Mengenal Ground Support Equipment dan Fungsi Terpentingnya

Untuk menunjang kegiatan operasional bandara, tentunya dibutuhkan adanya perlengkapan penunjang (Ground Support Equipment) yang memadai. Terutama untuk kegiatan yang dilakukan di darat sekitar area apron dan runaway, ada beberapa kendaraan dan alat khusus untuk menunjang kegiatan operasional tersebut.

Di sinilah kita akan mengenal istilah GSE (Ground Support Equipment) yang umumnya akan dioperasikan oleh para staff ground handling. Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai GSE, silahkan dipahami terlebih dahulu definisinya.

Apa Itu GSE Ground Support Equipment?

Ground Support Equipment adalah peralatan penunjang darat yang terdapat di bandara bisa berupa kendaraan tertentu maupun alat mesin yang dioperasikan oleh tenaga yang ahli.

GSE berfungsi untuk menurunkan kargo,memudahkan mobilitas. Secara langsung dengan adanya alat ini membuat para staff bandara menjadi lebih mudah untuk menjalankan tugasnya.

Bayangkan kalau semuanya serba manual, pasti sangat merepotkan dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melakukan suatu pekerjaan.

Tidak banyak yang tahu bahwa regulasi mengenai GSE telah diatur pada Undang-Undang No.1 Tahun 2009 tentang Penerbangan pasal 219.

Lebih lanjut, menurut SKEP 91/IV/2008 tentang Peralatan Penunjang Pelayanan Darat, definisi GSE yaitu:

“Alat-alat bantu yang dipersiapkan untuk keperluan pesawat udara di darat pada saat kedatangan dan/atau keberangkatan, pemuatan dan/atau penurunan penumpang, kargo dan pos.”

Ya, lebih kurang seperti itu definisinya, adapun contoh dari GSE beberapa di antaranya yaitu:

  • Baggage Towing Tractor (BTT)
  • Aircraft Towing Tractor (ATT)
  • Ground Powering Unit (GPU)
  • Belt Conveyor Loader (BCL)

Tidak perlu khawatir, nanti akan kami perjelas lagi beberapa jenis-jenis GSE lengkap dengan fungsinya.

Untuk saat ini sudah cukup paham mengenai apa itu GSE? Jika kalian pernah naik pesawat pasti setidaknya pernah melihat satu atau dua kendaraan GSE , hanya saja mungkin belum tahu namanya.

6 Jenis Ground Support Equipment Beserta Fungsinya

Ground Support Equipment memang bervariasi, masing-masing punya fungsi dan kegunaannya sendiri-sendiri. Berikut ini penjelasannya, bagi yang berminat menjadi ground handling sebaiknya perbanyak pengetahuan seputar alat kerja mulai hari ini.

berbagai jenis ground support equipment

GSE secara umum dibagi menjadi dua menurut jenisnya, yaitu motorized dan non-motorized. Motorized adalah semua jenis GSE yang menggunakan tenaga penggerak mesin generator.

Selain itu, untuk non-motorized berarti GSE yang tidak menggunakan tenaga penggerak atau dijalankan secara manual dengan diderek.

1. Baggage Towing Tractor (BTT)

Baggage Towing Tractor adalah kendaraan roda empat seperti mobil yang berfungsi untuk menarik dan menggandeng alat-alat GSE lainnya seperti baggage cart atau keranjang bagasi, cargo dollys, dan sebagainya. Umumnya kendaraan ini tidak mempunyai penutup di bagian atasnya dan untuk ukurannya sendiri tergolong mini.

2. Aircraft Towing Tractor (ATT)

Kendaraan ini sama seperti baggage towing tractor,  hanya saja ukurannya lebih besar termasuk bagian ban dan bodynya. Bukan tanpa alasan aircraft towing tractor ini berfungsi untuk menderek pesawat!

Bayangkan, berapa ratus ton berat dari pesawat kendaraan roda empat khusus ini harus menarik atau mendorongnya dalam kondisi tertentu ketika dibutuhkan.

Operator ATT haruslah profesional dan sudah berpengalaman, untuk memastikan prosedur derek pesawat bisa dilakukan dengan aman.

3. Ground Power Unit (GPU)

Kemudian, ada ground power unit yang merupakan alat untuk berfungsi sebagai pemasok tenaga listrik AC maupun DC ke pesawat, bentuknya sendiri berupa mesin generator. Seperti yang sudah disampaikan di atas, GPU ini akan dibawa dengan menggunakan BTT.

4. Belt Conveyor Loader (BCL)

Belt Conveyor Loader adalah alat yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan bagasi maupun kargo. Belt conveyor di pasang untuk memindahkan barang di bagian belakang pesawat dan widebody.

Meskipun bukan kendaraan, alat ini tetap dipasangkan roda di bagian bawahnya untuk memudahkan mobilitas dan perpindahannya.

5. Passenger Boarding Stairs (PBS)

Passenger Boarding Stairs adalah alat tambahan yang berguna untuk menaikkan dan menurunkan penumpang agar lebih mudah menjangkau pintu pesawat di tempat yang lebih tinggi.

Sama seperti Ground Support Equipment lainnya, PBS juga dilengkapi dengan roda di bagian bawah untuk mempermudah saat diderek.

6. Water Service Truck

Water Service Truck adalah kendaraan berjenis truk yang berfungsi untuk memasok kebutuhan air bersih untuk kebutuhan di pesawat.

Tidak ada yang spesial dari kendaraan ini, secara teknis seperti truck standar roda empat hanya saja untuk sistem penampung di bagian belakang sudah disesuaikan dengan fungsinya.

Itu dia penjelasan mengenai GSE (Ground Support Equipment), apabila kalian berminat menjadi staff ground handling dan ingin belajar lebih lengkap seputar GSE, maka persiapkan diri dengan belajar di STTKD.

Di kampus ini kalian bisa mempelajari lebih lengkap mengenai pekerjaan ground handling dan keahlian mendasarnya. Siap menjadi lulusan kompeten dan fresh graduate unggul bersaing di dunia kerja. Yuk, daftarkan diri di jurusan ground handling!