Mengenal Perpustakaan Digital STTKD

Cara Menggunakan Perpustakaan Digital STTKD

Perpustakaan dalam arti tradisional adalah koleksi buku, majalah, koran, karya tulis dalam jumlah besar. Umumnya dikelola oleh kota atau institusi untuk digunakan manfaatnya oleh masyarakat.

Seiring dengan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan menyimpan akses ke film, peta, informasi internet bahkan file dalam format digital.

Perpustakaan dapat pula diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu untuk kebutuhan manusia.

STTKD memiliki perpustakaan berisikan buku, majalah, jurnal berkaitan dengan dunia dirgantara. Sebut saja hal yang berkaitan dengan transportasi udara, mesin pesawat, elektronik di pesawat, manajemen bandara dan masih banyak lagi yang dapat memuaskan rasa dahaga bagi siapapun yang ingin belajar tentang kedirgantaraan.

Untuk staf yang mengelola perpustakaan haruslah telah menempuh kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan. Pada saat kuliah, mereka calon staf mempelajari cara mengumpulkan, menganalisis, mengolah, mengelola, dan mengomunikasikan informasi dari berbagai media, seperti dokumen, buku, ataupun digital.

Ilustrasi Perpustakaan Digital

Selain perpustakaan yang telah disebutkan sebelumnya, STTKD memiliki Perpustakaan Digital. Bagi kalian yang belum mengetahui, Perpustakaan Digital dapat di akses melalui web digilib.sttkd.ac.id

Untuk masuk ke dalam web tsb diperlukan registrasi di awal untuk umum. Link tersedia di laman tsb. Isilah formulir pendaftaran secara jujur sesuai pertanyaan. Setelah lengkap dapat kita klik tombol submit/kirim. Tunggu sampai ada balasan dari staf pengelola melalui email, jadi pastikan alamat email juga diisi dengan benar.

Setelah masuk, kita dapat mencari topik sesuai kebutuhan. Umumnya file dalam format PDF. Jika komputer atau smartphone kalian belum memiliki kemampuan membaca PDF silahkan cari di Internet, berlimpah sumber program untuk membaca format PDF ini. Dijamin semua file bebas virus!

Jangan lupa logout dari sistem setelah selesai, jika kita memakai komputer umum seperti di warnet. Semangat dan semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan email ke perpustakaan[at]sttkd.ac.id (ys)

Sumber : Berbagai Sumber

Ilustrasi oleh Freepik