempunyai gambaran mengenai FOD? Kami harap begitu. Jika belum, mungkin memang semestinya kita cantumkan gambar dan nama bendanya. Berikut penjelasannya:

  1. Sekrup atau Baut, benda ini dikategorikan sebagai FOD yang tergeletak di area ramp atau apron. Benda ini mungkin tertinggal atau jatuh tanpa sengaja ketika proses maintenance oleh teknisi pesawat atau dijatuhkan dari salah satu transportasi Ground Service Equipment.
  2. Pecahan barang bawaan penumpang, benda yang termasuk ke kategori ini bisa berupa pengait resleting tas, roda plastik, tas troli, dan sebagainya FOD seringkali terjatuh tanpa sengaja saat terjadi pembongkaran bagasi ke dalam pesawat.
  3. Kunci dan karet, benda lainnya yang termasuk ke dalam FOD adalah kunci dan pecahan karet. Meskipun sebenarnya cukup langka, namun hal semacam ini tetap saja memungkinkan.

Tentunya masih banyak contoh Foreign Object Debris (FOD), pada intinya benda ini berukuran kecil dianggap sepele oleh kita (sebagai penumpang umum) namun bagi para tim profesional termasuk staff ground handling, ramp handling mereka menyadari bahwa FOD ini sangat mengancam dan berbahaya bagi operasional pesawat.

Seberapa Besar Efek yang Ditimbulkan Foreign Object Debris?

Tidak bisa dianggap sepele, FOD bisa memicu bahaya yang cukup mengkhawatirkan. Berikut ini beberapa dampak jika puing benda asing dibiarkan tergeletak di area bandara, khususnya runway dan apron.

  1. Merusak roda mengakibatkan pesawat tergelincir berisiko menyebabkan kecelakaan di area bandara
  2. Kerusakan badan pesawat akibat benturan dengan benda
  3. Terhisap oleh mesin jet menyebabkan kerusakan mekanis pada kipas dan mesin jet serta bilah turbin
  4. Merusak pesawat lain, bangunan di sekitar bandara akibat hilangnya kendali karena kerusakan tak terduga

Tidak hanya sebatas berisiko merusak pesawat, namun FOD juga bisa memberikan dampak kerusakan pada peralatan penunjang operasional bandara seperti garbarata, aircraft towing tractor, lift loader, dan lain sebagainya.

Upaya Kontrol dan Solusi untuk Masalah FOD

Dalam dunia penerbangan tenaga profesional seperti ground handling dan ramp handling dibekali dengan kemampuan manajemen FOD dan pengendaliannya. Dalam dunia penerbangan, FOD memang tidak pernah disepelekan.

Bahkan organisasi sipil penerbangan internasional (ICAO) juga mempunyai rekomendasi untuk meminimalisir risiko dari Foreign Object Debris di area penerbangan.

Standar seperti apa yang dilakukan apabila ditemukan puing benda asing yang tergeletak di area operasional bandara?

Semestinya yang berhak menjelaskan ini adalah staff ground handling atau petugas ramp handling. Namun, setidaknya kami bisa bantu menjelaskan sedikit gambaran umumnya.

  • Apabila ditemukan FOD, contohlah sekrup atau baut maka kemungkinan besar bagian ini berasal dari fasilitas maintenance
  • Aktivitas maintenance dapat ditelusuri ke perusahaan atau instansi yang bersangkutan seperti perusahaan penerbangan dan ground handling
  • Dengan demikian hal tersebut dapat dicegah agar tidak terjadi hal yang sama kedepannya

Itu dia penjelasan mengenai FOD (Foreign Object Debris), semoga bisa menambah pengetahuan dan pemahamanmu seputar dunia penerbangan. Temukan informasi menarik lainnya di sttkd.ac.id!