Jajaki Kerjasama SMK dan Kampus Penerbangan; SMK Cakra Nusantara Bali Kunjungi STTKD

Jajaki Kerjasama SMK dan Kampus Penerbangan; SMK Cakra Nusantara Bali Kunjungi STTKD

Dalam upaya memperluas peluang pendidikan dan membuka pintu kerjasama yang saling menguntungkan, Kepala Sekolah SMK Cakra Nusantara, Ibu Ida Ayu Agung Ekastuti, SE.Ak, melakukan kunjungan ke Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD). Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari Sosialisasi Kejasama yang dilakukan STTKD secara daring dan menjadi langkah awal dalam menangkap peluang bagi sekolah dan kampus penerbangan.

Dalam semangat kolaborasi dan inovasi, kunjungan ini bertujuan untuk menjajaki potensi kerjasama antara kedua lembaga pendidikan dan mendorong peningkatan kualitas pendidikan. Selama kunjungan, Ibu Ida Ayu Agung Ekastuti, SE.Ak bertemu dengan Wakil Ketua Bidang Akademik, Bapak Erwhin Irmawan, M.Cs, dan mempresentasikan potensi dan keunggulan SMK Cakra Nusantara dalam bidang pendidikan vokasi. Beliau menyampaikan komitmen sekolah dalam mempersiapkan siswa untuk industri kedirgantaraan yang semakin berkembang.

SMK Cakra Nusantara Bali

SMK Cakra Nusantara Bali merupakan SMK Pusat Keunggulan dan Terakreditasi Cambridge Assesment International Education Dan Dari Philipina & Malaysia. Selain itu, Semua mata pelajaran di SMK Cakra Nusantara telah memenuhi persyaratan untuk bisa bekerja di era digital seperti saat ini. Sekolah telah memasukan 10 keterampilan inti yang paling dibutuhkan di abad 21. Dengan kualitas tersebut, SMK Cakra Nusantara menggagas program BMW (Bekerja, Melanjutkan dan Wirausaha) bagi para lulusannya. Untuk itu, STTKD dipandang sebagai salah satu mitra yang dapat membantu keterlaksanaan Program BMW. STTKD sebagai kampus Penerbangan mampu memfasilitasi alumni SMK Cakra Nusantara Bali dalam hal Melanjutkan Pendidikan.

Jajaki Kerjasama SMK dan Kampus Penerbangan; SMK Cakra Nusantara Bali Kunjungi STTKD

Kepala SMK Cakra Nusantara Bali Kunjungi Laboratorium STTKD

Kerjasama Fast Track

Program Fast Track yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) merupakan program yang bertujuan untuk mempercepat lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sederajat dalam menyelesaikan pendidikan tinggi. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan siswa/i  SMK Cakra Nusantara yang ingin melanjutkan pendidikan ke STTKD bisa selesai kuliah lebih cepat. Nantinya, calon mahasiswa dapat menyetarakan sertifikasi kompetensi atau keahlian yang dimiliki sejak duduk di bangku SMK sebagai kredit perkuliahan melalui mekanisme rekognisi dan konversi SKS. Selanjutnya, perkuliahan dilanjutkan di STTKD dan program magang di dunia kerja atau industri. Dengan ini, para lulusan SMK Cakra Nusantara dapat lulus lebih cepat apabila melanjutkan studi di STTKD pada Program studi yang linear dengan jurusan yang diambil saat di SMK.

Kerjasama RPL

Rekognisi Pembelajaran Lampau adalah proses di mana pengalaman belajar sebelumnya atau keterampilan yang diperoleh di luar sistem formal pendidikan diakui dan dinilai secara resmi. Dalam hal ini, STTKD mengajak SMK Cakra Nusantara Bali untuk memfasilitasi Alumni SMK Cakra Nusantara yang Sudah Bekerja, namun belum memiliki Gelar akademik. Alumni SMK Cakra Nusantara dapat memperoleh pengakuan untuk pembelajaran yang telah mereka peroleh melalui pengalaman kerja.

Prinsip di balik Rekognisi Pembelajaran Lampau adalah mengakui bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam ruang kelas atau melalui pendidikan formal. Seseorang dapat memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang relevan dengan tingkat pendidikan atau kualifikasi tertentu tanpa harus mengikuti program pendidikan formal yang sama. Oleh karena itu, RPL memberikan kesempatan untuk mengajukan bukti dan dokumentasi yang menunjukkan pembelajaran mereka yang terjadi di lingkungan Kerja.

Nantinya, bukti-bukti tersebut akan dikonversi menjadi SKS dan Alumni SMK Cakra Nusantara Bali bisa menyelesaikan studi lebih cepat. Perkuliahan Program RPL juga dilaksanakan secara daring untuk menyediakan jam perkuliahan yang lebih fleksibel dan tidak terikat tempat.

Kerjasama Seleksi Penerimaan Taruna Baru

Kerjasama penerimaan siswa baru adalah kemitraan antara STTKD dan SMK Cakra Nusantara yang berkolaborasi untuk mengatur dan melaksanakan proses penerimaan Taruna baru. Nantinya, SMK Cakra Nusantara dapat melakukan Seleksi masuk dan tes tulis untuk menjaring calon Taruna/i baru STTKD. Kerjasama penerimaan siswa baru dapat memberikan manfaat bagi siswa dalam hal fleksibilitas, aksesibilitas, dan efisiensi dalam merencanakan dan melanjutkan pendidikan mereka.

Jajaki Kerjasama SMK dan Kampus Penerbangan; SMK Cakra Nusantara Bali Kunjungi STTKD

Kepala Sekolah SMK Cakra Nusantara Bali Bersama Taruna/i STTKD

Penutup

Kunjungan ditutup dengan keliling kampus STTKD. Disini, Ibu Ida Ayu Agung Ekastuti, SE.Ak melihat langsung fasilitas dan laboratorium yang ada di STTKD.  Beliau berdiskusi dengan staf akademik STTKD tentang fasilitas dan peralatan yang tersedia serta potensi kolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kedua lembaga.

 

Selain itu, Kepala Sekolah juga menjelajahi fasilitas pendukung lainnya, termasuk perpustakaan, ruang kelas, dan ruang praktikum. Ibu Ida Ayu Agung Ekastuti, SE.Ak menyadari bahwa fasilitas yang memadai merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal bagi siswa.