Sekolah Penerbangan Jogja

Sekolah Penerbangan Jogja Jurusan Terakreditasi

Sedang mencari sekolah penerbangan Jogja? Kamu tidak sendirian, Yogyakarta yang mempunyai julukan sebagai Kota Pelajar ini memang banyak dijadikan pilihan para siswa dari berbagai daerah sebagai tempat menimba ilmu.

Khususnya untuk pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti masuk kampus atau kuliah. Tidak hanya pendidikan formal, tetapi juga sekolah kedirgantaraan juga mulai banyak diminati oleh banyak anak muda.

Kalian pasti pernah sekali atau dua kali membayangkan enaknya kerja di bandar udara. Untuk yang perempuan pasti memimpikan profesi pramugari ingin menjadi bagian dari kru pesawat maskapai terkenal di Indonesia seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, dan lain-lain.

Di satu sisi yang laki-laki lebih minat menjadi ahli teknik mekanikal bandar udara yang tugasnya hampir bongkar pesawat setiap hari sambil mengecek kondisi komponen mesin dan lain-lain.

Ya, sepertinya sangat menyenangkan kalau bisa bekerja di bandara. Namun kira-kira dimana sekolah penerbangan Jogja yang bisa menjadi langkah untuk mempersiapkan semuanya dari awal?

Tenang, tidak perlu pusing cari-cari universitas penerbangan di tempat lain. Kamu bisa memilih STTKD sebagai kampus penerbangan di Yogyakarta yang siap berikan pendidikan berkualitas sesuai dengan standar industri penerbangan.

Kenapa Memilih Kuliah Penerbangan di STTKD Yogyakarta?

Karena di STTKD mempunyai fasilitas pendidikan yang lengkap, dosen yang kompeten dan ahli di bidangnya, serta semua jurusan yang ada di kampus sudah terakreditasi oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) Kemenristekdikti.

Kampus penerbangan Yogyakarta

1. Semua Jurusan Sudah Terakreditasi

Untuk setiap program studi atau jurusan di kampus penerbangan STTKD Jogja sudah mempunyai akreditasi sebagian besar adalah B (Baik Sekali) berikut beberapa di antaranya.

  • D1 Pramugari : B
  • D1 Ground Handling: B
  • D3 Manajemen Transportasi: B
  • D3 Aeronautika: B
  • D4 Manajemen Transportasi Udara: B
  • S1 Teknik Dirgantara: B

Untuk S1 Teknik Elektro dan Rekayasa Mesin saat artikel ini dibuat akreditasinya C. Namun perlu diketahui bahwa kedua jurusan tersebut tergolong baru, kedepannya STTKD akan terus meningkatkan status akreditasi dari setiap jurusan yang ada, termasuk kedua prodi teknik tersebut.

2. Fasilitas yang Lengkap

Adapun untuk fasilitas pendukung yang dimaksud yaitu gedung kampus terpadu ada 40 ruang kelas masing-masing berkapasitas 40 taruna. Selain itu, dilengkapi juga dengan 1 ruang kuliah umum yang bisa digunakan untuk lebih dari 700 orang.

Untuk penunjang praktik sudah ada hanggar pesawat, pesawat boeing 737-200, pesawat cessna 150, pesawat cessna 402, dan helikopter BO-105M.

Kemudian untuk laboratoriumnya juga lengkap lho, ada aerodinamic lab, komputer, gambar teknik, produksi, khusus aeronautika, dan lab simulasi kebandarudaraan.

Fasilitas penunjang lainnya juga tersedia seperti perpustakaan dengan koleksi buku lengkap, lapangan olahraga, foodcourt, masjid, kolam renang, dan tempat parkir.

3. Tenaga Pengajar Sudah Profesional

Setiap dosen atau tenaga pengajar sudah mempunyai gelar sarjana hingga magister, mereka mempunyai keahlian di bidang masing-masing menguasai keilmuan sesuai dengan program studi yang nantinya kalian pilih.

Dengan adanya dosen yang kompeten, diharapkan para taruna-taruni mampu mempelajari materi dengan sebaik-baiknya dan dapat mempraktikan ilmu tersebut ketika berada di lingkungan kerja.

Setiap dosen juga punya metode belajar yang berbeda-beda, lingkungan belajar sangat menyenangkan. Tidak perlu ragu untuk meminta arahan dan bimbingan ya.

sekolah penerbangan jogja terbaik

4. Kerja Sama dengan Maskapai dan Organisasi Penerbangan

Selain itu, di STTKD Yogyakarta juga mempunyai kerja sama yang terjalin dengan baik antara pihak kampus dengan beberapa maskapai bandar udara di Indonesia hingga internasional, lho.

Apa pengaruhnya terhadap kualitas pendidikan di sekolah penerbangan? Ada potensi yang lebih baik untuk mendapatkan info seputar peluang bekerja di bandar udara dan penempatan PKL yang lebih serius.

Maskapai dan organisasi apa saja yang bekerja sama dengan STTKD? Ada NAM Air, Lion Air, Susi Air, Dutagaruda Piranti Prima, GMF Aero Asia, Batam Aero Teknik, dan lain-lain.

Tidak berhenti disitu, bahkan STTKD juga punya kerja sama dengan universitas luar negeri seperti HANSEO University dari Korea Selatan, OTAGO dan Auckland University dari Selandia Baru. Untuk meningkatkan kualitas kemampuan berbahasa asing, Sekolah Tinggi Kedirgantaraan juga bekerja sama dengan British Council.

5. Banyak Alumni yang Sudah Sukses

Pertimbangan lainnya di universitas penerbangan Jogja STTKD juga sudah banyak alumni taruna-taruni yang sukses bekerja di berbagai perusahaan maskapai penerbangan.

Tidak sedikit juga ada yang sudah diterima kerja bahkan sebelum wisuda, lho. Sebagian besar dari alumni yang sukses memilih jurusan pramugari, namun ada juga yang dari prodi teknik menjadi mekanik maintenance pesawat.

Untuk jurusan ground handling juga ada yang menjadi AVSEC (Petugas Keamanan Bandara), manajemen bagasi, dan lain-lain. Kamu bisa menanyakan informasi alumni yang sudah sukses ini ke admin.

Itu dia penjelasan mengenai sekolah penerbangan di Jogja semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Tapi tunggu sebentar, ngomong-ngomong apakah siswa di luar Jogja juga boleh daftar di STTKD?

Tentu saja boleh dong, meskipun lokasi kampusnya hanya satu yakni di DIY Yogyakarta, namun kalian yang dari daerah lain juga boleh kok mendaftar di STTKD.

Bahkan tidak hanya dari Jawa saja, rekan-rekan yang dari luar pulau juga boleh mendaftar di kampus kedirgantaraan. Pastikan untuk mencari kost-kosan atau bisa juga tinggal di asrama STTKD yang sudah pasti nyaman.

Ingat, sekolah penerbangan Jogja yang berkualitas itu pasti mempunyai reputasi dan kualitas pendidikan yang jelas. Jadi, jangan sampai kamu salah pilih kampus ya.