S1 teknik elektro aviation pesawat

Lulusan yang Paling Dibutuhkan Industri Manufaktur, S1 Teknik Elektro!

Ada yang ingin bekerja di perusahaan manufaktur pabrik dan kedirgantaraan? Sepertinya jurusan S1 teknik elektro bisa menjadi awal yang tepat. Sebagai generasi muda kalian harus punya prinsip saat memilih jurusan perkuliahan.

Jangan ikut-ikutan teman doang, ini bahaya untuk masa depan kalian. Karena kemungkinan besar antara apa yang kalian minati dan yang dipelajari itu tidak nyambung.

Akibatnya ilmu yang didapatkan sulit untuk masuk, membuat kuliah yang dillakukan nantinya malah kurang maksimal.

Kenapa kami menjelaskan ini di awal pembahasan jurusan S1 teknik elektro?

Karena prodi yang satu ini prospeknya begitu tinggi, kuasai ilmu elektro dan penerapannya. Ini akan membuat kalian banyak dicari oleh perusahaan manufaktur untuk menjadi tim teknisnya.

Tanpa perlu dijelaskan kalian bisa lihat sendiri di kota-kota industri terbesar di Indonesia seperti Jakarta, Karawang, dan Surabaya disana jumlah pabrik manufaktur mencapai ratusan.

Ditambah lagi ada beberapa kampus yang menyediakan jurusan kuliah teknik elektro spesifik mengenai aviation/kedirgantaraan seperti STTKD. Ini akan membuat masa depanmu semakin terarah, ada prospek yang jelas kedepannya.

Dengan demikian perkuliahan yang dilakukan juga pastinya lebih maksimal, asalkan sesuai dengan minat.

Sekali lagi kami ingatkan apabila kalian ingin mendaftar di fakultas S1 teknik elektro pastikan minat dulu dengan materi dan pelajarannya. Sebagai bocoran, matematika dan fisika akan menjadi teman kamu selama 8 semester.

Kira-kira jurusan ini cocok dengan minatmu atau malah sebaliknya?

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Belajar Apa?

Materi yang nantinya akan kalian pelajari itu berbeda-beda tergantung universitas teknik elektro yang dipilih. STTKD sendiri mempunyai kurikulum yang sudah dirancang dengan sedemikian rupa untuk memastikan bobot SKS antara teori dan praktik bisa berimbang.

s1 teknik elektro aviasi terbaik

Ya, namanya juga jurusan teknik pastinya harus praktik untuk memastikan kalian sudah memahami konsep dan ilmu yang sudah diajarkan di ruang kelas. Secara sekilas berikut ini sejumlah materi yang akan kalian pelajari ketika mengambil jurusan S1 teknik elektro.

Semester 1 – 4 (Teori dan Praktik Dasar Sederhana)

Fisika teknik, elektronika dasar, matematika teknik, algoritma dan pemrograman, gambar teknik, manajemen proyek, sensor dan aktuator, dasar sistem kendali, jaringan telekomunikasi, sistem avionik, probabilitas dan statistik, teknik digital, dan masih banyak lagi

Semester 5 – 8 Instrumentasi Aviasi, Sistem Telekomunikasi, dan Otomasi

Listrik pesawat, instrumntasi pesawat terbang, elektronika analog, teknologi IC, perancangan sistem digital.

Ingin tahu lebih lengkap mengenai apa saja yang akan kamu pelajari? Kunjungi halaman Kurikulum S1 Teknik Elektro. Sengaja kami tidak sebutkan semua di artikel ini, karena ada banyak sekali. Silahkan dicek sendiri melalui tautan yang kami sertakan di atas ya.

Pastinya ada banyak ilmu yang akan kalian dapatkan, karena durasi belajarnya juga cukup lama lebih kurang 4 tahun.

Kompetensi Taruna/Taruni Perguruan Tinggi Teknik Elektro

Karena materi yang akan kalian dapatkan juga sangat lengkap mulai dari dasar hingga praktikum tingkat lanjut.

Oleh karenanya, kompetensi lulusan dari prodi S1 teknik elektro juga harapannya sesuai dengan kebutuhan industri baik itu manufaktur pabrik ataupun pesawat.

Secara umum, kalian bisa memahami kompetensi ini sebagai modal awal untuk mengejar prospek profesi yang kalian sudah kalian inginkan sejak lama.

Sejumlah kompetensi lulusan kampus jurusan S1 teknik elektro antara lain sebagai berikut:

  • Mempunyai keahlian dalam merencanakan, mengembangkan, dan melakukan spesifikasi teknik pada instrumentasi aviasi
  • Memiliki keahlian dalam development, programming, dan maintenance sistem otomasi
  • Memiliki keahlian dalam mengelola kewirausahaan

Penjelasan lebih lengkap mengenai hal ini bisa dicek melalui kompetensi lulusan S1 teknik elektro. Lengkap  disebutkan ada kompetensi utama, pendukung, dan lainnya.

Syarat Daftar dan Biaya Kuliah S1 Teknik Elektro Aviasi

Untuk kalian yang minat daftar di jurusan ini ada baiknya untuk mengetahui dulu persyaratan yang harus terpenuhi. Singkatnya, jurusan ini hanya bisa diikuti oleh lulusan SMA/SMK teknik saja karena konsentasi belajarnya relevan dengan kurikulum yang nantinya akan ditempuh.

jurusan teknik elektro s1

Adapun untuk lulusan SMA IPS/sederajat tidak bisa mendaftar jurusan S1 teknik elektro. Jangan berkecil hati, skill kamu mungkin dibutuhkan di prodi yang lain coba cek jurusan D1 Pramugari, D1 Ground Handling, dan D1 Manajemen Transportasi.

Adapun untuk biaya sekolah S1 teknik elekro di STTKD secara rinci sebagai berikut

  • Biaya Pendaftaran : Rp250.000
  • Biaya Pengembangan: Rp20.000.000

Catatan penting: Kalian bisa mendapatkan potongan biaya pengembangan hingga Rp5.000.000 untuk pendaftaran sebelum tanggal 31 Mei 2023.

  • S1 Teknik Elektro SPP Tetap : Rp5.000.000,-
  • SPP Variable : Rp250.000/SKS

Untuk informasi angsuran, prosedur pembayaran, dan pendaftaran bisa langsung ditanyakan ke admin STTKD.

Kami akan membantu kalian untuk menjelaskan semua kebutuhan registrasi, jangan lupa untuk informasikan dulu ke orang tuamu sebelum mendaftar ya.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin menjadi lulusan S1 teknik elektro.