prodi manajemen transportasi

Kuliah Manajemen Transportasi Ini Materi yang Nantinya Kalian Pelajari

Dalam memilih jurusan, tidak sedikit dari siswa yang memilih untuk memilih jurusan aman. Hal ini berarti minim hitung-hitungan dan tidak terlalu butuh skill teknis misalnya menggambar. Salah satu jurusan yang dianggap ideal untuk dipilih adalah Manajemen Transportasi.

Program studi ini secara meluas ada di hampir setiap kampus. Namun, masing-masing kampus punya konsentrasi yang berbeda. Ada yang lebih berfokus ke bagian manajemen transportasi udara, laut, darat, maupun logistik.

Untuk jenjang D3 yang sebanyak 6 semester, konsentrasi jurusan sudah harus ditentukan sejak masuk ke semester 3. Jadi di awal-awal materi yang kalian pelajari tergolong umum, namun berubah seiring dengan konsentrasi prodi yang telah dipilih.

Sebagai contoh untuk universitas yang basisnya penerbangan biasanya menerapkan pilihan sebagai berikut:

  • Airport Operational
  • Airline Operational
  • Pramugari-Pramugara
  • Logistik

Anggapan yang beredar, jurusan manajemen transportasi ini adalah jurusan “Cari aman”, karena sebagian besar siswa mengira materi kuliahnya mudah dan gampang.

Namun, anggapan ini sama sekali tidak tepat. Program studi Manajemen Transportasi juga punya kesulitan dan keseruannya tersendiri dari segi materi kuliahnya.

5 Materi Kuliah Manajemen Transportasi yang Penting di Dunia Kerja

Manajemen Transportasi bisa menjadi jurusan favorit bagi sebagian orang yang menyukai sistem operasional baik itu pesawat udara, kereta api, maupun transportasi lainnya. Berikut ini sejumlah mata kuliah yang mungkin bisa menarik perhatian kalian untuk mengambil prodi ini.

kuliah manajemen transportasi

1. Manajemen Bandar Udara

Manajemen bandara dapat diartikan sebagai suatu sistem pengelolaan bandara dan maskapai penerbangan. Materi ini muncul dalam konsentrasi airport operational.

Berisi praktik dan teori, manajemen bandar udara menjadi bidang keilmuan yang cukup penting untuk dikuasai oleh siapapun yang ingin menjadi staff bandara. Cakupan manajemen bandar udara sendiri begitu luas, bisa mencakup manajemen penumpangnya, keamanan area sekitar, pelayanan pelanggan, dan sebagainya.

2. Ticketing dan Reservation

Siapa sangka ternyata materi ticketing dan reservation yang peluang kerjanya cukup banyak di Indonesia bisa dipelajari di jurusan manajemen transportasi. Keahlian dalam melakukan ticketing dan reservasi bisa membuka peluang untuk bekerja sebagai admin bandara, staff perhotelan, dan profesi lainnya yang memerlukan registrasi data.

Umumnya bagian ticketing dan reservation ini dikerjakan oleh perempuan. Namun tidak menutup kemungkinan juga pria bisa melakukannya, menyesuaikan dengan persyaratan rekrutmen. Keahlian ticketing dimulai dengan memahami dengan baik teori dasarnya, lalu mempraktikannya dengan komputer.

3. Bisnis Jasa Logistik

Tidak harus selalu bekerja di bandar udara, lulusan manajemen transportasi juga punya peluang untuk bekerja di perusahaan logistik asal menguasai keilmuan di bidang tersebut. Logistik berarti ada kaitan kuat dengan kargo, penanganan kargo berbahaya, hingga manajemen fleet.

Sangat kompleks, namun jika kita lihat dari peluang kerja bagian logistik ini menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan. Hal tersebut sejalan dengan banyaknya supply dan demand produk baik dari daerah satu ke yang lain bahkan logistik lintas negara.

4. Crew Resource Management

Manajemen transportasi bukan soal barang dan kendaraannya saja, melainkan juga termasuk kru dan petugas-petugas yang terlibat dalam operasional tersebut. Untuk persiapan, jika suatu saat kalian ditunjuk sebagai kepala crew atau dalam penerbangan disebut sebagai flight manager service, maka keahlian resource management ini sangat penting.

5. Export dan Import

Materi export dan import akan digali lebih dalam di prodi manajemen transportasi. Lebih dari sekadar teori dan menghafal istilah-istilah sulit, namun kalian juga akan mendapatkan pembekalan praktiknya.

Menjadi bagian dari tenaga ahli di bidang export dan import membuat kalian perlu mempelajari regulasi logistik internasional, hingga berbagai hal penting yang berkaitan dengan operasional tersebut.

Materi ini cukup menantang, keahlian bahasa asing seperti Bhs.Inggris menjadi kewajiban baik tertulis maupun lisan.

Berbagai Materi Lainnya dari Kuliah Manajemen Transportasi

Keseruan dari jurusan ini tidak berhenti sampai di lima materi saja. Sebenarnya masih banyak mata kuliah menarik lainnya yang tidak sempat kami jabarkan satu persatu. Beberapa di antaranya seperti:

  • Bisnis internasional
  • Ground handling
  • Aviation security
  • Civil aviation safety regulation
  • Kepabeanan
  • Manajemen transportasi barang
  • Praktik penanganan cargo
  • Multimoda and freight forwarding
  • Manajemen distribusi
  • Tourism knowledge

Terbukti sudah jurusan manajemen transportasi ternyata bukan jurusan yang bisa dianggap sepele. Ada banyak ilmu penting yang sangat bermanfaat di dunia kerja, layak untuk dipilih bagi mereka yang memang berminat mendalami bidang ini.

Apakah kalian salah satunya? Jangan minder jika manajemen transportasi adalah jurusan yang pas dengan passion dan bakatmu. Memilih jurusan bukan soal popularitasnya, tapi kesesuaiannya dengan keinginan dan kemampuan kalian.

Itu dia sedikit informasi mengenai beberapa materi kuliah manajemen transportasi dan sedikit saran yang diharapkan bisa membantu. Pendaftaran STTKD masih dibuka, cari tahu lebih lengkap mengenai biaya dan cara registrasinya dengan menghubungi admin.