Jurusan Aeronautika

Jurusan Aeronautika D3 Ada Program Lisensi, Lulusan Siap Kerja!

Jurusan Aeronautika menjadi salah satu prodi yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan lisensi AMTO (Aircraft Maintenance Training Organization). Lulus dari sini sudah siap untuk bekerja di bengkel perawatan pesawat sebagai teknisi.

Tentu beberapa dari kita pasti ada yang ingin habis lulus kuliah bisa siap masuk ke pekerjaan yang diinginkan sesuai minat. Tidak ada yang salah dengan rencana seperti ini, tetapi kira-kira sudah seberapa siap kalian berjuang untuk meraih posisi tersebut?

Ya, namanya jalan kesuksesan pasti rintangannya banyak. Namun jika berhasil melalui itu semua, maka pasti rasanya memuaskan. Kamu bisa membuat orang tua bangga, sekaligus memantapkan diri untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Dari sekian banyaknya jurusan di sekolah penerbangan, kenapa Aeronautika terkesan asing dan berbeda?

Karena tidak banyak kampus yang menyediakan jurusan tersebut. Keberadaan universitas Aeronautika masih dianggap sebagai sesuatu yang baru di kalangan masyarakat.

Apalagi yang benar-benar berlisensi dan terakreditasi bagus, jumlahnya sangat sedikit.

Untungnya di Yogyakarta ada STTKD yang membuka jurusan Aeronautika. Buat kalian yang minat untuk masuk prodi ini, maka bisa memilih sekolah ini sebagai salah satu pilihan yang direkomendasikan.

Kenapa Sebaiknya Masuk Jurusan Aeronautika?

Tidak adil jika kami bilang “Jurusan aeronautika itu bagus”, tanpa menjelaskan alasannya secara lengkap.

prodi jurusan aeronautika terbaik

Oleh karena itu, berikut kami sudah rangkum beberapa poin penting kenapa kamu perlu mempertimbangkan jurusan Aeronautika sebagai pilihan prodi perguruan tinggi untuk tahun ini:

1. Sepi Peminat, Tetapi Prospek Kerja Tinggi

Coba tanyakan ke teman-teman kamu, kira-kira apa yang mereka tahu mengenai jurusan aeronautika. Sebagian besar akan menjawab tidak tahu, sedangkan yang lain mungkin hanya menjawab “Ada kaitannya dengan pesawat.”

Ini fakta, Aeronautika memang kurang populer di kalangan pelajar umum. Namun sedikit pula yang tahu bahwa prospek kerja jurusan ini lebih menjanjikan dibandingkan jurusan mainstream.

Kenapa bisa demikian? Karena lingkup belajar Aeronautika itu terfokus, kalian akan mendalami seputar aircraft maintenance (perawatan pesawat), perbaikan bagian yang rusak, dan sebagainya.

Jadi dari awal masuk kuliah sudah ada gambaran yang jelas mengenai prospek kedepannya.

2. Ilmu Terapan yang Relevan Sepanjang Masa

Teknisi pesawat seperti aeronautika adalah bidang keilmuan yang bukan musiman. Artinya keahlian yang kalian miliki sampai kapanpun akan terus dibutuhkan bahkan untuk puluhan tahun ke depan.

Apalagi ketika industri penerbangan di Indonesia semakin pesat, maka tentunya ilmu teknisi pesawat akan semakin banyak dibutuhkan.

Baca juga: Praktikum Program Studi Aeronautika

3. Jurusan Aeronautika Ada Program Lisensi

Satu lagi alasan kenapa kamu perlu mempertimbangkan jurusan ini, terutama jika kampus penerbangan yang dipilih adalah STTKD. Karena ada kesempatan untuk bergabung dengan program lisensi. Ini akan meningkatkan kredibilitas dan kompetensi keahlian yang sudah kamu miliki saat akan mendaftar kerja setelah lulus nanti.

Mengenal Program Lisensi AMTO D3 Aeronautika

Apa itu program lisensi AMTO? AMTO 147 atau singkatan dari Aircraft Maintenance Training Organization adalah program kelas khusus pelatihan yang bertujuan untuk mempersiapkan taruna/taruni untuk menjadi seorang aircraft maintenance atau teknisi pesawat.

Materi dan ilmu yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan industri penerbangan, sehingga lulusan yang sudah berlisensi AMTO A1-A4 siap untuk bekerja.

Jadi, meskipun kalian fresh graduate kalau sudah pernah mengikuti program ini maka peluang untuk diterima kerja lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Lama waktu yang dibutuhkan untuk mengikuti program AMTO sekaligus prodi Aeronautika adalah 3 tahun.

Apa Saja Jenis Tes yang Diikuti untuk Mendaftar Lisensi AMTO?

Ada total lebih kurang 5 tes yang perlu diikuti oleh taruna/taruni D3 Aeronautika untuk memperoleh lisensi AMTO. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Tes Potensi Akademik (TPA), mengukur kemampuan berpikir siswa yang berkaitan dengan pemahaman dan penalaran
  • Tes TOEFL, menguji kemampuan berbahasa inggris
  • Tes Psikotes, mengukur dan melihat psikomotorik dari pendaftar
  • Tes Wawancara, berguna untuk melihat keseriusan peserta dengan menanyakan beberapa pertanyaan
  • Tes Kemampatan, tes akhir untuk menyatakan peserta diterima atau tidak

Fasilitas Jurusan Aeronautika dan Program AMTO

Dengan bergabung menjadi bagian dari STTKD Yogyakarta, kamu bisa mendapatkan berbagai fasilitas pendukung yang sangat memadai, lho. Misalnya seperti:

  • Hanggar Pesawat
  • Pesawat Boeing 737-200
  • Pesawat Cessna 150
  • Pesawat Cessna 402
  • Aerodinamic Lab
  • Hidraulic Shop
  • Engine Shop With JT8D, engine cut away
  • Lycoming engine and APU
  • Computer Lab
  • Dan masih banyak lagi

Tertarik untuk mendaftar jurusan D3 Aeronautika? Yuk, lakukan pendaftaran online dulu. Kunjungi halaman ptb.sttkd.ac.id, jangan lupa isi informasi dan data yang dibutuhkan. Apabila ada pertanyaan lainnya, jangan ragu untuk menghubungi admin pendaftaran. Kami dengan senang hati akan membantu kalian.