bahasa inggris penerbangan

Apakah Menjadi Pramugari, AVSEC, Penerbangan Wajib Bisa Bahasa Inggris?

Apakah staff penerbangan wajib bisa bahasa inggris? Jawaban singkat untuk pertanyaan ini adalah Iya. Namun, tentu saja kalian tidak akan puas sebelum mencari tahu alasan di baliknya.

Seperti yang kita ketahui Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional sekaligus bahasa tertua di dunia yang berasal dari Britania Raya yang ditemukan lebih kurang pada abad ke-8.

Tenang, kami tidak akan menjelaskan panjang lebar soal sejarah bahasa orang bule. Namun perlu kami ingatkan kembali, hampir semua profesi yang berkaitan dengan kebandarudaraan baik itu pramugari, pilot, ground handling, AVSEC, ATC, bahkan mekanik pesawat.

Tidak hanya pasif, melainkan juga kemampuan secara aktif dapat berkomunikasi dengan efektif tanpa menimbulkan kesalahpahaman. Mengapa harus bisa bahasa inggris? Berikut penjelasan versi panjangnya.

Alasan Kenapa Bahasa Inggris Wajib untuk Pramugari, AVSEC, dan Staff Penerbangan

Bahasa inggris diperlukan sebagai satu-satunya cara efektif untuk berkomunikasi dengan orang luar negeri. Alih-alih mempelajari puluhan bahasa internasional, cukup dengan menguasai bahasa inggris saja bisa membuat kalian dapat berkomunikasi dengan penumpang dari luar negeri, pilot maskapai luar negeri, dan lain-lain. Jika kita perdalam lagi pembahasan ini, berikut detailnya:

Bahasa Inggris Sebagai Metode Komunikasi Efektif

Bandara internasional melayani penerbangan komersial setiap harinya, di antara jutaan penumpang tersebut ada orang luar negeri yang tidak bisa berbahasa indonesia, namun kebanyakan dari mereka bisa bahasa inggris.

Untuk membantu mereka melalui segala prosedur di area bandar udara, maka komunikasi dengan bahasa inggris sangatlah penting.

Meskipun orang tersebut berasal dari Prancis, Brazil, Jerman, Jepang, atau negara lainnya minimal mereka mengerti bahasa inggris karena ini bahasa internasional yang paling banyak digunakan.

Dengan demikian staff penerbangan dan penumpang bisa memahami satu sama lain, sehingga tidak terjadi kebingungan masalah bisa terselesaikan.

Apakah kalian bisa memahaminya sejauh ini? Kita pakai contoh saja, misal ada bule A kebingungan kenapa barang yang mereka bawa disita padahal di negaranya produk itu tidak dilarang.

Pihak AVSEC dan petugas pengecekan barang bawaan wajib menjelaskan dengan jelas kenapa barang tersebut disita, kemungkinan besar karena melanggar aturan regional dangerous goods di Indonesia. Setelah dicek ternyata barang tersebut adalah drugs jenis psikotropika.

Kembali ke pembahasan utama, jika AVSEC atau petugas pengecekan tersebut tidak bisa bahasa inggris apa yang akan terjadi? Tentu timbulnya adalah salah paham, karena si penumpang ini tidak tahu alasan kenapa barang yang mereka bawa disita.

english for aviation bahasa inggris penerbangan

Pentingnya Skill Bahasa Inggris Penerbangan untuk Pramugari

Selain staff bandara, kemampuan berbahasa inggris juga wajib untuk pramugari. Tujuannya tetap sama, alasan diwajibkannya bahasa inggris (english) untuk pramugari adalah agar mereka bisa berkomunikasi dengan baik dengan penumpang yang berasal dari mancanegara.

Tidak hanya itu, pada proses announcment di dalam pesawat internasional mereka juga harus menyampaikan pengumuman dalam bahasa inggris.

Contoh announcement pramugari:

“Ladies and gentlemen, I’d like to direct your attention to the monitors. The flight attendants will be showing our safety demonstration and would like the next few minutes of your full attention.”

Artinya: (“Ibu-ibu dan Bapak-bapak, saya hendak mengarahkan perhatian anda ke monitor. Para pramugari akan menampilkan demonstrasi keselamatan kami dan mengharapkan perhatian penuh anda beberapa menit ke depan.”)

Bayangkan, jika pramugari tidak bisa berbahasa inggris bagaimana ia akan menyampaikan instruksi seperti di atas? Terlebih lagi untuk hal-hal penting seperti aturan keselamatan penerbangan.

Semestinya hal ini sudah tidak perlu diperdebatkan lagi, pramugari jelas wajib bisa berbahasa inggris bahkan dalam kondisi tertentu mereka juga perlu menguasai bahasa internasional lainnya seperti mandarin.

Mempersiapkan Diri untuk Menguasai Skill Bahasa Inggris Lingkup Penerbangan

Belajar bahasa inggris sebenarnya tidak sesulit yang kalian bayangkan. Kami punya dua tips antara metode formal dan non-formal silahkan sesuaikan dengan cara yang kalian sukai

1. Cara Formal

Metode formal untuk mempelajari bahasa inggris adalah dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan pembekalan keterampilan berbahasa inggris. Mulai dari tingkatan beginner, intermediate, sampai profesional.

Kalian juga bisa mengikuti kursus atau pelatihan bahasa inggris tertentu di sekitar wilayah terdekat dari rumah. Pelatihan secara online juga banyak dimana-mana jadi tidak perlu khawatir, dalam jangka 1 tahun kalian pasti sudah bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris asalkan tekun dan giat.

2. Cara Non-Formal

Cara non-formal cenderung lebih mengasyikan dibandingkan yang pertama. Kalian bisa mempelajari bahasa inggris dengan menggunakan game misalnya flashcards. Selain itu, belajar lewat aplikasi juga memungkinkan, nonton video youtube, bahkan menonton film bisa menjadi alternatif lainnya untuk mempelajari bahasa inggris sebelum mendaftarkan diri di profesi kebandarudaraan.

Itu dia alasan detail mengapa profesi pilot, pramugari, AVSEC, ground handling, wajib bisa berbahasa inggris. Semoga informasi ini bisa menginspirasi kalian untuk mulai mempelajari skill bahasa asing, ya.

Ingin lebih terarah? Yuk daftar di sekolah penerbangan STTKD di sana kalian akan diajarkan mengenai bahasa inggris khusus alias english for aviation. Informasi pendaftaran bisa hubungi kontak yang tersedia, sampai jumpa lagi.