akademi penerbangan indonesia

Kampus Disiplin Akademi Penerbangan Indonesia Berkualitas

Untuk bisa bekerja di sektor penerbangan, maka mulai dari lulus SMA/SMK sederajat kalian perlu mempertimbangkan untuk mengambil pendidikan tinggi di akademi penerbangan Indonesia.

Kampus seperti ini sudah terfokus, materi yang nantinya kalian pelajari akan menyesuaikan dengan prospek kerja kedepannya.

Sebagai contoh, jika kalian merasa percaya diri punya penampilan baik, keahlian komunikasi bahasa asing, maka jurusan yang relevan adalah kepramugarian.

Di dalamnya kalian akan mempelajari semua hal penting mengenai jurusan tersebut, lulus dari kampus diharapkan sudah menguasai kualifikasi yang ditargetkan. Dengan begitu bisa mulai mengikuti proses rekrutmen.

Mengapa Memilih Akademi Penerbangan di Indonesia?

Ya, kalian pasti paham di Indonesia jenjang perguruan tinggi tidaknya kampus akademi penerbangan saja. Ada juga kampus-kampus lainnya dengan jurusan dan konsentrasi yang berbeda.

akademi penerbangan indonesia

Namun, ada sedikit hal penting membuat kalian layak untuk mempertimbangkan untuk berkuliah di fakultas penerbangan baik dari sisi teknik maupun non-teknik. Berikut beberapa di antaranya.

1. Prospek Kerja yang Lebih Jelas

Terarah dan penuh rencana, jurusan pramugari kalau tidak menjadi flight attendant alias pemandu pesawat maka bisa memungkinkan juga untuk menjadi train attendant atau pemandu di kereta api. Basic-nya sama, tinggal penyesuaian saja dengan moda transportasi yang ada.

Begitu pula prodi seperti ground handling, mereka dilatih untuk bersiap menjadi staff bandara untuk mengurusi semua keperluan pesawat selama berada di darat.

Kuliah bukan untuk main-main, setelah kalian memutuskan untuk masuk ke akademi penerbangan Indonesia maka detik itu juga kalian berkomitmen untuk serius mendalaminya.

2. Kampus Disiplin

Perlu kami ingatkan kembali akademi penerbangan adalah kampus disiplin, yang berarti ada sedikit pelatihan kemiliteran dasar untuk membangun sikap tegas dan tangguh dari para taruna/taruni.

Untuk kalian yang merasa menyesal karena di SMA terlalu banyak bermalas-malasan, maka menempuh pendidikan tinggi di kampus disiplin adalah solusinya. Dasar militer yang diberikan sesuai dengan porsi siswa. Tidak terlalu ekstrim seperti akademi militer, jadi calon taruna tidak perlu merasa takut.

Agak sedikit lebih mudah jika kalian melihat langsung aktivitas para taruna-taruni di kampus, sangat disarankan untuk pantau kegiatan para taruna penerbangan baik di media sosial maupun situs ini sebelum mendaftar. Untuk menghilangkan keraguan bisa juga datang langsung ke kampusnya.

3. Banyak Praktiknya Seimbang Teorinya

Akademi penerbangan Indonesia STTKD senantiasa berupaya untuk memberikan materi kuliah yang berimbang. Antara teori dan praktik tidak berat sebelah, sehingga lulusannya juga kompeten memahami serta mampu menerapkan ilmu yang mereka pelajari secara nyata.

Di tambah lagi nanti di semester 7 ada program PKL, kalian punya kesempatan untuk bekerja di bandara! Menjadi bagian dari kru staff maskapai pesawat seperti Garuda Indonesia, Susi Air, NAM Air, saat melakukan Praktik Kerja Lapangan adalah pengalaman yang luar biasa.

Jika performa PKL kalian bagus, bukan tidak mungkin akan dipertimbangkan untuk direkrut langsung bahkan sebelum wisuda, lho.

Beberapa alumni STTKD ada yang pernah mengalaminya, tentu ini sangat membanggakan kalian bisa mengharumkan nama kampus serta membuat kedua orang tua bahagia.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftar Akademi Penerbangan Indonesia

Oke, sebelum kalian memutuskan untuk mendaftar ada beberapa sedikit poin penting yang sebaiknya jangan sampai terlewatkan. Berikut beberapa di antaranya:

Kesesuaian Jurusan

Mustahil bagi 1 orang untuk menguasai semua keahlian di bidang penerbangan. Pilihannya ada dua, antara non teknik atau teknik. Pastikan Anda sudah paham arah prospek kedepannya serta kesesuaian dengan minat.

Jangan sampai aslinya basic awal ada di bidang teknik tapi nekat memilih pramugari hanya karena ingin terlihat lebih keren. Pilihlah jurusan dengan pertimbangan yang matang, jangan asal-asalan.

Kelengkapan Persyaratannya

Lengkapi persyaratan yang kalian butuhkan, cari informasi di situs kampusnya atau bisa juga bertanya langsung ke admin. Sebagai contoh untuk, STTKD informasi persyaratan sudah lengkap ada di halaman pendaftaran STTKD.

Kurang jelas ada hal khusus yang ingin ditanyakan? Ada 3 admin profesional yang online selalu siap menjawab pertanyaan kalian. Tidak perlu malu-malu, jika ingin mendaftar nanti akan kami arahkan.

Persyaratan umum untuk Akademi Penerbangan Indonesia (STTKD):

  • Pendaftar Taruna-taruni Baru tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinga atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat
  • Pendaftar Taruna-taruni Baru adalah lulusan SMA/SMK sederajat atau program diploma
  • Tinggi Badan Minimal 155 cm
  • 2 lembar pasfoto hitam putih ukuran 3×4
  • 1 Lembar Surat keterangan sehat dari RSU / Puskesmas dengan menyertakan keterangan tinggi dan berat badan.
  • 1 lembar fotokopi Ijazah dan Hasil UN (Bisa Menyusul)*
  • Pendaftar yang masih duduk dikelas XII dengan menyampaikan 1 lembar fotokopi Raport kelas XII semester gasal.
  • 1 lembar fotokopi akta kelahiran

Memilih Antara Asrama atau Kost

Khusus untuk kalian yang lokasi rumahnya jauh dari kampus, tentu ada dua opsi yang bisa diambil. Pertama adalah tinggal di asrama yang disediakan oleh pihak kampus dengan membayar biaya tambahan.

Keunggulannya tidak perlu takut telat karena lokasi asrama ini cenderung sangat dekat dengan gedung kampus utama. Pilihan keduanya bisa cari tempat kost terdekat.

Itu dia penjelasan mengenai akademi penerbangan Indonesia, serta beberapa informasi yang berkaitan. Semoga bisa bermanfaat, sampai bertemu di kampus STTKD.