kuliah teknik penerbangan dirgantara

Kuliah Teknik Penerbangan di Universitas Favorit

Selain manajemen bandara dan pelayanan pelanggan, bidang yang cukup penting dalam kedirgantaraan adalah urusan teknisnya. Pesawat yang dapat mengudara dengan baik tidak lepas dari peran seorang mekanik pesawat yang menghabiskan waktunya mengecek semua kondisi fisik dan fitur-fitur pesawat sebelum lepas landas.

Mereka yang berprofesi di bidang ini telah menguasai keahlian khusus serta setidaknya lulus dari dunia perkuliahan teknik penerbangan sesuai dengan program studi yang diambil.

Ya, tidak semua orang bisa menjadi mekanik penerbangan. Hanya mereka yang memenuhi kualifikasi saja yang dapat melakukannya. Rekrutmennya juga sangat ketat, bisa dua kali lipat lebih sulit dibandingkan pendaftaran pramugari, ground handling, dan beberapa profesi lainnya.

Seberapa Penting Sih Teknik Penerbangan?

Teknik penerbangan adalah ilmu yang sangat penting. Dengan adanya keahlian ini, pesawat bisa lepas landas dan mendarat dengan selamat. Akan lebih mudah untuk menjelaskannya dengan contoh langsung.

Pertama, saat mesin utama pesawat mengalami kendala maka pilot akan meminta co-pilot untuk mengaktifkan Auxiliary Power Unit, komponen ini berguna sebagai sumber energi cadangan bagi pesawat.

Sistem APU ini sangat penting, jika tidak disiapkan atau dicek sebelum pemberangkatan maka ini adalah persoalan yang fatal. APU bisa berfungsi sebagai supporting engine yang nantinya dapat menghidupkan ulang mesin utama.

Kedua, kita tahu bahwa pesawat umumnya mendarat dengan menggunakan roda berukuran besar di bagian bawah. Jika bagian ini macet maka, tingkat kesulitan dan risiko untuk pendaratan semakin tinggi.

Hal ini ada kaitannya dengan teknis. Sudah menjadi SOP, bahwa setiap pesawat yang akan lepas landas kondisi teknisnya harus dicek termasuk bagian yang kesannya sepele seperti mekanisme roda pesawat.

Kedua hal di atas hanyalah sebagian kecil penerapan ilmu teknik penerbangan. Penyiapan APU serta pengecekan engine pesawat hanya bisa dilakukan oleh mereka yang paham teknis-teknis elektronika, pemesinan pesawat.

Hal yang sama juga berlaku untuk pengecekan mekanisme roda pendaratan. Sangat berisiko untuk menerbangkan pesawat tanpa dilakukan pengecekan teknis dan maintenance oleh ahlinya.

Dalam dunia perkuliahan, jurusan teknik penerbangan terdiri dari:

  1. Aeronautika
  2. Teknik dirgantara
  3. Teknik elektro
  4. Rekayasa mesin

Baca lebih lengkap: 4 Jurusan Teknik Penerbangan untuk IPA/SMK Teknik

Universitas Teknik Penerbangan di Indonesia

Ilmu teknik harus dipelajari secara berimbang antara teori dan praktik. Keduanya juga membutuhkan fasilitas yang memadai selama proses pembelajarannya.

kuliah teknik penerbangan indonesia

Apakah kalian berminat untuk kuliah bidang teknik penerbangan tapi bingung cari kampus yang cocok? Coba cek dulu profil kampus STTKD. Kampus akademi penerbangan Indonesia ini sedang membuka pendaftaran taruna-taruni baru untuk keempat jurusan di atas.

Silahkan pilih program studi mana yang sesuai dengan keterampilan dan keahlian kalian, semua prodi sudah terakreditasi dilengkapi dengan fasilitas belajar yang lengkap.

Fasilitas Jurusan Kuliah Teknik Penerbangan

Berbagai fasilitas tersedia untuk membuat kegiatan belajar kalian lebih lancar tanpa kendala. Beberapa di antaranya seperti:

Tersedia beberapa unit transportasi udara untuk dipelajari bagian mesin dan komponen. Ada Boeing 737-200 pesawat komersial dengan mekanisme yang sangat kompleks.

Pesawat tipe Cessna untuk praktik teknik penerbangan yang lebih sederhana. Mempelajari cara maintenance power plant, air turbine, dan sebagainya. Ada juga helikopter untuk meningkatkan kemampuan teknis kalian dalam memahami komponen dan mekanisme terbang yang berbeda.

Fasilitas penunjang lainnya:

  • Lapangan olahraga dan kolam renang untuk melatih fisik
  • Laboratorium bahasa, meningkatkan kemampuan verbal
  • Perpustakaan, untuk menunjang referensi bacaan memperdalam pemahaman
  • Dan lain-lain

Apa Saja Kelebihan Kuliah Teknik Penerbangan?

Kenapa harus kuliah teknik penerbangan? Apa pengaruhnya terhadap masa depan kalian? Berikut ini beberapa rangkuman singkat mengenai kelebihan yang dimiliki para lulusan teknik penerbangan baik itu prodi aeronautika, teknik dirgantara, teknik elektro, maupun rekayasa mesin:

kampus kuliah teknik penerbangan

Pandai Hitung-hitungan dan Berlogika

Kalian akan dilatih untuk terbiasa dengan hitung-hitungan sistematis berkaitan dengan profesi teknik penerbangan. Keahlian ini sangatlah berharga, tidak banyak orang yang mampu menguasainya.

Ini bisa menjadi nilai tambah untuk menunjang kompetensi serta kualifikasi kalian. Selain itu, kemampuan berlogika dari lulusan teknik penerbangan ini bisa dibilang sangat baik.

Kesempatan Bekerja Lebih Luas

Keahlian kalian banyak dibutuhkan oleh industri, belajarlah dengan sungguh-sungguh dan ikuti pelatihan-pelatihan sertifikasi. Memilih kuliah teknik penerbangan membuat kalian bisa meraih kesempatan kerja lebih luas lagi. Misalnya seperti ahli mekanik pesawat, kelistrikan pesawat, junior engineer, head of engineer, dan sebagainya.

Menjadi Bagian Penting dalam Bidang Penerbangan

Kalian akan menjadi bagian penting yang menentukan keberhasilan lepas landas dan landing pesawat. Sudah sepatutnya merasa bangga, tapi kalian juga memegang tanggung jawab yang sangat besar. Ahli mekanik sangat dihargai, mempunyai pemahaman teknologi dengan cukup baik, pengembangan karir juga lebih mudah kedepannya.

Demikian penjelasan mengenai kuliah teknik penerbangan beserta rekomendasi universitasnya. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, sampai bertemu di pembahasan berikutnya.