bengkel pesawat

Apa Itu Bengkel Pesawat? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Sebagai salah satu alat transportasi, pesawat terbang juga membutuhkan yang namanya service dan perbaikan. Namun, pesawat tidak bisa dibongkar sembarangan hanya bengkel pesawat yang sudah terstandar saja yang bisa melakukan operasi seperti ini.

Bagi kalian yang berminat menjadi mekanik pesawat, kalian wajib paham dulu dengan area kerja.

Kami akan jelaskan lebih lanjut pengertian dan bengkel pesawat lengkap dengan bagian apa saja yang dikerjakan oleh mekanik. Langsung di scroll ke bawah, rangkumannya sudah kami siapkan khusus untuk Anda.

Apa Itu Bengkel Pesawat?

Bengkel pesawat atau dalam bahasa inggris disebut sebagai maintenance base adalah tempat khusus untuk melakukan kegiatan perawatan, perbaikan,dan pemeriksaan pesawat terbang.

Secara teknis tempat ini sangat penting untuk memastikan setiap pesawat baik itu komersial maupun non-komersial bisa mengudara dengan lancar tanpa ada kendala.

bengkel pesawat indonesia

Kegiatan MRO (Maintenance, Repair, dan Overhaul) dilakukan oleh tenaga teknik mekanikal bandara yang sudah mendapatkan izin dan berpengalaman di bidangnya.

Setiap negara mempunyai regulasi dan kebijakan tertentu untuk mengatur standar kelayakan bengkel dan prosedur maintenance. Di Indonesia aturan tersebut tercantum di dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Lalu, apa saja jenis pesawat yang di service di dalam bengkel?

Tentu saja bervariasi seperti wide body aircraft atau pesawat berbadan lebar seperti airbus 330. Kemudian, narrow body aircraft  tipe pesawat berbadan kecil hingga sedang seperti boeing 737.

Bagian yang cukup menarik adalah jumlah mekanik dan teknisi yang bekerja di area bengkel, dalam satu bengkel bisa terdiri dari 1.000 – 2.000 mekanik dan teknisi pesawat.

Seberapa Penting Bengkel Pesawat dan Fungsi-Fungsinya

Jika menimbang penting atau tidaknya bengkel pesawat maka jawabannya sudah pasti sangat penting.

Nyaris mustahil pesawat bisa beroperasi dengan baik tanpa melalui proses maintenance dan overhaul bersama para mekanik dan teknisi di area bengkel.

 

Tidak ada fitur yang sepele dalam pesawat terbang bahkan pintu yang macet sekalipun harus segera diperbaiki.

Apalagi bagian teknis seperti fitur GPS, sebagainya harus dipastikan berfungsi normal tanpa kendala sebelum mengudara. Bukan tanpa alasan, terkadang hal sepele bisa mengancam keselamatan ratusan orang.

Lebih lanjut, berikut ini beberapa fungsi utama bengkel pesawat:

  • Tempat untuk melakukan perawatan pesawat bagian teknis, fitur-fitur teknologi, dan sebagainya
  • Tempat untuk melakukan perbaikan kecil hingga berat pembongkaran mesin, fitur teknologi, maupun badan pesawat itu sendiri
  • Tempat untuk memeriksa, inspeksi pesawat, pendataan

Sistem Bongkar Pesawat di Dalam Bengkel

Dalam teknis pembongkaran pesawat, aktivitas maintenance menurut waktu dikelompokkan menjadi dua.

Pertama, scheduled maintenance yang berarti perawatan rutin yang dilakukan secara terjadwal. Interval service sudah ditetapkan dan harus diulang pada waktu yang sama.

Kedua, adalah non-scheduled maintenance yang dilakukan berdasarkan temuan atau sesuatu yang sudah terjadi saat pengoperasian pesawat. Sebagai contoh, pilot melaporkan bahwa roda bawah pesawat agak macet atau sistem GPS mengalami error pada waktu-waktu tertentu.

Setelah mengetahui laporan tersebut maka tim mekanik dan teknisi akan langsung melakukan pengecekan dan memperbaikinya dengan segera.

Secara umum setidaknya dalam satu hari, pesawat perlu dicek dua kali. Pertama yaitu before departure check (BDC) yaitu sebelum pesawat lepas landas dan transit check saat pesawat singgah di suatu bandara.

Bengkel Pesawat yang Cukup Terkenal di Indonesia

Di Indonesia ada beberapa bengkel pesawat yang cukup terkenal beberapa di antaranya yaitu:

Merpati Maintenance Facility (MMF)

Perusahaan Merpati Maintenance Facility mempunyai lokasi bengkel pesawat di Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya. Didirikan pada 6 September 1991 , bengkel pesawat MMF menjadi salah satu penyedia layanan maintenance tertua di Indonesia.

Dalam menjalankan operasional yang ada, MMF telah mematuhi standar CASR 141 (Civil Aviation Safety Regulation). Beberapa penyediaan layanan service yang disediakan oleh bengkel MMF antara lain seperti: HF installation termasuk desain engineering, perbaikan, D-check,dan masih banyak lagi.

Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF)

Adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia, GMF mempunyai bengkel pesawat dengan fasilitas yang cukup lengkap di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Maintenance base GMF mampu menyediakan jasa engineering, perawatan pesawat terbag, kalibrasi, pembongkaran, dan lain-lain

GMF sudah berdiri sejak 26 April 2002, lebih kurang sudah 20 tahun menyediakan kebutuhan maintenance dan perawatan pesawat komersial maupun non-komersial.

Demikian penjelasan mengenai bengkel pesawat terbang dan beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui mengenai fasilitas ini.

Apabila kalian berminat untuk kerja di bengkel pesawat menjadi seorang teknisi atau mekanik MRO, mulailah dengan mempelajari skillnya terlebih dahulu.

Sekolah penerbangan STTKD kembali membuka gelombang pendaftaran, yuk daftar dan pilih jurusan teknik penerbangan, rekayasa mesin, atau elektro penerbangan. Persiapkan diri kalian untuk menjadi tenaga mekanik profesional di kemudian hari dengan menempuh pendidikan tinggi.