aviation knowledge

Mengenal Aviation Knowledge Materi Umum Kuliah Penerbangan

Saat kalian memutuskan untuk masuk ke sekolah penerbangan, maka akan ada satu materi kuliah yang secara menyeluruh pasti dipelajari di semua jurusan. Mata kuliah tersebut adalah aviation knowledge, sudahkah kalian mengetahuinya?

Kalau dilihat dari istilahnya agak sedikit mengkhawatirkan, pasalnya istilah bahasa asing biasanya erat dengan sesuatu yang sulit. Namun, sepertinya kita tidak bisa menyimpulkan hal semacam itu sebelum mengenal lebih jauh mengenai matkul yang satu ini.

Daripada semakin penasaran malah tambah risau, lebih baik simak dulu penjelasan berikut supaya rasa kekhawatiran kalian bisa terjawab.

Apa Itu Aviation Knowledge?

Aviation knowledge adalah pengetahuan seputar penerbangan yang berkaitan dengan kebandarudaraan. Istilah ini terdiri dari dua kata yakni aviation yang berarti penerbangan dan knowledge mempunyai arti pengetahuan.

Materi kuliah ini bisa kita katakan sebagai pondasi dasar sebelum akhirnya kalian bisa mempelajari bidang penerbagan di jurusan masing-masing, baik itu teknik maupun non-teknik.

Cakupan aviation knowledge sangat luas termasuk pengertian bandar udara, memahami bagian-bagian bandar udara, fasilitas bandar udara, etika dan lain sebagainya.

Bahkan persoalan keamanan dan keselamatan penerbangan juga sebenarnya masih tergolong aviation knowledge, hanya saja ini adalah materi yang lebih mendalam dan bisa berdiri sendiri sebagai materi kuliah secara terpisah.

Pihak yang Wajib Menguasai Aviation Knowledge

Jika kalian bertanya, siapa yang wajib menguasai pengetahuan teori aviation knowledge? Maka jawaban singkatnya adalah, semua pihak yang bekerja atau terlibat dalam operasional kebandarudaraan.

Terutama mereka yang termasuk ke dalam profesi inti seperti air traffic controller, staff penerbangan, pramugari, ground handling staff, pilot, AVSEC, mekanik bandar udara dan lain-lain.

Dengan memahami penjelasan di atas, sepertinya kalian sudah bisa menyimpulkan sendiri materi aviation knowledge ini tergolong sangat penting, karena menjadi pengenalan mendasar sebelum akhirnya kita bisa memahami bidang keilmuan yang lebih kompleks di jurusan masing-masing.

Apakah Aviation Knowledge Materi Kuliahnya Sulit?

Tidak, materi ini tergolong sebagai pengenalan awal sebagian besar isinya adalah teori dan pemahaman. Kalian akan menjumpai materi ini langsung di semester 1, tujuannya agar para taruna-taruni bisa membiasakan diri dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan penerbangan dan kebandarudaraan.

Sebagai contoh, bagi kalian yang berniat menjadi ground handling staff jangan sampai kebingungan ketika mendengar istilah “Garbarata.”

Baca juga: Istilah Penerbangan yang Bisa Menambah Pengetahuan

Oke, meskipun aviation knowledge sendiri terkesan mudah sebaiknya tetap jangan pernah menyepelekan materi kuliah yang satu ini. Tetaplah fokus dan perdalam pemaham aviaton knowledge kalian, khususnya untuk bagian masing-masing.

Pada proses rekrutmen tenaga kerja dari maskapai bandara. Pengetahuan aviation knowledge ini mungkin saja menjadi salah satu indikator pengujian dan pengetesan pemahaman, lho.

Sekilas Materi Aviation Knowledge

Untuk mempelajari aviation knowledge paling tidak kalian perlu membaca buku yang membahas mengenai hal ini. Namun, secara sekilas kami akan mencoba memberikan sedikit materi yang ada di dalamnya.

Pengertian Bandar Udara (Bandara)

Bandar udara atau disingkat bandara adalah tempat lapangan terbang yang difungsikan untuk lepas landas dan mendaratnya pesawat udara. Bandara juga digunakan sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang, serta memuat dan membongkar kargo tertentu.

Bandara terdiri dari beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda-beda:

  1. Land side disebut juga sebagai sisi darat berfungsi sebagai airport access , parking lot, terminal building, dan pengisian bahan bakar
  2. Airside atau sisi udara yang terdiri dari runway, taxiway, dan apron
  3. Airspace

Terminal building dibagi menjadi dua yaitu domestic terminal building dan international terminal building untuk keperluan customs bea cukai, imigrasi, dan karantina barang.

Fungsi terminal building bandara:

  • Menyelesaikan keperluan penumpang (ticketing reservation, check in)
  • Melakukan pemeriksaan penumpang (bagasi, barang bawaan dan lain sebagainya)

Runway (Landasan)

Runaway adalah bagian dari kawasan bandara yang berbentuk persegi panjang, fungsinya sebagai tempat lepas landas dan pendaratan pesawat udara. Ini menjadi bagian yang paling penting dalam operasional penerbangan.

runway airport aviation knowledge

Gambar: runway bandara

Sebuah landasan bandara harus memenuhi syarat berikut:

  • Sesuai dengan arah dan kecepatan angin
  • Panjang dan kekuatan struktur sesuai dengan standar runway pesawat
  • Lingkungan sekitar bersih dari segala rintangan yang bisa menghambat take-off atau landing pesawat

Masih banyak materi lainnya yang bisa kalian pelajari di dalam materi aviation knowledge. Nilai plus menguasai materi ini adalah membuat kita bisa tahu area kerja nantinya saat berhasil keterima kerja di bandara.

Penjelasan di atas belum ada satu persen dari keseluruhan materi aviation knowledge. Bagaimana menurut pendapat kalian, apakah materi ini cukup menarik?

Jika ingin mempelajari lebih lengkap mengenai aviation knowledge secara menyeluruh dan sesuai dengan jurusannya, segera bergabung dengan STTKD.

Ini sekolah penerbangan Jogja terakreditasi yang bisa memberikan berbagai ilmu penting seputar penerbangan dan kebandarudaraan.