sekolah keamanan penerbangan avsec staff

Ini Sekolah Keamanan Penerbangan yang Tersertifikasi DJPU

Sekolah keamanan penerbangan atau aviation security school dalam beberapa tahun terakhir semakin populer. Profesi yang awalnya kurang begitu banyak dikenal oleh masyarakat ini akhirnya mulai banyak muncul di berbagai media.

Buat kalian yang belum paham apa itu AVSEC, bisa simak dulu artikel sebelumnya kami sudah jelaskan definisi sampai tugas dan tanggung jawab dari profesi ini.

Oke, kami ingin fokus ke peluang agar kalian bisa menjadi AVSEC dan proses belajar seperti apa yang sebaiknya diikuti. Bagi kalian pembaca lulusan SMA/SMK sederajat dan berminat dengan pekerjaan AVSEC, pastikan untuk membaca penjelasan ini sampai selesai.

Pengertian Sekolah AVSEC dan Pengenalan Awal

Sekolah AVSEC adalah lembaga pendidikan yang bergerak di bidang kedirgantaraan. Secara khusus mempunyai program lisensi untuk melatih dan mempersiapkan pendaftar untuk menjadi seorang aviation security bandara.

Basic aviation security atau bagian dasar dari keamanan penerbangan adalah kedisiplinan, ketangkasan, ketegasan, dan kemampuan bela diri. Tujuannya untuk mengamankan dan menertibkan lingkungan bandara agar tetap kondusif bagi seluruh orang.

Tidak banyak yang tahu anggota AVSEC bisa perempuan dan laki-laki. Karena umumnya kita tahu, security atau profesi keamanan hanya diurusi oleh kaum adam saja, sepertinya hal ini tidak berlaku untuk aviation security.

Apakah Pendidikan AVSEC dan Satpam Sama?

Meskipun sama-sama mengamankan kondisi sekitar, namun AVSEC dan satpam itu berbeda. Perbedaan utama terletak dari segi program lisensi dan training yang diikuti. Rekrutmen AVSEC, kriteria, dan hal penting lainnya mengacu pada ketentuan dari ICAO (organisasi penerbangan internasional) yang disesuaikan dengan regulasi masing-masing negara.

Sekolah Keamanan Penerbangan Berlisensi? Ini Jawabannya

Di Indonesia tidak banyak sekolah penerbangan yang membuka kesempatan untuk mengikuti program lisensi AVSEC. Jadi, bagi para lulusan baru harap teliti saat memilih kampus AVSEC.

Salah satu ketentuan utama AVSEC harus mempunyai lisensi STKP (Surat Kecakapan Personil) yang telah diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9.

Cara memperoleh lisensi STKP bisa mengikuti sekolah khusus atau diklat tertentu, tidak diwajibkan untuk kuliah atau menempuh perguruan tinggi. Namun, tentu akan lebih baik jika kalian mampu menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan bidang yang relevan.

Nah, kebetulan di STTKD ada yang namanya training center. Salah satunya adalah penyediaan diklat atau program khusus sekolah keamanan penerbangan (AVSEC) yang tersertifikasi oleh Direktorat Jenderal Penerbangan Udara (DJPU).

Fasilitas program training AVSEC di STTKD:

  • Ruangan ber AC
  • Lisensi resmi
  • Mock up boeing 737-200
  • Perlengkapan pendukung

Ingin ikut program lisensi sekaligus melanjutkan ke perguruan tinggi? Bisa, di STTKD juga ada jurusan yang relevan dengan keamanan penerbangan yaitu D3 Manajemen Transportasi dan D4 Manajemen Transportasi Udara.

Syarat Kuliah dan Bergabung di Program Lisensi AVSEC

Berikut ini beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi untuk mendaftar di kampus penerbangan dan program lisensi AVSEC.

Syarat mendaftar kuliah penerbangan:

  • Lulusan SMA/SMK Sederajat
  • Tinggi badan minimal 155 cm (jurusan manajemen)
  • Melampirkan dokumen
  • Fotokopi ijazah, fotokopi hasil UN, fotokopi akta kelahiran
  • 2 lembar pas foto hitam putih 3×4

Kriteria mendaftar program lisensi AVSEC:

  • WNI
  • Diutamakan lulusan D3/D4/S1
  • Usia tidak kurang 18 tahun
  • Berbadan sehat
  • Tidak buta warna
  • Bebas narkoba
  • Tinggi badan laki-laki 170 cm dan perempuan 165 cm
  • Berat proporsional
  • Tidak bertato dan bertindik

Persyaratannya memang berbeda, untuk program lisensi memang lebih ketat karena jika sudah lulus ada peluang bisa direkrut oleh bandara. Kami hanya mencantumkan kriteria umum, untuk dokumen dan berbagai syarat khusus lainnya bisa Anda ketahui dengan mengikuti sesi pelatihannya langsung.

Jenjang Karir dan Gaji AVSEC Terbaru

Oke, kita sudah bicara soal sekolah keamanan penerbangan lengkap dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Kira-kira apa yang membuat profesi ini mulai populer dan banyak diminati, khususnya untuk para anak muda?

Tidak lain adalah soal prospek dan jenjang karirnya yang cukup menjanjikan. Mungkin kalian sebelumnya pernah mendengar info-info AVSEC di Angkasa Pura yang katanya bergaji besar.

Mengutip dari berbagai sumber gaji dari AVSEC secara umum per bulannya mulai dari Rp3.000.000 – Rp5.000.000. Tentu gaji ini belum termasuk tunjangan dan lain-lain. Ada kemungkinan kalian bisa mendapatkan gaji lebih besar tergantung performa kerja dan pengalamannya.

Itu dia informasi mengenai sekolah keamanan, semoga bisa menjadi sedikit inspirasi bagi pembaca. Apabila kalian berminat untuk mencari tahu lebih jauh seputar program AVSEC biaya pendaftaran, dan sebagainya silahkan hubungi admin STTKD.