pembersihan pesawat

Seperti Ini Proses Pencucian dan Pembersihan Pesawat Terbang

Pernahkah kalian melihat proses pencucian atau pembersihan pesawat? Kecil kemungkinan kalian bisa melihat langsung hal teknis semacam ini kecuali jika memang bagian dari kru aircraft cleaning.

Sama seperti alat transportasi lainnya, pesawat juga perlu dibersihkan secara berkala. Ya, meskipun secara teknis kita tahu pesawat itu terbang di udara namun bukan berarti pesawat tidak akan kotor.

Paparan debu tetaplah ada, jika menumpuk tidak dibersihkan terkena hujan dan panas bisa menyebabkan masalah yang lebih merepotkan karena semakin sulit untuk dibersihkan.

Jadi, kalau kita pahami berarti ada dua bagian yang perlu dibersihkan dari pesawat udara. Pertama adalah eksterior bagian luarnya termasuk fuselage, sayap, dan bagian belakang. Kedua, adalah bagian dalam atau interior pesawat termasuk area cockpit, kabin, dan bagasi pesawat.

Cara Maskapai Mencuci Pesawat, Apa Saja yang Dilakukan?

Pencucian pesawat adalah bagian dari perawatan. Ini adalah hal yang terkesan sepele tapi penting untuk dilakukan. Kebersihan pesawat mempengaruhi kenyamanan penumpang dan kredibilitas maskapai. Prosedurnya cukup kompleks, tapi kami akan coba menjelaskannya anggap saja sebagai wawasan baru.

cuci pesawat manual

Selain itu, fakta menarik dari proses pencucian pesawat ternyata membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama bisa memakan waktu yang cukup lama sekitar 8 – 24 jam.

Mencuci dan Pembersihan Pesawat Bagian Luar

Pertama dimulai dari membersihkan bagian luar pesawat. Namun, sebelum melakukannya tim profesional akan menutup setiap lubang dan sensor yang ada di bagian pesawat.

Tujuannya agar bagian-bagian tersebut tidak rusak selama proses pencucian berlangsung. Pembersihan pesawat bagian luar bisa menggunakan dua metode yaitu dry-cleaning dan semprotan air bertekanan tinggi.

Dry-cleaning menjadi salah satu metode yang paling dianjurkan. Di sini tenaga profesional menggunakan sedikit air atau bahkan tanpa air sama sekali, melainkan hanya menggunakan cairan kimia khusus dengan takaran tertentu.

Seperti yang kita ketahui ukuran pesawat, khususnya yang komersial seperti Boeing 767 dan Airbus sangatlah besar, jika mengandalkan pencucian dengan air saja maka dikhawatirkan akan menimbulkan pemborosan konsumsi air.

Adapun teknik yang dilakukan untuk membersihkan bagian luar pesawat yaitu dengan menggosoknya menggunakan alat pel khusus bergagang panjang. Dibutuhkan setidaknya 15-20 orang untuk membersihkan bagian luar pesawat agar prosesnya lebih efisien dan cepat. Dalam kondisi tertentu mesin khusus bisa saja dikerahkan jika pembersihan manual masih kurang efisien.

Selain itu, window wiper digunakan untuk membersihkan setiap kaca yang ada di bagian pesawat mulai dari jendela kabin, sampai yang terpenting kaca bagian depan pesawat.

Tenaga kebersihan menggunakan masker dan alat pelindung untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Pencucian bagian luar ini biasanya dilakukan 1-3 tahun sekali menyesuaikan dengan kondisi dari pesawat.

Pembersihan Pesawat Bagian Dalam

Selanjutnya, adalah membersihkan bagian dalam atau interior dari pesawat. Sebenarnya ada dua jenis pembersihan pesawat terbang.

Pertama, untuk pembersihan umum yang dilakukan secara rutin setiap kali pesawat selesai melakukan penerbangan ini menjadi tanggung jawab flight attendant atau pramugari maskapai.

Pembersihan pesawat tingkat ringan yang dilakukan oleh pramugari seperti menyapu bagian lantai kabin, mengelap bagian yang kotor, membuang sampah yang menumpuk, dan sebagainya.

Adapun untuk pembersihan detail “deep cleaning” tidak dilakukan setiap saat. Pembersihan ini dilakukan secara menyeluruh dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tim profesional akan membersihkan bagian lantai karpet dengan alat khusus. Kemudian, untuk meja dan bagian dari kursi penumpang dibersihkan dengan cairan anti-bakteri dan kuman secara merata.

Lalu, sarung jok atau kursi penumpang yang kotor dilepas lalu dicuci diganti dengan yang baru. Hampir lupa, untuk jenis pesawat internasional tertentu biasanya ada juga yang melalui proses sanitasi untuk mencegah penyebaran virus di negara tertentu.

Seberapa Penting Kebersihan Pesawat dalam Penerbangan?

Sangat penting, terutama dampaknya terhadap pengalaman penumpang saat menggunakan layanan dari suatu maskapai. Pesawat yang kotor membuat siapa saja merasa tidak nyaman.

pembersihan pesawat dengan mesin

Ini cukup fatal, sebagus apapun pelayanan yang diberikan oleh maskapai jika bagian kebersihan ini diabaikan maka maskapai harus siap-siap mendapatkan ulasan buruk oleh penumpang.

Kenyamanan

Setiap penumpang pesawat baik itu domestik maupun mancanegara ingin mendapatkan kualitas layanan yang terbaik. Begitu pula dengan pesawat yang mereka pilih. Kotornya bagian luar atau dalam pesawat memberikan impresi yang buruk dan mengganggu kenyamanan penumpang. Besar kemungkinan mereka yang tidak puas tidak akan memilih maskapai tersebut lagi.

Kredibilitas dan Kualitas

Kebersihan dan kerapihan pesawat mencerminkan kualitas dari maskapai tersebut. Bagian yang terlihat lebih mudah untuk dinilai daripada yang tidak, penumpang tentu bisa langsung melihatnya dari luar jika badan pesawat terlihat kurang baik kotor, banyak noda di setiap sisinya pasti belum naik saja sudah terasa malas.

Ya, lebih kurang itu dia penjelasan mengenai proses pencucian dan pembersihan pesawat serta alasan kenapa hal semacam ini bisa dinilai penting. Jika kalian ingin bekerja di maskapai pesawat, maka pastikan untuk memahami pentingnya kebersihan dan kenyamanan penumpang ya.

Persiapkan dirimu menjadi lebih baik di sekolah penerbangan, pilih jurusan yang sesuai dengan minat. Maksimalkan potensimu dengan terus belajar dan perluas wawasan dan pengetahuan untuk menggapai masa depan yang lebih baik!