Black Box Pesawat Bisa Rekam Data dan Tak Mudah Hancur

Setiap kali terjadi kecelakaan pesawat terbang, maka siapapun pasti penasaran dengan penyebab kenapa insiden buruk seperti itu bisa terjadi. Ada satu alat yang sangat canggih  yang mampu merekam data dan informasi mengenai kondisi pesawat sebelum jatuh, alat ini disebut sebagai black box pesawat.

Begitu ajaib dan mengesankan, komponen ini bisa tetap utuh meskipun pesawat meledak jatuh ke hutan, laut, atau area lainnya. Secara sederhana, black box berfungsi seperti hardisk/hard drive yang mampu menyimpan data percakapan pilot dengan ATC, dan data penerbangan.

Kami akan jelaskan seperti apa bentuk black box, fungsi, serta beberapa hal menarik mengenai alat yang satu ini. Silahkan simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah.

Apa Itu Black Box dan Seperti Apa Bentuknya?

black box pesawat

Gambar: Black box yang tidak hitam sumber: internet

Gambar di atas adalah benda yang kita sebut sebagai black box, tapi kenapa warnanya tidak hitam? Pertanyaan bagus, alasan utama kenapa warna black box tidak hitam adalah karena visibilitas.

Menurut berbagai sumber black box normalnya berwarna mencolok yaitu oranye dengan tulisan peringatan “Flight Recorder, Do Not Open” hal ini bertujuan agar kotak hitam pesawat ini bisa ditemukan dengan mudah di antara  puing-puing pesawat atau dasar lautan.

Benda ini terdiri dari beberapa bagian, antara lain sebagai berikut:

  • Crash Survival Memory Unit (CSMU), CSMU adalah bagian silinder berukuran besar yang berfungsi sebagai panel memori penyimpanan data yang ada di black box. Material ini terbuat dari bahan baja atau titanium
  • Pemancar, adalah komponen yang berguna untuk memancarkan sinyal yang nantinya bisa terbaca di pusat. Sistem ini aktif otomatis ketika black box jatuh ke dalam laut atau area perairan. Sistem pemancar bisa bertahan di kedalaman laut yang cukup dalam hingga 4 km. Pemancar akan terus mengirimkan sinyal selama 30 hari terus menerus mempermudah pencarian.
  • Power supply, sistem daya terpenting yang membuat black box bisa berfungsi. Terdapat setidaknya dua generator dengan spesifikasi 28-volt DC power source, and the other is a 115-volt, 400-hertz (Hz).

Adapun komponen lainnya dari black box seperti: steel housing, stack of memory boards, insulation, aircraft interface circuit boards, underwater locator beacon, thermal lock.

Cara Kerja dan Fungsi Teknis Black Box

Selanjutnya, mari kita bicara sedikit mengenai cara kerja dari alat ini. Saat terjadi kecelakaan pesawat, maka secara logis semua bagian dari pesawat tersebut akan hancur berkeping-keping. Ledakan yang cukup dahsyat bisa membuat banyaknya korban jiwa dalam tragedi tersebut.

Saat pesawat meledak, black box tetap utuh. Benda ini tidak diproduksi secara asal-asalan, ada begitu banyak proses pengujian yang dilakukan untuk memastikan komponen ini “nyaris kebal” ledakan dan benturan.

Jika pesawat jatuh ke laut maka ia akan mengirimkan sinyal ke pusat memberitahukan lokasi koordinat khusus untuk memperkirakan lokasi jatuhnya pesawat.

Ada kemungkinan lokasi puing pesawat dan black box tidak benar-benar berada di tempat yang sama, bisa saja ada selisih jarak karena dampak ledakan atau benturan.

Apa yang terjadi setelah black box ditemukan?

Pertama, benda itu akan diamankan memastikan tidak ada orang yang membukanya kecuali pihak yang berwenang. Lalu diserahkan ke laboratorium untuk dicek dan diunduh datanya, secara teknis dengan data black box tenaga yang ahli bisa melakukan rekonstruksi penyebab kecelakaan pesawat dan melakukan analisis lebih mendalam mengenai tragedi tersebut. Proses ini butuh waktu yang tidak sebentar bisa mingguan sampai berbulan-bulan.

Fungsi Teknis Black Box Pesawat

Ada dua komponen utama dari black box yaitu FDR (Flight Data Recorder) dan CVR (Cockpit Voice Recorder). FDR berfungsi untuk merekam kecepatan, aliran bahan bakar, percepatan vertikal, hingga ketinggian pesawat. CVR berguna untuk merekam pembicaraan terjadi selama di kokpit sebelum pesawat jatuh (data audio).

Baca juga: Mendalami Komunikasi Penerbangan (Aviation Communication)

Beberapa Info Lainnya Mengenai Black Box Pesawat

Selain definisi, bagian komponen, dan fungsi berikut ini sejumlah informasi menarik lainnya yang berkaitan dengan black box pesawat.

  • Data bersifat rahasia, informasi yang ada di dalam black box bersifat rahasia artinya tidak semua orang bisa mengaksesnya. Data yang ada di dalamnya tetap dipublikasikan garis besarnya, bukan rincian detail
  • Sejarah, black box pertama kali ditemukan oleh laki-laki asal Australia bernama David Warren pada tahun 1953
  • Warna, meskipun namanya black box bukan berarti ini kotak berwarna hitam, warna benda ini dibuat oranye agar mudah dicari dan ditemukan
  • Berat, black box lebih kurang dibuat dengan berat 4.5 kg – 5 kg dengan ukuran Tinggi 16 cm (6,3 inci), lebar 12,7 cm (5,0 inci), untuk bagian FDR.
  • Harga, komponen khusus ini cukup mahal satu unit black box harganya berada di angka $10,000 sampai dengan $15,000

Demikian penjelasan mengenai black box pesawat, jika kalian tertarik untuk mendalami berbagai bidang seputar aviasi tidak ada salahnya untuk memilih sekolah penerbangan sebagai pilihan kampus untuk masa depan.

Persiapkan diri kalian mulai dari sekarang dengan terus belajar dan memperkuat motivasi untuk masuk ke perguruan tinggi agar bisa menggapai cita-cita suatu hari nanti.