kelas pesawat

Rupanya Ini Daftar Lengkap Kelas Pesawat dan Perbedaannya

Mengaku ingin menjadi pramugari atau sekedar penumpang yang penasaran dengan sistem kelas pesawat? Pembahasan ini akan membantu kamu memahami macam-macam class passenger dalam operasional pesawat.

Sebelum itu mari kita pahami dulu definisinya, kelas pesawat adalah penggolongan suatu layanan dalam jasa penerbangan.

Perbedaan kelas ini akan mempengaruhi penyediaan fasilitas dan berbagai hal penting lainnya menyangkut kenyamanan dan konsumsi selama berada di pesawat. Tentu saja harga tiketnya juga beda. Secara umum ada beberapa tipe kelas dalam penerbangan yaitu ekonomi, ekonomi premium, bisnis, dan first class.

Macam-macam Kelas Pesawat dan Penjelasannya

Ada setidaknya 4 kelas pesawat yang penyebutannya sudah cukup umum di kalangan masyarakat. Jika kalian belum mengetahuinya, berikut kami sertakan rangkuman dari setiap kelas yang ada.

1. Ekonomi (Economy)

Mencari kelas yang paling murah? Jawabannya adalah kelas pesawat ekonomi atau biasa juga disebut sebagai third class, coach class, dan steerage.

Serba standar, jumlah kursi di pesawat ini ada banyak. Adapun untuk pengaturan tata letak kursinya berbeda-beda menyesuaikan ukuran pesawat. Ada yang 2-4, 3-3-3, dan sebagainya.

airplane cabin kelas pesawat

Meskipun ekonomi kursi di pesawat ini tetap bisa dimiringkan dengan maksimal sudut 180 derajat saja. Kalau mengacu ke penerbangan internasional, jarak kursi penumpang berada di angka 71-91 cm, dengan lebar antara 43.2 – 46.4 cm.

Fasilitas Kursi dan Makanan

Karena kategorinya memang kelas ekonomi, dari segi kursi duduknya terbilang standar namun tetap nyaman tidak ada yang istimewa.

Di beberapa maskapai, ada yang menyertakan amenity pouch ada juga yang tidak. Begitu pula dengan fasilitas hiburan biasanya hanya ada majalah atau layar kecil untuk menonton video on demand, sekali lagi tidak semua maskapai menyediakannya.

Adapun untuk menu makanannya juga standar tidak bisa minta yang macam-macam, ketersediaan makanan sesuai dengan rute maskapai, untuk jarak dekat atau penerbangan domestik biasanya ada yang ada dan tidak.

2. Kelas Pesawat Ekonomi Premium (Premium Economy)

Selanjutnya, ada kelas peremium ekonomi atau biasa juga disebut sebagai economy plus class, elite economy class, dan sebagainya. Satu tingkat lebih baik, kelas pesawat ini menawarkan kenyamanan ekstra.

Di beberapa maskapai internasional premium economy mampu menghadirkan pengalaman yang jauh lebih baik. Cocok untuk penumpang yang ingin berhemat tapi ingin mendapatkan fitur lebih.

Baca juga: Tugas dan Tanggung Jawab Pramugari (Lengkap)

Fasilitas Kursi dan Makanan

Sebagai contoh maskapai Air New Zealand menyematkan fitur amenity pouch yang di dalamnya berisi masker tidur, penutup telinga, dan sebagainya. Selain itu, dari segi kursi penumpangnya juga lebih empuk dan bagus. Bisa dimiringkan hingga 50% untuk membuat penumpang bisa beristirahat dengan nyaman.

Dari segi konsumsi juga pastinya ada peningkatan. Penumpang bisa memesan makanan dengan menu yang disesuaikan. Tidak lupa minuman penghilang dahaga yang tidak hanya air putih saja.

Namun, kebanyakan premium economy hanya ada di beberapa maskapai beberapa di antaranya seperti Air Canada, Air China, AirAsia, Air France, Aeroflot, Aerolines Argentinas, dan sebagainya.

3. Bisnis (Business Class)

Lanjut, naik ke lebih tinggi lagi ada kelas bisnis yang sudah bisa disebut sebagai middle executive. Sebagai penumpang kalian akan merasakan pengalaman yang berbeda dibandingkan dua kelas sebelumnya.

Tidak hanya itu, pelayanan dan fitur yang diberikan juga lebih lengkap dengan kualitas yang ditingkatkan. Tergantung maskapainya, saat ini beberapa penyedia jasa penerbangan bahkan sudah menjadikan business class sebagai kelas pesawat mewah. Ingin tidur dengan nyaman selama penerbangan? Hal itu bukan lagi sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Kursi Penumpang dan Makanan

Pihak maskapai ingin membuat siapapun merasa dimanjakan saat berada di kelas pesawat ini. Business class cocok untuk perjalanan jauh agak disayangkan jika hanya untuk perjalanan dekat 1-2 jam karena fasilitasnya tidak bisa dimanfaatkan maksimal.

Tempat duduk sudah dilengkapi dengan layar dilengkapi dengan konten hiburan yang bisa kita ganti sesuai dengan keinginan, ada headphone yang sudah dilengkapi noise cancelling membuat penumpang semakin nyaman dan tidak terganggu dengan kebisingan sekitar.

Soal makanan tidak perlu ditanyakan lagi, bagi penumpang yang alergi terhadap menu makanan tertentu bisa request menu rendah kolesterol, makanan nutrisi tinggi, dan sebagainya.

Baca juga: Perbedaan Kabin Pesawat dan Bagasi, Jangan Sampai Keliru!

4. Kelas Pesawat Pertama (First Class)

Terakhir, ada kelas pesawat tertinggi menawarkan pengalaman luar biasa. Tidak semua orang bisa memilih layanan semewah ini, karena memang untuk sekali terbang harga tiketnya fantastis sangat menguras dompet.

Penerbangan first class menawarkan fasilitas terlengkap, kursi duduk yang begitu nyaman, fitur teknologi penunjang seperti Wi-Fi, monitor dengan akses ke konten hiburan yang lebih lengkap.

kelas pesawat eksklusif

Penerbangan kelas pertama minim kebisingan, jarak antara penumpang satu dengan yang lain cukup jauh, sehingga mampu memberikan kenyamanan optimal.

Demikian penjelasan mengenai sejumlah kelas penerbangan dari economy sampai first class. Dilihat dari sudut pandang awak kabin, penggolongan kelas ini akan mempengaruhi adaptasi dalam pemberian layanan.

Jika kalian berminat untuk menjadi pramugari, maka ini adalah saat yang tepat untuk merencanakannya jauh-jauh hari.

Mulailah dengan mengincar pendidikan tinggi jurusan pramugari  di sekolah penerbangan yang berkualitas. Terus belajar, perbanyak ilmu jangan pernah malas untuk mencoba hal baru.