teknik bangunan dan landasan

Definisi Teknik Bangunan dan Landasan Serta Prospeknya

Pada sebuah bandar udara ada dua bagian yang kita sebut sebagai FSD (Fasilitas Sisi Darat) dan FSU (Fasilitas Sisi Udara). Seringkali saat membicarakan soal topik penerbangan banyak yang terlalu fokus membahas soal pesawat dan profesi terkenal seperti kepramugarian. Namun, pernahkah kalian mendengar soal teknik bangunan dan landasan? Atau minimal punya sedikit gambaran seputar jurusan yang satu ini?

Tidak masalah itu terbilang cukup wajar, kami akan berusaha membantu menjelaskan sebenarnya apa itu teknik bangunan dan landasan serta bagaimana penjelasan umum mengenai jurusan ini.

Apa Itu Teknik Bangunan dan Landasan?

Teknik bangunan dan landasan adalah program studi yang di dalamnya mempelajari tentang perawatan, peraturan, dan pengoperasian fasilitas sisi darat dan juga udara yang terdapat di area bandara.

Selain itu, cakupannya juga termasuk pada kegiatan konstruksi dan perbaikan bangunan bandara. Secara sederhana teknik bangunan dan landasan menyerupai teknik sipil, hanya saja fokus utamanya mengarah ke infrastruktur di area bandar udara.

Lebih kurang area kerja seorang ahli teknik bangunan dan landasan antara lain sebagai berikut:

  • Runway
  • Taxi way
  • Apron/Hanggar
  • ATC Tower

Area di atas adalah fasilitas terbatas yang hanya bisa diakses oleh beberapa orang saja. Seorang teknik bangunan dan landasan perlu memastikan setiap fasilitas di atas telah dibangun sesuai dengan standar.

Apakah jurusan seperti ini terhitung sulit? Secara spesifik prodi ini memang bukanlah sesuatu yang disukai semua orang dalam arti lain agak sulit. Meskipun, dari segi prospek sebenarnya cukup besar.

Profesi seperti ini membutuhkan keahlian khusus, tidak mengherankan persaingan di sektor ini juga cukup ketat.

Keahlian yang Perlu Dikuasai Teknik Bangunan dan Landasan

Untuk bisa melakukan tugasnya dengan baik, seorang ahli di bidang teknik bangunan dan landasan perlu menguasai sejumlah keahlian.

teknik bangunan dan landasan runway

Berikut ini beberapa skill dan keterampilan yang diperlukan dalam prodi yang satu ini:

1. Kemampuan Desain dan Analisis Sistem

Kalian perlu menguasai skill desain terutama desain teknik dengan perhitungan yang presisi. Penggunaan software seperti autoCAD dan sejenisnya mungkin bisa menjadi modal awal.

Kemampuan memahami fisika teknik juga bisa menjadi nilai plus, mengingat ilmu tersebut berkaitan dengan desain teknik.

Selain itu, keahlian analisis dan pengamatan terhadap suatu objek atau situasi juga diperlukan. Teknik bangunan dan landasan harus dilakukan dengan rancangan yang terstruktur tidak bisa mengandalkan asumsi belaka.

Karena itulah, sebagian besar mahasiswa atau pelajar di prodi ini mempunyai pola pikir rasional dan logis.

2. Memahami Standar Fasilitas Bandara

Landasan pacu (runway) haruslah dibangun sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh organisasi penerbangan internasional. Begitu pula dengan struktural hanggar dan apron.

Oleh karena itu, ahli teknik bangunan dan landasan diharuskan untuk memahami standar fasilitas bandara yang sudah menjadi pekerjaannya.

Pengetahuan dan pemahaman seperti ini tercantum dalam CASR 139. Standar tersebut menjadi acuan dalam membuat standar operasi dan teknis aerodrome (bandara).

3.Kemampuan Matematika Teknik dan Fisika Terapan

Maaf, prodi teknik bangunan dan landasan sepertinya kurang cocok untuk kalian yang tidak suka dengan matematika dan fisika.

Karena, menurut pencapaian kompetensi mereka yang memilih jurusan ini diharuskan mempunyai kemampuan matematika dan fisika terapan.

Tentunya tidak hanya menguasai persoalan dasar saja, tetapi juga tingkat lanjutan.

Kemampuan untuk memahami kalkulasi dan hitung-hitungan kompleks, sangat dibutuhkan dalam proses perancangan fasilitas aerodrome seperti runway, apron, dan sebagainya.

4. Kemampuan Manajemen Risiko

Terakhir, keahlian lainnya yang perlu dimiliki oleh seorang ahli teknik bangunan dan landasan adalah menguasai manajemen risiko. Melakukan tindakan preventif, memastikan persiapan sudah sesuai dengan kriteria, dan lain sebagainya. Bagaimana menurut kalian, apakah bidang ini cukup kompleks untuk dikuasai?

Profesi dan Prospek Kerja Teknik Bangunan dan Landasan

Sekarang mari kita lihat mengenai prospek kerja di masa mendatang, kira-kira jurusan ini bisa mendaftar di profesi apa saja.

  1. Pertama, ada teknisi bandar udara yang bertanggung jawab untuk meningkatkan dan memelihara kinerja mutu konstruksi bangunan area bandara seperti landasan pacu, tempat parkir pesawat, dan sebagainya
  2. Supervisor bangunan dan sisi udara, bertugas untuk memantau dan melakukan evaluasi serta pekerjaan serta pemeliharaan bangunan serta fasilitas bandara
  3. Konsultan bangunan dan fasilitas udara, bertugas merencanakan serta merancang bangunan dan fasilitas infrastruktur bandar udara.

Oke, itu dia sejumlah penjelasan mengenai teknik bangunan dan landasan. Perlu kalian ketahui tidak hanya persoalan teknik bangunannya saja, melainkan pengelolaan area darat di bandara juga ada profesi khususnya.

Misalnya ground handling, mereka bertugas untuk mempersiapkan segala keperluan pesawat selama berada di darat. Cakupan area kerjanya ada di sekitar runway, hanggar/apron.

Tertarik untuk menjadi bagian dari staff ground handling? Daftarkan diri kamu di STTKD, persiapkan masa depan mulai dari sekarang.