Teknik Mekanikal Bandar Udara

Apa Itu Teknik Mekanikal Bandar Udara? Ini Penjelasannya

Apakah ada di antara kalian yang ingin menjadi seorang ahli teknik mekanikal bandar udara? Setiap orang itu punya minat sendiri-sendiri, tidak perlu ikut-ikutan apa kata teman.

Kalian mempunyai hak untuk mengambil keputusan sendiri, jangan minder kalau ternyata apa yang diinginkan ternyata terkesan asing bagi banyak orang. Siapa tahu arah kesuksesanmu memang ada di bidang ini.

Untuk permulaan mungkin sebaiknya kita kenalan dulu dengan profesi teknik mekanikal bandar udara atau bahasa kerennya aircraft engineer. Sebenarnya seperti apa cara masuk kerja di bidang tersebut dan bagaimana dengan jalur pendidikan yang diambil?

Untuk memastikan kalian memilih jurusan mekanik pesawat yang tepat, silahkan simak dulu penjelasannya di bawah. STTKD akan membagikan semua informasi dasar yang perlu kalian ketahui mengenai profesi ini.

Apa Itu Ahli Teknik Mekanikal Bandar Udara?

Ahli teknik mekanikal bandar udara atau mekanik pesawat adalah tenaga profesional yang bertugas untuk mengecek kondisi mesin, memperbaiki, menjaga, dan melakukan penggantian komponen pesawat saat diperlukan. Mereka bekerja di bengkel pesawat MRO (Maintenance, Repair, and Overhaul).

Ahli mekanik pesawat umumnya adalah seorang laki-laki, tetapi beberapa perempuan tangguh juga bisa menggeluti bidang ini. Pada intinya yang dibutuhkan adalah skill dan keahlian nyata di bidang teknis perbaikan dan perawatan pesawat terbang supaya bisa menjadi seorang teknisi pesawat yang berpengalaman.

Lingkup pekerjaan seorang ahli teknik mekanikal bandar udara bervariasi tergantung dimana ia ditempatkan. Untuk mekanik pesawat komersial seperti GMF (Garuda Maintenance Facility) para tenaga ahli biasanya ditugaskan untuk melakukan pengecekan dan perawatan pesawat tipe boeing untuk mengangkut penumpang.

Namun, pada beberapa kondisi mekanik juga dibutuhkan untuk mengecek kondisi pesawat kargo dan pesawat charter.

Baca juga: Praktikum Program Studi Aeronautika

Tugas dan Tanggung Jawab Ahli Teknik Mekanikal Bandar Udara

Secara sederhana tugas mekanik pesawat mempunyai lingkup pekerjaan yang sama seperti mekanik bidang transportasi lain. Utamanya mampu memperbaiki, merawat, dan mengganti beberapa sparepart jika memang dibutuhkan.

Profesi teknik mekanikal bandar udara

Berikut urutan tugas mekanik dan seorang ahli mekanikal pesawat yang penting untuk diingat bagi kalian yang minat untuk bekerja di sektor industri ini.

  1. Menjaga performa pesawat terbang agar tetap bagus dan dapat beroperasi dengan baik
  2. Mengecek kondisi pesawat secara menyeluruh, menganalisis dan segera memperbaiki kondisinya sebelum terjadi kecelakaan yang fatal
  3. Memperbaiki pesawat dari segi sistem navigasi, kendali maupun mekanikal inti dalam armada tersebut
  4. Mencatat data pemeliharaan terjadwal dan melaporkannya secara transparan mengenai apa saja yang dicek dan menjelaskan data maintenance tersebut
  5. Menentukan kelaikan pesawat terbang sebelum lepas landas, memastikan semua fungsi armada bisa digunakan

Wah, sepertinya tanggung jawab mekanik pesawat memang tidak main-main. Namun bagi mereka yang suka dengan ilmu bongkar-bongkar pesawat pasti akan suka dengan pekerjaan ini.

Tapi tunggu dulu, kira-kira apa saja keahlian yang perlu kalian kuasai untuk menjadi seorang mekanik pesawat?

Mau Jadi Mekanik Pesawat? Kuasai Dulu Bidang Keilmuan Ini

Kami kasih bocoran nih untuk kalian yang berminat untuk menjadi tukang bengkel pesawat, pastikan untuk menguasai bidang keilmuan ini supaya lebih siap untuk mengambil karir ini di kemudian hari.

  • Pengetahuan matematika, ada banyak hal yang perlu diperhitungkan kalian perlu menjelajah dunia matematika teknik sebagai permulaan
  • Pengetahuan rekayasa teknologi/mesin, pahami lebih jauh seputar teknologi mesin pesawat terbang. Ini akan menjadi modal utama untuk melakukan proses maintenance dan pengecekan saat menjadi seorang teknisi pesawat udara
  • Kemampuan bahasa asing, bekerja di lingkungan bandar udara membuat kalian wajib menguasai setidaknya 1-2 bahasa asing. Silahkan mulai dulu dari bahasa inggris ya
  • Memahami fungsi dan penggunaan alat, alat yang kalian gunakan untuk membongkar pesawat sangatlah kompleks, pastikan untuk mengetahui secara pasti macam-macam alat di bengkel pesawat dan kegunaannya
  • Ilmu Aircraft Maintenance, keahlian teknis yang hanya bisa diperoleh dengan menempuh pendidikan baik formal maupun non-formal. Ilmu ini diajarkan langsung oleh tenaga pendidik yang berpengalaman (tidak bisa otodidak).

Jangan khawatir, meskipun ada banyak keahlian yang perlu kalian kuasai untuk menjadi seorang ahli teknik mekanikal bandar udara tetapi hal ini sebanding dengan gaji dan potensi pengembangan karir di masa depan, lho. Coba kita lihat, sebenarnya berapa gaji menjadi tukang mekanik pesawat?

Gaji Mekanik Pesawat

Gaji mekanik pesawat itu bervariasi tergantung keahlian dan jabatan kalian, untuk perkiraannya sendiri mulai dari Rp3.497.750 hingga Rp10.041.761 bisa lebih tinggi itu belum termasuk tunjangan, bonus, dan lain-lain. Ya, bisa dibilang cukup aman karena nilainya sudah di atas rata-rata UMR.

Pendaftaran Sekolah Mekanik Pesawat Terbaik

Oke, sudah cukup berangan-angannya sekarang waktunya untuk mengambil langkah yang lebih nyata. Persiapkan diri kalian untuk menempuh pendidikan tinggi supaya bisa menjadi ahli teknik mekanikal pesawat yang andal dan profesional.

Teknik Mekanikal Bandar Udara  Aeronautika

Kebetulan sekali, STTKD kembali membuka peluang untuk para lulusan SMA IPA/SMK Teknik tahun ini. Untuk kalian yang ingin menjadi ahli mekanik penerbangan, kami sudah sediakan program lisensi khusus yakni AMTO (Aircraft Maintenance Training Organization).

Ada dua lisensi yang bisa didapatkan yakni A1 (Fixed Wing) dan A4 (Turbine Engine). Dapatkan dua lisensi ini dan buktikan bahwa kalian berkompeten di bidangnya, sehingga lebih mudah untuk pendaftaran kerja di bidang bengkel pesawat.

Program ini bisa diikuti untuk jurusan aeronautika,teknik dirgantara, teknik elektro, dan rekayasa mesin. Keempat jurusan tersebut ada di STTKD, kalian bisa pilih salah satu sesuai dengan minat masing-masing.

Untuk informasi pendaftaran bisa langsung menghubungi admin melalui kontak yang tertera.

Semoga siapapun kalian yang bercita-cita menjadi ahli teknik mekanikal bandar udara bisa terwujud di kemudian hari. Tentunya STTKD siap untuk mempersiapkan kalian supaya dapat mencapai tujuan tersebut.

Ingat ya, sekolah itu bagian dari usaha tidak ada kesuksesan yang instan. Jadi, pastikan kalian bersungguh-sungguh ketika berkuliah di sekolah teknik penerbangan, supaya keinginan bekerja di maskapai bandar udara bisa terwujud.