sayap pesawat

Ini Berbagai Jenis Sayap Pesawat yang Ada di Dunia

Saat kalian menaiki pesawat atau mungkin melihat foto pesawat di internet seperti di atas, pernahkah muncul pertanyaan mengapa bentuk sayap pesawat kadang bisa berbeda-beda?

Rasa ingin tahu bisa membuahkan ilmu baru, ada alasan teknis mengapa bentuk dan penempatan pesawat bisa berbeda-beda antara satu tipe pesawat dengan yang lain.

Ya, bukan hanya soal model dan tampilan melainkan dari segi fungsi, keamanan, bahkan efisiensi bisa mempengaruhi perbedaan sayap. Sebagai gambaran, jenis pesawat ini bisa kita bedakan menjadi beberapa bagian:

  • Bentuk, memfokuskan pada tampilan visual sayap pesawat sesuai dengan fungsinya
  • Tempat pemasangan, berfokus pada dimana sayap tersebut tempatkan apakah di atas fuselage, bagian tengah, atau justru di bawahnya
  • Jumlah, berfokus pada berapa jumlah sayap yang terpasang pada pesawat

Untuk lebih mudah memahaminya, mari kita mulai dulu dari jenis-jenis sayap pesawat menurut bentuknya.

Jenis-jenis Sayap Pesawat Menurut Bentuk dan Tampilannya

Salah satu alasan yang membuat bentuk sayap pesawat berbeda-beda karena pertimbangan distribusi tekanan.

Secara teknis keputusan pembentukan sayap pesawat ini sudah melalui proses pengujian dan pertimbangan dari tenaga yang profesional.

Ini Berbagai Jenis Sayap Pesawat yang Ada di Dunia

Beberapa bentuk sayap pesawat populer yang banyak digunakan oleh produsen pesawat di dunia yaitu sebagai berikut:

  1. Sayap lurus (Straight wing), sayap pesawat yang banyak digunakan pada tipe pesawat low-speed. Selain itu, bentang pesawat melebar dari kanan ke kiri berbentuk persegi panjang.
  2. Sayap sapu belakang (Sweptback wing), adalah sayap pesawat yang bentuk pesawat lebih lancip dan miring ke belakang bukan ke arah lurus samping. Sebagian besar pesawat jet menggunakan tipe sweptback wing.
  3. Delta Wing, merupakan jenis pesawat yang sayap pesawat yang menyerupai bentuk sayap sapu belakang tapi membentuk segitiga. Pesawat ini cocok untuk melakukan manuver, rata-rata digunakan pada pesawat militer

Beberapa jenis sayap airplane lainnya menyesuaikan bentuknya yaitu tapered wing (sayap tirus), swept forward wing, dan sebagainya.

Baca juga:Bagian-bagian Pesawat dan Fungsinya yang Menarik untuk Dipelajari

Macam-macam Sayap Pesawat Sesuai Tempat Pemasangannya

Beralih ke perspektif yang berbeda, terkadang tidak hanya bentuk melainkan pesawat juga bisa dipasang dengan posisi sayap yang berbeda.

posisi sayap pesawat

Di bawah ini kami jelaskan penempatan sayap pesawat yang umum di dunia penerbangan.

  1. High Wing, pesawat dengan posisi sayap berada di atas fuselage. Karena posisi ini pusat gaya angkat berada di atas pusat gravitasi, dikaim mampu meningkatkan stabilitas pesawat.
  2. Mid-Wing, adalah tipe pesawat dengan posisi sayap yang dipasang pada bagian tengah fuselage. pesawat mid wing mempunyai rolling stability yang lebih baik daripada high dan low wing.
  3. Low Wing, adalah sayap pesawat dengan kestabilan yang rendah mampu meningkatkan kemampuannya untuk bermanuver. Sebagian besar pesawat komersial yang mengudara saat ini seperti Boeing 737 menggunakan tipe sayap low wing.
  4. Wing-Strut, terlepas dari ketiga opsi populer di atas. Tipe sayap pesawat ini berada di atas badan pesawat yang ditunjang dengan penyangga khusus. Tipe sayap ini sudah tidak banyak digunakan, hanya versi pesawat lama saja yang menggunakannya.

Jenis Airplane Wings Menyesuaikan Banyaknya Jumlahnya

Setelah membahas bentuk dan penempatan, jenis pesawat juga bisa dibedakan menurut jumlah sayapnya.

posisi sayap pesawat udara

Cukup mengesankan, jumlah sayap aircraft tidak hanya dua melainkan ada variasi lainnya. Berikut penjelasan mengenai jumlah sayap:

  1. Monoplane, adalah pesawat dengan sayap tunggal. Model sayap ini terbilang cukup kuno sempat populer pada masanya. Namun, saat ini sudah tidak banyak digunakan. Uniknya, Cessna pernah mengeluarkan pesawat model monoplane model A pada tahun 1920
  2. Biplane, merupakan pesawat dengan sayap ganda. Pesawat tipe sayap biplane biasanya digunakan dalam pesawat akrobatik
  3. Triplane, adalah pesawat yang memiliki tiga sayap vertikal yang ditumpuk. Model sayap pesawat ini sudah jarang ditemukan, biasanya ada pada pesawat eksplorasi di era 90-an

Demikian penjelasan mengenai berbagai tipe dan model pesawat menurut bentuk, jumlah, dan penempatan sayap. Moda transportasi pesawat memang tidak pernah berhenti membuat kita terkesan.

Perkembangan dan inovasinya dari tahun ke tahun sangatlah pesat, sebagai manusia kita selalu ingin menciptakan konsep-konsep terbaik untuk melakukan perjalanan udara.

Berkembangnya kemajuan teknologi memungkinkan implementasi sistem yang lebih baik lagi, menciptakan prinsip aerodinamika yang lebih stabil dan efisien.

Tertarik mempelajari lebih jauh mengenai teknis pesawat? Bergabunglah dengan jurusan D3 Aeronautika, S1 Teknik Dirgantara, dan berbagai prodi teknik penerbangan lainnya. Nantikan informasi pendaftaran terbaru dari STTKD di tahun berikutnya.