kuliah jalur rpl

Ini Lho Manfaat dan Kelebihan Kuliah Jalur RPL, Sudah Tahu?

Di pembahasan sebelumnya kita pernah membahas mengenai kuliah jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau). Singkatnya, ini adalah jalur kuliah yang memungkinkan pengalaman kerja sebagai ganti dari pemenuhan SKS.

Dengan demikian, mereka bisa lulus lebih cepat asal telah memiliki kualifikasi dan pengalaman kerja yang dibuktikan secara valid melalui sertifikasi, maupun asesmen lainnya.

Kalian bisa mencari tahu lebih lengkap mengenai program RPL dengan membaca artikel kami yang sebelumnya. Pada kesempatan kali ini, admin ingin fokus membahas apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan mengambil kuliah jalur RPL.

Karena sepertinya masih banyak yang ragu dengan program Rekognisi Pembelajaran Lampau. Tidak mengherankan, regulasi program ini memang baru diterbitkan sekitar tahun 2021.

Namun, bukan berarti program ini hanyalah pelengkap sistem pendidikan saja. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh calon mahasiswa dengan mendaftar jalur masuk RPL.

Kelebihan Jalur Kuliah RPL, Masih Banyak yang Belum Tahu!

Kelebihan program kuliah RPL dalam ini bisa kita lihat dari berbagai sisi baik dari segi efektivitas belajar, penghematan biaya kuliah, dan fleksibilitas kuliah. Berikut penjelasan lebih lengkap dari masing-masing poinnya.

1. Lulus Lebih Cepat

Asli tidak bohong, kalian memang bisa lulus lebih cepat jika mengambil program RPL. Normalnya mahasiswa perlu menyelesaikan setidaknya 7-8 semester untuk bisa menyelesaikan S1 atau D4.

Namun, karena ada penyetaraan. Mereka yang baru masuk RPL jika memang sudah punya pengalaman kerja nyata selama 3-4 tahun bisa menyelesaikan perkuliahan 2 semester sampai 4 semester saja.

Bisa dihitung sendiri berapa tahun waktu yang bisa dipangkas karena rekognisi pengalaman kerja dan dedikasi kalian. Hal ini mungkin menimbulkan pertanyaan baru bagi beberapa orang, apakah hal semacam ini bisa dinilai adil?

Untuk menjawabnya maka mari berlogika, mereka yang sudah punya pengalaman kerja secara teknis berarti sudah memahami ilmu-ilmu dasar. Contoh saja seseorang yang bekerja sebagai admin ticketing dan reservation pasti memahami dasar-dasar ticketing dan pengoperasian komputer.

Agaknya cukup membuang waktu jika mereka harus menerima materi dasar dari nol, sedangkan dari segi praktik saja mereka sudah mahir melakukannya. Karena alasan inilah mahasiswa jalur RPL bisa lulus lebih cepat.

2. Biaya Perkuliahan Terjangkau

Waktu kuliah yang lebih singkat sudah pasti berpengaruh juga terhadap besaran biaya yang perlu dibayarkan per semesternya. Karena sebab inilah Rekognisi Pembelajaran Lampau hanya tersedia untuk jurusan tertentu saja. Sangat kecil kemungkinan ada jenjang D1 atau D3 yang membuka jalur RPL, rata-rata jenjang perkuliahannya adalah S1 atau D4.

Sebagai contoh di STTKD biaya kuliah program RPL untuk jurusan S1 Teknik Dirgantara rinciannya sebagai berikut:

  • Biaya pendaftaran: Rp250.000
  • SPP Tetap Per Semester: Rp2.500.000
  • Heregistrasi (uang gedung): Rp5.000.000
  • SPP Variabel: Rp300.000/SKS

Biaya di atas belum termasuk T.A dan Wisuda. Nominalnya cukup terjangkau, kalian hanya perlu menyiapkan tabungan selama bekerja agar bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi idaman.

3. Mengungkinkan Kuliah Daring

Kuliah dengan program RPL juga bisa dilakukan secara daring. Ini sangat memudahkan, membuat jadwal perkuliahan lebih fleksibel tidak terikat. Sebagai catatan, tidak semua universitas menerapkan sistem yang sama, jadi sebisa mungkin sebelum mendaftar dapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang berlaku di kampus tersebut.

Sudah Kerja Kenapa Harus Kuliah Lagi?

Pertanyaan yang menarik, alasan kenapa kalian yang sudah bekerja disarankan untuk berkuliah kembali adalah untuk mencapai posisi jabatan yang lebih tinggi serta meningkatkan kompetensi dan kualifikasi sebagai tenaga profesional.

Skill dan keahlian memang penting, namun tanpa diimbangi dengan pendidikan yang setara maka akan sulit bagi kalian untuk mengembangkan sayap lebih jauh lagi di dunia perindustrian terlebih lagi untuk pekerjaan rumit dalam lingkup bandar udara seperti Air Traffic Controller, Flight Operation Officer, dan lain sebagainya.

Apabila usia masih memungkinkan, semangat belajar juga belum padam maka sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti status pendidikan terakhir dari yang tadinya SMA/SMK sederajat menjadi sarjana atau diploma.

Dengan demikian, kedepannya kalian akan lebih mudah untuk berkarir di profesi dengan kualifikasi tinggi.

Tidak lupa, ini juga secara tidak langsung akan mempengaruhi pendapatan kalian. Jadi, tidak masalah melanjutkan studi di perguruan tinggi meskipun sudah bekerja.

Kesempatan Kuliah Jalur RPL di STTKD

Sekolah penerbangan di Jogja STTKD membuka jalur perkuliahan RPL mulai tahun ini. Kalian pasti bisa meraih gelar sarjana, jadikan pengalaman kerja sebagai nilai lebih untuk menyederhanakan SKS yang perlu diselesaikan. Untuk informasi pendaftaran silahkan hubungi admin melalui nomor kontak di bawah.

  • Admin 1 (Latifah): 08982098890
  • Admin 2 (Budiman): 08113339238

Sekian dan terima kasih sudah membaca, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Tidak ada waktu terlambat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, percaya pada diri sendiri kalian pasti bisa melakukannya.