jurusan kuliah rpl

Apa Saja Jurusan Kuliah Program RPL?

Program kuliah jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) mempunyai jurusan terpilih. Umumnya lebih terbatas jika dibandingkan dengan kuliah biasa. Alasan kenapa jurusan kuliah RPL terkadang lebih sedikit yaitu karena penyesuaian kurikulum dan kebijakan dari kampus. Namun, sebenarnya kalian tidak perlu mengkhawatirkan soal hal ini.

Karena jurusan yang terpilih adalah yang terbaik karena sudah melalui banyak pertimbangkan dari internal kampus.

Nah, karena masing-masing kampus punya kebijakan yang berbeda maka jurusan yang tersedia di jalur RPL tidak selalunya sama.

Kuliah Jalur RPL di Kampus Penerbangan, Ada 2 Jurusan Utama

Di sekolah penerbangan seperti STTKD saat ini ada dua jurusan yang terbuka untuk jalur RPL, yaitu D4 Manajemen Transportasi Udara dan S1 Teknik Dirgantara.

jurusan kuliah rpl dan info pendaftaran

Dua pilihan terbaik bagi kalian yang sudah bekerja di bandara ingin meningkatkan kualifikasi atau memenuhi syarat naik jabatan, maka menempuh pendidikan tinggi dengan jurusan yang relevan adalah salah satu langkah yang penting.

1. D4 Manajemen Transportasi Udara

D4 MTU adalah jurusan sarjana terapan yang bisa dipilih secara umum bagi kalian yang sudah bekerja di bandara atau ada rencana untuk mendalami karir di bidang tersebut.

Secara umum jurusan RPL D4 Manajemen Transportasi Udara ini cocok untuk profesi:

  • Staff bandara
  • Admin ticketing dan reservation
  • Pramugari
  • Petugas ground handling
  • AVSEC

Hampir semua profesi non-teknik bisa memilih Manajemen Transportasi Udara sebagai salah satu jurusan yang tepat. Selain itu, bagi kalian yang sudah bekerja tapi di luar profesi bandar udara juga bisa mempelajarinya dari nol.

Siapa tahu dari pegawai kantoran ada minat alih profesi ke pramugari yang lebih seru karena bisa keliling dunia?

Sebagai catatan, pertimbangkan dengan baik keputusan ini jika memang ada rencana alih profesi. Pastikan keinginan tersebut datang dari hati, bukan karena keterpaksaan apalagi karena ikut-ikutan rekan yang lain.

2. S1 Teknik Dirgantara

Kemudian, jurusan RPL yang kedua adalah Teknik Dirgantara yang erat kaitannya dengan persoalan teknis. Program studi ini secara spesifik dikhususkan untuk kalian yang sudah bekerja di bandara atau industri maintenance dan overhaul. Di bidang pengecekan, perbaikan, dan maintenance pesawat.

Profesi yang relevan untuk jurusan ini antara lain:

  • Mekanik pesawat/tukang service pesawat
  • Karyawan di industri dirgantara
  • Tim teknik perakitan dan pembuatan UAV (Unmanned Aerial Vehicle)

Adapun bagi kalian yang berprofesi di luar kedirgantaraan, juga masih memungkinkan untuk belajar dari awal mengenai dasar-dasar teknik dirgantara sampai memahami persoalan teknisnya.

Hanya saja dibutuhkan kemauan dan usaha yang konsisten, mengingat ilmu ini cukup kompleks. Jangan khawatir, asal serius kalian pasti bisa melakukannya.

Baca juga: Ini Lho Manfaat dan Kelebihan Kuliah Jalur RPL

Apa Perbedaan Kuliah Biasa dan Jalur RPL?

Pertanyaan bagus, perbedaan kuliah biasa dan RPL memang cukup jauh. Namun, dengan memilih jalur RPL bukan berarti kalian mendapatkan kualitas pendidikan yang berbeda. Berikut, ini perbedaan yang lebih spesifik antara kuliah biasa dan jalur RPL.

1. Sistem SKS-nya

Di perkuliahan biasa, sistem SKS berjalan dengan normal sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mahasiswa/taruna perlu mengikuti mata pelajaran yang sesuai dengan yang dipersyaratkan secara penuh.

Namun, pada jalur RPL kalian bisa memenuhi persyaratan SKS dengan menggunakan pengalaman kerja. Inilah yang kita sebut sebagai transfer SKS, sehingga tidak perlu heran jika mahasiswa/taruna jalur RPL memang bisa lulus lebih cepat.

2. Sistem Pembelajarannya

Perkuliahan biasa umumnya dilakukan secara luring alias offline datang langsung ke kampus dan belajar di sana sesuai dengan ketentuan yang ada.

Namun untuk jalur RPL di beberapa kampus ada yang menerapkan sistem full daring atau online, sehingga para mahasiswa/taruna bisa tetap kuliah sambil bekerja dengan sedikit mengatur waktu. Secara umum jalur RPL memang lebih fleksibel secara waktu dan sistem pembelajaran.

3. Biaya Kuliah

Ini bagian yang terpenting, biaya perkuliahan RPL memang cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan kuliah biasa. Terutama di bagian biaya heregistrasi.

Meskipun demikian, kebijakan setiap kampus mungkin berbeda, jadi sebelum Anda mendaftar ada baiknya untuk mencari informasi secara lengkap melalui admin pendaftarannya langsung.

4. Sistem Pendaftaran

Perbedaan lainnya terletak di bagian sistem pendaftaran atau seleksi masuk. Untuk perkuliahan umum biasanya di bagi menjadi beberapa gelombang ada yang bebas tes dan tes mandiri.

Kemudian, untuk kuliah jalur RPL biasanya dilakukan pengetesan dengan sistem asesmen/rekognisi. Proses ini dilakukan guna menilai kualifikasi dan keahlian yang sudah Anda miliki.

Demikian penjelasan mengenai jurusan program studi RPL dan beberapa informasi yang diharapkan bisa bermanfaat bagi pembaca. Apabila kalian punya pertanyaan lainnya mengenai kuliah jalur RPL bisa langsung menghubungi admin pendaftaran STTKD.

Sukses selalu untuk karir yang sedang kalian jalani, tetap semangat untuk menempuh pendidikan tinggi untuk tingkatkan kualifikasi dan kompetensi!