manajemen kargo di angkasa pura

Apa Itu Manajemen Kargo Udara dan Penanganan Logistik?

Ingin bekerja di bandara tapi kualifikasi tidak memenuhi untuk masuk pramugari dan kurang mahir di bidang teknis untuk menjadi mekanik? Jangan menyerah, mungkin keahlian kalian ada di bagian sistem manajemen kargo. Di Indonesia ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang kargo, penyediaan layanan kargo, dan sebagainya.

Mulai dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara) hingga BUMS (Badan Usaha Milik Swasta) membuka banyak peluang rekrutmen setiap tahunnya untuk para fresh graduate.

Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai hal ini mari kita simak dulu definisi dari sistem manajemen kargo dan bagaimana caranya agar bisa menjadi tenaga profesional di bidangnya.

Mengenal Sistem Manajemen Kargo

Manajemen kargo adalah suatu prosedur  untuk mengatur pengiriman barang dalam jumlah besar melalui udara (pesawat), laut (kapal), atau darat (truk kontainer) agar bisa berjalan dengan lancar, efektif, dan sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Umumnya pengiriman kargo bertujuan untuk diperdagangkan,  untuk tujuan operasional produksi di tempat lain, dan sebagainya.

Terdengar rumit? Ya, memang manajemen kargo bukanlah hal yang sepele meskipun tidak berkaitan dengan urusan teknis.

Tetap saja, untuk bisa menjadi tenaga profesional di bidang ini maka kalian perlu bersekolah minimal D3 di bidang manajemen transportasi atau jurusan lainnya yang masih relevan dengan bidang tersebut

Salah satu sistem kargo yang membutuhkan manajemen kompleks adalah kargo udara yang umumnya menggunakan pesawat khusus sebagai moda transportasinya.

Contoh dari kegiatan manajemen kargo udara adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Angkasa Pura bagian dari BUMN yang menyediakan jasa kargo, pengelolaan logistik, dan sistem logistik terpadu.

Nah, nantinya penyedia manajemen kargo ini bisa memberikan kemudahan untuk berbagai perusahaan maupun pabrik yang memerlukan layanan seperti ini.

Tanggung jawab menjadi tenaga ahli di bidang manajemen kargo sangatlah besar, jika tidak mendalami ilmunya maka risikonya kerugian dan kegagalan manajemen bisa saja terjadi.

Dimana Sekolah Manajemen Kargo Udara yang Bagus?

Jika kalian berminat untuk menjadi bagian dari petugas manajemen kargo udara, maka salah satu sekolah yang bisa dijadikan pilihan adalah STTKD. Di kampus ini ada dua jurusan relevan yang sesuai dengan profesi tersebut, yaitu:

Khusus untuk kalian yang ingin berfokus mengejar karir bekerja di perusahan seperti Angkasa Pura, maka saran kami utamakan pilihan D4 Manajemen Transportasi Udara untuk menjadi lulusan Sarjana Terapan yang setara dengan S1.

manajemen kargo bandara

 

 

Dengan menghabiskan waktu belajar lebih kurang 4 tahun, kalian akan bisa mempelajari berbagai materi penting untuk mempersiapkan diri sebagai petugas manajemen kargo udara.

Beberapa materi penunjang yang bermanfaat di dunia kerja antara lain:

  • Customer Relationship Management (CRM)
  • Cargo Knowledge
  • Air Cargo Advanced Marketing
  • Cargo Supply Chain dan Transport
  • Cargo Security Awareness
  • Production and Packaging
  • Export and Import
  • Air Logistic Management

Masih banyak materi lainnya yang bisa kalian pelajari, ada praktik dan juga teori keduanya dipersiapkan dengan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Jadi, mudah-mudahan lulus dari STTKD kalian sudah siap untuk kerja di bidang yang sesuai dengan program studinya. Selain konsentrasi logistik dan kargo, jurusan Manajemen Transportasi Udara juga memberikan kesempatan bagi kalian untuk mempelajari dasar-dasar manajemen bandara dan penerbangan umum.

Mengapa Belajar Manajemen Air Logistik Kargo di STTKD?

Kampus yang menyediakan jurusan D4 Manajemen Transportasi Udara mungkin banyak. Namun, ada beberapa hal utama yang membuat STTKD sepertinya lebih cocok untuk menjadi kampus pilihanmu.

Mulai dari fasilitasnya yang lebih lengkap sampai dosen pembimbing yang memang sudah ahli di bidangnya.

Tersedia Fasilitas yang Memadai

Mesin X-Ray di bandara umumnya digunakan untuk mengetahui apakah ada barang bawaan penumpang yang tidak sesuai dengan regulasi penerbangan. Dalam praktiknya, mesin ini digunakan untuk mempelajari prosedur pengecekan dangerous goods atau barang berbahaya dalam operasional penerbangan.

manajemen kargo udara

Memahami fungsi dan bisa mengoperasikan mesin ini dengan baik, maka memperbesar peluang kalian untuk menjadi staff operator di bidang pengecekan barang-barang kargo.

Lab Kebandarudaraan

Selain mesin dan teknologi yang canggih, di kampus ini juga terdapat laboratorium khusus kebandarudaraan. Dengan ini, kalian bisa mempelajari seperti apa operasional pesawat terbang serta penerapannya terhadap prosedur kargo.

Tentunya masih banyak lagi berbagai kelebihan berkuliah di /, khusus untuk dua jurusan yaitu Manajemen Transportasi dan Transportasi Udara sudah mendapatkan predikat B (Baik Sekali).

Biaya pendidikannya juga relatif cukup terjangkau, dan gelombang pendaftaran masih dibuka untuk kedua jurusan tersebut dan prodi lainnya.

Yuk, persiapkan diri untuk menjemput karir yang lebih baik dengan menimba ilmu di STTKD.