Jurusan S1 Teknik Dirgantara

Ini Jurusan S1 Teknik Dirgantara yang Dianggap Jadi Pilot!

Mendengar kata kedirgantaraan pasti membuat sebagian dari kalian berpikir bahwa jurusan ini akan membuat siapa saja yang memilih prodi tersebut pasti akan menjadi pilot. Namun, sepertinya hal tersebut keliru. Lulusan S1 Teknik Dirgantara tidak bisa menjadi pilot, karena materi yang mereka pelajari rupanya sangat berbeda.

Ya, fokusnya adalah bagian teknik-nya. Jadi, lebih tepat apabila kita mengatakan bahwa jurusan teknik dirgantara ini nantinya akan menjadi orang yang merancang, membuat konsep, dan mengembangkan teknologi yang berkaitan dengan sistem pesawat terbang termasuk unit tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle).

Nantinya kalian juga dapat melakukan analisis terhadap perawatan pesawat terbang. Untuk mengetahui bagian mana saja yang perlu dicek sebelum lepas landas supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Karena ini adalah program studi sarjana, setidaknya kalian akan mempelajari semua materi yang berkaitan dengan teknik dirgantara mulai dari bagian yang paling dasar sampai persoalan yang kompleks. Waktu yang dibutuhkan untuk menamatkan pendidikan ini yaitu sekitar 4 tahun.

Jangan langsung menganggapnya lama, karena gaji yang didapatkan oleh lulusan S1 teknik dirgantara ini nilainya cukup fantastis melebihi pramugari dan ground handling lho!

Teknik Penerbangan/Dirgantara Kerjanya Apa?

Anak muda lulusan sekarang ada beberapa yang langsung menanyakan hal ini, kami cukup salut dengan kalian karena sudah memikirkan prospek masa mendatang sebelum memilih jurusan perkuliahan.

universitas teknik dirgantara jogja

Berikut ini pekerjaan yang nantinya bisa kamu ambil setelah lulus dari akademi atau kampus teknik dirgantara.

  • Industri manufaktur
  • Industri komponen kedirgantaraan, meliputi avionika/optronika (LEN, PT. INTI ), hidrolika/landing-gear, dan sebagainya
  • Menjadi bagian dari tenaga teknis perawatan pesawat di (ACS-PT.DI, GMF-AeroAsia, , MMF, INDO-PELITA ,Koharmat-AU)
  • Tenaga teknik perawatan untuk air charter, seperti PT. GIA, PT. MNA, dll.)
  • Menjadi bagian dari jasa telekomunikasi satelit (Satelindo,Telkom, PSN)

Tidak hanya itu, untuk beberapa lembaga sektor penerbangan juga membutuhkan SDM lulusan S1 teknik kedirgantaraan seperti:

  • Lembaga penelitian (Puspiptek/BPPT, Dislitbang AU, LAPAN)
  • Lembaga pendidikan (Perguruan tinggi, AAU, Sekbang-AU, dll.)
  • Lembaga pemerintahan (Departemen Perhubungan)

Sudah tidak ragu lagi bukan?

Sebenarnya semua jurusan itu ada prospeknya sendiri-sendiri, begitu pula dengan  prodi teknik kedirgantaraan. Namun, yang jadi pertanyaannya adalah apakah kalian siap untuk menjadi lulusan yang kompeten di bidang ini, sehingga memenuhi kriteria SDM yang unggul?

Prospek gaji yang bisa kamu peroleh bisa menyentuh angka jutaan hingga milyaran rupiah asalkan mampu memenuhi kriteria yang ditentukan oleh perusahaan/lembaga instansi terkait.

Materi yang Dipelajari Selama Kuliah Teknik Dirgantara

Kita sudah bicara gaji dan prospek, sekarang saatnya untuk mewujudkannya dimulai dengan mengetahui lingkup materi apa saja yang akan kalian pelajari selama berada di universitas teknik dirgantara.

STTKD sebagai salah satu sekolah teknik penerbangan unggulan di Jogja, telah mempersiapkan kurikulum yang lengkap untuk dipelajari oleh para taruna dan taruni baru. Berikut informasi lebih lengkapnya silahkan disimak ya.

Ringkasan Materi Semester 1 – 5

Gambar teknik, fisika teknik, kimia teknik, pengantar penerbangan, termodinamika, statistika struktur, proses produksi,

kinematika dan dinamika teknik, prestasi terbang, material pesawat terbang dan manufaktur, astrodinamika, aerodinamika, konstruksi pesawat terbang.

Ringkasan Materi Semester 6 – 8

Semester 6 fokus konsentrasi UAV dan aircraft maintenance. Selain mata kuliah wajib, taruna dan taruni juga bisa memilih mata kuliah pilihan sesuai dengan minat.

Di semester 7 secara mendalam membahas mengenai teknis UAV dan sistem perawatan teknis pesawat terbang. Kemudian, untuk semester 8 mulai fokus mempersiapkan tugas akhir.

Penjelasan lebih lengkap mengenai apa saja yang akan dipelajari dengan bergabung di prodi ini silahkan kunjungi halaman kurikulum S1 teknik dirgantara.

Persyaratan Daftar S1 Teknik Dirgantara Hingga Bocoran Biayanya

Prospek sudah, materi juga lebih kurang minimal ada gambaran. Terakhir adalah mengetahui secara lebih pasti sebenarnya apa saja syarat mendaftar di jurusan teknik dirgantara ini.

banner sttkd pendaftaran baru 2023

Kalau mengacu pada ketentuan di STTKD, syarat yang kalian perlukan untuk mendaftar di prodi ini yaitu harus lulusan SMA IPA/SMK Teknik. Selain itu tidak bisa daftar karena konsentrasi keilmuannya tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Jika kalian merasa lulusan SMA IPA/SMK Teknik dan minat untuk menjadi tenaga profesional di bidang teknik kedirgantaraan di kampus STTKD Yogyakarta, pastikan mengalami tidak buta warna (dibuktikan dengan surat keterangan pengujian).

Kriteria tinggi badan minimal 155 cm, tidak ada bekas tato atau tindik. Ketentuan lainnya silahkan cek bagian pendaftaran STTKD.

Hampir lupa, untuk estimasi biaya sekolah teknik kedirgantaraan tercantum pada info berikut ya:

  •       SPP Tetap: Rp6.000.000
  •       SPP Variabel: Rp300.000/SKS

Biaya pendaftaran Rp250.000 dan biaya untuk pengembangan Rp20.000.000, segera mendaftar hari ini dan dapatkan potongan hingga Rp5.000.000 berlaku untuk semua jurusan!