jurusan Teknik Elektro

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Teknik Elektro dan Peluang Kerjanya

Jurusan teknik elektro atau teknik listrik adalah bidang keilmuan teknik yang di dalamnya mempelajari sistem kelistrikan dan pengaplikasiannya di lingkungan industri maupun memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum.

Program studi ini mempunyai cakupan yang bisa dibilang sangat luas seperti kelistrikan dalam teknologi pembangkit, transmisi, distribusi, dan sebagainya. Selain itu, jika dikategorikan menurut penerapannya maka ada kelistrikan bangunan, listrik telekomunikasi, hingga moda transportasi seperti pesawat.

Apakah Benar Teknik Elektro Induknya Ilmu Teknik?

Secara sederhana, jawabannya iya. Teknik elektro adalah induk ilmu teknik tertua hampir segala yang berkaitan dengan teknologi pasti ada kaitannya dengan listrik.

Sebut saja komputer, teknologi yang memunculkan beragam bidang keilmuan turunan lainnya juga awalnya merupakan gabungan dari teknik elektro. Sebagian besar tenaga teknik di bidang industri juga memerlukan bantuan keahlian dari ilmu kelistrikan untuk melakukan maintenance mesin maupun pengecekan kondisi lainnya.

Bagian yang cukup menarik adalah teknik elektro ini materinya bisa membahas beberapa bidang keilmuan yang saling berkaitan seperti teknik komputer, rekayasa mesin, dan lain-lain.

Materi yang Dipelajari Jurusan Teknik Elektro

Materi yang kalian pelajari juga membahas mengenai semua yang berkaitan dengan kelistrikan. Dasarnya adalah matematika, fisika, dan kimia yang selanjutnya dikembangkan ke arah teknik.

Ketiga ilmu di atas akan menjadi lebih spesifik seperti elektronika dasar, algoritma pemrograman, gambar teknik, alat ukur, rangkaian listrik, metode numerik, bahan-bahan listrik, teknik digital, dan sebagainya

Satu lagi, secara umum tiap-tiap kampus biasanya membagi materi pendidikan teknik elektro menjadi 2, yakni arus kuat dan lemah. Arus kuat berarti ilmu tentang listrik dengan tegangan tinggi. Selain itu, arus lemah lebih mengarah kepada elektro telekomunikasi, kontrol, dan komputer.

Ingin tahu lebih lengkap mengenai hal ini? Cek pembahasan materi pendidikan teknik elektro. Kami sudah membahas beberapa mata kuliah menarik dari jurusan ini.

Kampus dengan Program Studi Teknik Elektro

Pendidikan tinggi untuk jurusan teknik elektro sampai detik ini menjadi incaran banyak anak muda. Mereka yang sudah mengerti kebutuhan industri lebih berfokus untuk memilih jurusan yang memang banyak dibutuhkan dan melatih skill di bidang tersebut.

Tentunya untuk menjadi lulusan yang berkompeten, kamu perlu memilih kampus yang berkualitas dan terakreditasi. Salah satu pilihan terbaik yang bisa kalian pertimbangkan adalah sekolah penerbangan STTKD.

Tidak hanya bidang elektronika umum, tetapi juga kalian akan dibekali dengan pengetahuan kelistrikan di bidang aviation atau pesawat terbang.

Teknik elektro

 

Magang Teknik Elektro

Karena ilmu yang dipelajari merupakan persoalan teknis, bukan teoritis mereka yang memilih jurusan teknik elektro bisa mengikuti magang atau PKL di perusahaan atau instansi tertentu.

Jurusan ini menjadi teknisi komunikasi, teknisi sonar, teknisi radar, tenaga teknik di bidang robotik dan sistem otomasi. Lebih luas lagi, dengan mengikuti berbagai program pelatihan tambahan lulusan teknik elektro juga bisa menjadi ahli kelistrikan perusahaan manufaktur, pembangkit listrik, dan sebagainya.

Khusus untuk taruna-taruni S1 teknik elektro di STTKD, kamu akan ditempatkan di bandar udara untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajari mengenai elektronika kedirgantaraan. Salah satunya menjadi staff Aircraft Maintenance Engineering (AME).

Lulusan Teknik Elektro Kerja Apa?

Berapa banyak profesi yang bisa dipilih jika menjadi lulusan teknik elektro? Berikut beberapa prospek kerja S1 Teknik Elektro.

1. Teknik Mekanikal Bandar Udara

Lulusan teknik elektro bisa menjadi mekanik pesawat. Kamu akan ditempatkan di bengkel MRO (Maintenance,Repair, dan Overhaul) untuk memelihara dan memperbaiki kerusakan teknis pada pesawat. Tentunya profesi ini peluangnya cukup besar ada banyak maskapai penerbangan bandara yang membuka peluang untuk profesi teknik mekanikal bandar udara seperti ini. Diantaranya seperti: Garuda Indonesia, Air Asia, Citilink dan lain-lain.

2. Industrial Engineering

Selain itu, kamu juga bisa berkesempatan untuk menjadi staff industrial engineering pekerja profesional yang mengurusi mesin dan sistem kerja dalam pabrik, misalnya manufaktur.

Tugas kalian adalah merancang, mengatur, dan mengaplikasikan suatu sistem kelistrikan mesin-mesin produksi. Tentunya bertanggung jawab untuk maintenance dan pengendaliannya juga.

2. Staff BUMN

Beberapa Badan Usaha Milik Negara membutuhkan rekrutmen dari lulusan teknik elektro untuk bidang-bidang tertentu seperti telekomunikasi dan teknologi. Dengan memenuhi persyaratan yang ada serta berhasil lolos dalam seleksi, kalian bisa menjadi staff BUMN dengan jenjang karir yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang.

3. Hardware Engineering

Hardware engineering atau ahli perangkat keras merupakan profesi yang mempunyai kaitan erat dengan sistem kelistrikan.

Secara teknis tugas mereka adalah melakukan konfigurasi, merancang, dan mempersiapkan kebutuhan beragam komponen hardware sesuai kebutuhan perusahaan/instansi.

Salah satu syarat wajib menjadi seorang engineer perangkat keras wajib menguasai sistem kelistrikan, sehingga dapat meminimalisir error atau kegagalan sistem.

Itu dia penjelasan mengenai jurusan teknik elektro dan prospek kerja yang bisa diharapkan pada masa mendatang, semoga bermanfaat. Jika melihat perkembangan teknologi yang ada, jurusan ini akan terus berkembang terlebih lagi dengan adanya  AI (Artificial Intelligence).

Apakah kalian berminat untuk masuk jurusan teknik elektro atau mau cari jurusan lain saja? Jangan lupa info pendaftaran STTKD masih dibuka, lakukan pendaftaran hari ini atau tanya-tanya dulu juga boleh. Informasi kontak sudah lengkap ada di website ini, ya.