Apa Itu Penerbangan Carter? Pengertian Sampai Perbedaanya

Penerbangan carter adalah penerbangan yang sistemnya disewakan secara khusus untuk perorangan, kelompok untuk keperluan bisnis ataupun liburan dan sebagainya.

Sebenarnya definisi dari penerbangan carter lebih dari itu, layanan ini bisa digunakan untuk penerbangan perjalanan ke negara manapun (menyesuaikan kebijakan perusahaan carter).

Selain itu, flight charter juga bisa digunakan untuk keperluan yang istimewa seperti sky wedding experience, birthday party, dan sebagainya.

Bayangkan seperti apa rasanya melangsungkan acara pernikahan atau acara ulang tahun mengudara di pesawat? Admin pribadi tidak pernah membayangkan hal semacam itu.

Namun, memang seperti inilah kebebasan di penerbangan carter seakan-akan satu kabin pesawat menjadi milikmu bisa melakukan apapun sesuai dengan keinginan.

Perbedaan Penerbangan Carter dan Reguler Terjadwal

Ada banyak poin yang menarik untuk dibahas mengenai perbedaan antara carter dan penerbangan biasa. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Waktu Penerbangan dan Rute : Penerbangan carter bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan keinginan dari penyewa cenderung lebih fleksibel termasuk untuk rute-rutenya. Sementara itu, penerbangan reguler lebih terpaku pada waktu dan rute yang sudah ditentukan terlebih dahulu oleh pihak maskapai.
  1. Pemesanan Jasa: Pembelian tiket atau penggunaan jasa carter tidak bisa dilakukan pada loket biasa, harus dipesan langsung dari perusahaan yang menyediakan layanan carter tersebut. Tentunya berbeda dengan penerbangan reguler yang pembelian tiketnya bisa dilakukan secara umum seperti biasa tanpa reservasi khusus.
  1. Harga Layanan: Semestinya mudah ditebak, harga penerbangan carter pasti lebih mahal daripada yang reguler. Coba pahami lagi, di sini kalian menggunakan layanan private, jadi tentu saja ada biaya lebih yang perlu dikeluarkan. Sementara itu, penerbangan reguler lebih murah bahkan terkadang ada beberapa info promo dan diskon.
  1. Fasilitas yang Tersedia: Penerbangan carter menawarkan fasilitas yang lebih lengkap dengan kualitas yang ditingkatkan secara khusus untuk pribadi atau sekelompok orang. Berbeda dengan fasilitas penerbangan reguler yang cenderung umum dan seadanya.
  1. Penyedia Layanan: Pihak yang menyediakan maskapai carter tidak selalunya maskapai besar BUMN terkadang ada juga yang Badan Swasta skala menengah. Pada dasarnya bisnis charter flight lebih fleksibel peluangnya dibandingkan maskapai komersial. Penerbangan reguler biasanya hanya tersedia di perusahaan penerbangan skala besar bermarkas di bandar udara.

Baca juga: STTKD Yogyakarta Terima Hibah Pesawat Cessna 402

Apa Saja Kelebihan Penerbangan Carter?

Setelah memahami perbedaan dari keduanya, tentu lebih mudah untuk mengetahui apa saja nilai plus dari penerbangan carter ini. Pertama, carter menawarkan rute dan waktu penerbangan yang jauh lebih fleksibel.

penerbangan carter dari whitesky

Gambar: Pesawat Cessna 208B Grand Caravan – PK-WLG dari charter Whitesky Aviation

Ini menjadi poin penting mengingat terkadang perusahaan atau individu perorangan perlu transportasi untuk mengunjungi lokasi secara spesifik. Sebagai contoh mereka yang ingin liburan bisa memilih rute ke Bali atau tempat wisata lainnya dengan lebih nyaman.

Kedua, kualitas fasilitas dan pengalaman terbang yang luar biasa. Penerbangan carter memberikan experience yang mengesankan. Beberapa pihak yang berkepentingan seperti pebisnis dan pemilik usaha mungkin perlu transportasi perjalanan yang lebih private untuk memberikan kesan eksklusif maupun kenyamanan ekstra.

Ketiga, penerbangan carter menjaga kerahasiaan dan keamanan dengan lebih baik karena penerbangan ini hanya dilakukan oleh orang yang Anda kenal atau satu kelompok dengan Anda.

Hal Menarik Lainnya Seputar Penerbangan Charter

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kita bahas mengenai penerbangan charter. Berikut ini kami rangkum beberapa poin-poinnya supaya lebih mudah:

  • Charter dibagi menjadi tiga: ada charter penumpang dan kargo layanan khusus untuk mengirimkan barang-barang, dan charter private untuk penerbangan eksklusif seperti instansi, urusan pribadi, dan sebagainya.
  • Tipe pesawat: perusahaan carter menyediakan pilihan pesawat yang berbeda-beda mulai dari private jet sampai dengan pesawat widebody. Misalnya Garuda Indonesia menyediakan pilihan pesawat Boeing B737-800NG, Airbus A330-200, dan sebagainya.
  • Persyaratan: untuk menggunakan layanan charter maka Anda perlu memenuhi persyaratan. Syarat ini berbeda-beda tergantung perusahaan. Contoh syarat untuk charter perorangan misalnya KTP dan NPWP. Sementara itu, untuk perusahaan biasanya legalitas usaha, NPWP badan, profil usaha, dan sebagainya.
  • Harga: harga untuk menggunakan layanan penerbangan carter bervariasi menyesuaikan dengan kualitas layanan dan juga rute yang akan dipilih. Kita ambil rata-rata umum, penerbangan carter bisa digunakan dengan menyiapkan budget mulai dari Rp 12 juta – Rp 15 juta (estimasi carter ke umroh ke Makkah).

Itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu penerbangan charter, perbedaan, hingga berbagai hal lainnya.

Semoga bacaan ini bisa bermanfaat, jika kalian tertarik mendalami lebih jauh seputar ilmu penerbangan persiapkan untuk melanjutkan studi di sekolah penerbangan. Nantikan informasi pendaftaran gelombang taruna-taruni baru STTKD di tahun depan ya.