ground handling pesawat

Apa Itu Ground Handling Pesawat? Cek Dulu Sebelum Mendaftar!

Ground handling pesawat adalah aktivitas perusahaan penerbangan yang berkaitan dengan pelayanan terhadap para penumpang. Bagian tersebut meliputi penanganan bagasi, kargo, peralatan pembantu mobilitas selama berada di bandara mulai dari keperluan keberangkatan (departure) dan kedatangan (arrival).

Istilah lain dari ground handling adalah tata operasi darat ada juga yang menyebutnya ground service yang disediakan oleh perusahaan pihak ketiga untuk menangani segala keperluan penumpang.

Meskipun tidak ikut mengudara, staff ground handling mempunyai peran yang sangat penting. Tanpa adanya mereka, maka maskapai akan kewalahan untuk menangani penumpang yang jumlahnya cukup banyak.

Belum lagi setiap penumpang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Nanti akan kita bahas di bagian bawah, sebenarnya apa saja tugas ground handling pesawat?

Tugas dan Tanggung Jawab Ground Handling Pesawat

Ground handling mempunyai tugas yang sangat penting. Mulai  dari memenuhi kebutuhan penumpang untuk membantu proses check-in sampai dengan boarding. Selain itu, ada juga pekerjaan teknis untuk membersihkan pesawat dan mengisi keperluan bahan bakar.

Lingkup tugas umum ground handling:

  • Memastikan penumpang mendapatkan tiket sesuai destinasi tujuan
  • Membantu pengecekan barang bawaan
  • Mengarahkan penumpang menuju boarding gate
  • Melayani penumpang dengan ramah dan sopan
  • Menangani keperluan kargo penumpang
  • Pelayanan keberangkatan dan kehadiran selama di bandara

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai beberapa hal di atas.

1. Menangani Penumpang (Handling Passenger)

Melayani penumpang adalah salah satu tugas utama dari ground handling. Mereka dilatih untuk mempunyai etika dan sikap yang baik kepada penumpang, menyapa dengan ramah dan segera bertindak cekatan ketika penumpang membutuhkan bantuan.

Tidak hanya untuk penumpang umum saja, tetapi juga penumpang yang memerlukan perlakuan khusus contohnya tamu penting seperti pejabat tinggi, anggota pemerintahan, MPR/DPR, direktur, perdana menteri dan sebagainya.

Penumpang VIP mendapatkan pelayanan yang diprioritaskan. Memastikan semua kebutuhan handling mereka dari segi kargo, mail, dan lain-lain sudah terpenuhi.

Selain itu, staff ground handling juga bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan khusus untuk perempuan hamil (pregnant), anak-anak (child), lansia, penumpang dengan kursi roda (wheelchair pax), penyandang disabilitas dan sebagainya.

Alur penanganan penumpang di mulai dari reservasi tiket, check in counter, hingga penyiapan boarding gate.

2. Membersihkan Pesawat dan Mengisi Bahan Bakar

Selain melayani penumpang, ada juga ground handling teknis yang mengurusi bagian pengisian bahan bakar dan juga membersihkan pesawat. Bagian ini mungkin tidak berkaitan langsung dengan penumpang, tetapi pekerjaan tersebut tetaplah harus dilakukan dengan baik.

Coba saja kalian bayangkan, kalau ada pesawat yang lupa diisi bahan bakarnya bagaimana dengan nasib ratusan penumpang?

Ya, peran ground handling benar-benar dibutuhkan di sini untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi. Mereka harus disiplin melakukan tugasnya dengan baik demi kelancaran penerbangan pesawat.

3. AVSEC (Aviation Security) Keamanan Bandara

Selain mengurusi penumpang dan teknis perawatan pesawat, ada juga bagian ground handling AVSEC atau lebih mudah disebut sebagai petugas keamanan bandara.

Pernah melihat berita yang menampilkan seorang petugas mengarahkan alat pendeteksi metal pada penumpang? Ya, itu adalah salah satu tugas yang dilakukan oleh ground handling pesawat bagian AVSEC.

Perlu diketahui bahwa Aviation Security ini berpedoman pada aturan internasional, jadi tidak sembarang orang bisa menjadi petugas AVSEC. Salah satu persyaratannya adalah kepemilikan SKTP (Surat Tanda Kecakapan Personel) ini adalah bukti valid bahwa yang bersangkutan mempunyai kompetensi dan menguasai ilmu AVSEC.

Lisensi ini juga tidak bisa diperoleh dengan cara yang mudah, ada serangkaian pelatihan dan pengujian terlebih dahulu sampai akhirnya seseorang berhak memperoleh SKTP untuk menjadi bagian dari ground handling petugas keamanan bandara.

Meskipun profesi ini tidak sepopuler pramugari dan pilot, tetapi semua hal di atas membutuhkan ilmu tersendiri. Jadi, tidak mengherankan jika pada umumnya petugas ground handling harus menempuh pendidikan tinggi minimal D1 (1 tahun) untuk menguasai kemampuan di atas.

ground handling pesawat bandara

Sekolah Ground Handling Pesawat Di Jogja

Jadi bagaimana sudah paham dengan ground handling pesawat? Kalau sudah begini tinggal memutuskan saja apakah jurusan ini yang akan membuat masa depanmu semakin cerah atau ada pilihan lain.

Namun yang pasti, jika berminat dengan profesi ini maka pilihlah sekolah ground handling yang sudah terakreditasi, fasilitas lengkap, dan yang terpenting bisa dapat sertifikat utama seperti AVSEC, PDK (Pendidikan Dasar Kepemimpinan), dan sebagainya. Pastikan juga setelah lulus dari kampus bisa mempunyai kompetensi ground handling yang dibutuhkan secara nyata di dunia kerja.

Salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu coba adalah STTKD, yang menyediakan jurusan D1 Ground Handling. Para lulusannya kompeten dan siap untuk bekerja di maskapai pesawat di seluruh Indonesia.

Lakukan pendaftaran dengan cara online, kunjungi halaman ptb.sttkd.ac.id lalu isi data-datanya, atau jika bingung bisa langsung hubungi admin kami.