jenis pesawat udara

Ketahui Jenis Pesawat Terbang Menurut Fungsi dan Tipenya!

Tahukah kalian bahwa jenis pesawat itu ada banyak? Sebagai salah satu alat transportasi udara yang sangat populer, banyak yang tertarik untuk mencari tahu fakta-fakta dibalik pesawat terbang.

Tidak hanya calon taruna/taruni, melainkan topik mengenai hal ini diminati oleh berbagai kalangan umum. Pada kesempatan kali ini, admin akan berbagi sedikit informasi mengenai jenis-jenis pesawat secara lengkap menurut fungsi dan tipenya.

Mari kita cek apakah kalian bisa atau tidak membedakan masing-masing tipe pesawat yang ada. Bukan hanya soal ukuran, tetapi ada perbedaan yang sangat spesifik baik dari segi tampilan maupun fungsi dari pesawat itu sendiri. Tanpa berlama-lama lagi mari kita simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah.

Jenis-Jenis Pesawat Menyesuaikan dengan Fungsi dan Kegunaannya

Bagian yang paling mudah adalah membedakan pesawat dari fungsi dan tujuannya.

jenis pesawat komersial

Kita tahu, bahwa pesawat terbang punya tujuan yang berbeda-beda ada yang digunakan untuk tujuan pengangkutan penumpang, angkut kargo, bahkan militer. Di bawah ini beberapa jenis pesawat jika kita bedakan menurut fungsinya:

1. Pesawat Jet Pribadi

Pesawat pribadi, seperti namanya pesawat ini digunakan untuk tujuan perjalanan pribadi baik itu urusan bisnis atau mungkin liburan. Pesawat jet pribadi mempunyai kapasitas angkut terbatas.

Sesuai dengan apa yang ada di pikiran kalian, pesawat pribadi ini harganya sangat mahal. Hanya mereka yang tergolong “Sangat kaya” saja yang mampu membelinya. Beberapa contoh pesawat pribadi antara lain: Gulfstream G550, Dassault Falcon 8X, Gulfstream G200 .

2. Pesawat Training

Pesawat training adalah jenis pesawat yang dikhususkan untuk latihan atau kursus untuk tujuan tertentu, misalnya memperoleh lisensi. Bagi kalian yang sudah sering menonton kanal youtube kapten vincent pasti sudah akrab dengan jenis pesawat yang satu ini.

Ya, salah satu tipe pesawat training adalah Cessna 172 yang dimiliki oleh kapten ganteng yang cukup sering memberikan edukasi mengenai penerbangan di internet.

Pesawat training kapasitas angkutnya lebih terbatas dibandingkan jet pribadi. Maksimal orang yang bisa diangkut oleh pesawat seperti ini biasanya adalah 4 orang sudah termasuk pilot.

3. Pesawat Kargo

Penasaran dengan pesawat yang bisa mengangkut barang-barang kirimanmu ke luar negeri dan area domestik yang jauh? Mari berkenalan dengan pesawat kargo. Ini adalah jenis pesawat yang dikhususkan untuk membawa barang-barang, kapasitas angkutnya besar mencapai skala tonase.

Ya, tidak heran jika kalian baru mengetahuinya karena pesawat ini hanya ada di bandar udara internasional dan jam terbangnya sangat sibuk. Contoh pesawat kargo misalnya Airbus A300 dan ATR 42 yang dimiliki oleh perusahaan ekspedisi internasional ternama seperti FedEx.

4. Pesawat Tempur dan Militer

Selain pesawat umum, ada juga jenis pesawat super canggih yang dirancang untuk mengamankan batas wilayah dan keperluan perang. Ya, pesawat tempur adalah jenis pesawat khusus yang dibuat untuk kepentingan tersebut.

jenis pesawat militer tempur

Warna pesawat ini cenderung lebih gelap, dan dipersenjatai dengan tembakan dan rudal yang cukup membuat siapa saja kagum sekaligus merinding.

Tidak seperti jenis pesawat lainnya, pesawat tempur hanya bisa dioperasikan oleh pilot yang merupakan bagian dari tentara udara. Di Indonesia kita biasa menyebutnya TNI-AU.

Beberapa jenis pesawat tempur yang ada di Indonesia yaitu: Nakajima Ki-27 ,MiG-15, C-130-J-30 Super Hercules A-1339, Mirage 2000.

Ternyata Beda Lagi, Ini Jenis Pesawat Menurut Tipenya

Selain dapat kita bedakan menurut fungsinya, pesawat udara juga bisa kita kategorikan menurut tipe atau tampilannya.

1. Narrow Body Aircraft

Narrow body aircraft adalah jenis pesawat berbadan sempit dengan lebar kabin 3-4 meter. Normalnya pesawat ini tergolong ke dalam pesawat komersial untuk tujuan pengangkutan penumpang dari satu tempat ke tempat yang lain.

Pesawat ini mempunyai lorong tunggal, hampir seluruh negara di dunia mengoperasikan narrow body aircraft untuk penerbangan nasional maupun internasional.

Tipe pesawat ini diklaim mampu memberikan biaya operasional yang lebih efektif dan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.

Contoh pesawat berbadan sempit antara lain:

2. Wide Body Aircraft

Berkebalikan dengan narrow body, wide body aircraft adalah pesawat berbadan lebar. Ukuran kabin atau fuselage-nya bisa mencapai 5-6 meter dengan dua lorong di dalamnya.

Pesawat ini mampu menampung penumpang dalam kapasitas yang jauh lebih banyak. Disebutkan bahwa setidaknya pesawat yang satu ini mampu menampung hingga 200 hingga 600 orang dalam sekali terbang.

Contoh pesawat berbadan lebar antara lain:

  • Boeing 767 (1982-sekarang)
  • Boeing 777 (1995-sekarang)
  • Airbus A330 (1994-sekarang)
  • Airbus A330neo (2015-sekarang)

Demikian penjelasan singkat mengenai jenis-jenis pesawat menurut fungsi dan tipenya.

Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, mau belajar lebih banyak tentang pesawat, bagian-bagian pesawat, dan ilmu penting seputar penerbangan? Yuk, lakukan pendaftaran di sekolah penerbangan STTKD. Raih masa depan yang lebih baik dengan mempersiapkan semuanya sedini mungkin.

Ada jurusan teknik dirgantara, teknik elektro, rekayasa mesin, manajemen transportasi udara, pramugari, hingga ground handling, lho!