gagal snbt ini solusinya

Gagal SNBT/Polteknaker? Jangan Putus Asa, Coba Cara Ini!

Gagal dalam seleksi UTBK SNBT dan Polteknaker bisa membuat siapa saja merasa terpukul. Keinginan untuk bisa berkuliah di PTN ternyata tidak sejalan dengan rencana yang sudah kalian persiapkan jauh-jauh hari.

SNBT sendiri merupakan salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi dengan melalui tes. Selain itu, ada juga Polteknaker yang merupakan seleksi masuk ke Politeknik Negeri.

Ketika kalian sudah mencoba salah satu atau bahkan keduanya namun tetap gagal, tentu ada rasa gelisah, bingung, sedih, bahkan sedikit kesal.

Namun, apa yang sudah terjadi biarlah terjadi. Perjalanan kalian jelas masih panjang, sudah saatnya untuk memikirkan rencana lain. Kami akan menunjukkan apa saja opsi yang bisa kalian pilih untuk mengatasi kegagalan SNBT/Polteknaker.

Gagal SNBT/Polteknaker Bukan Akhir dari Segalanya, Ini Solusi yang Bisa Dicoba

Ada beberapa jalur yang bisa kalian ambil. Jika semangat kalian masih belum padam, maka ini adalah saat-saat yang tepat untuk memikirkan arah kedepannya.

1. Memulai Rencana Gap year

Pertama adalah gap year yang berarti rencana untuk menunda kuliah selama satu tahun atau lebih untuk mendapatkan pengalaman atau mempersiapkan diri menjadi lebih baik.

Bagi kalian yang masih merasa siap untuk menghadapi tes SNBT/Polteknaker dan tidak mau berubah pilihan dengan target awal masuk PTN, maka cara ini bisa dicoba.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui bahwa gap year ini tantangannya cukup besar. Kalian harus tetap mempertahankan semangat belajar untuk waktu yang cukup lama.

Mereka yang tidak kuat biasanya akan lebih memutuskan untuk bekerja, pada akhirnya tidak ingin lagi melanjutkan kuliah. Sebelum memutuskan gap year, pastikan kalian melakukannya karena keinginan sendiri bukan karena keterpaksaan dari siapapun baik itu orang tua maupun teman.

2. Jalur Mandiri

Tidak ingin menunggu lama dengan gap year? Maka, langkah tercepatnya adalah memilih jalur mandiri dengan menyiapkan budget lebih. Jalur mandiri biasanya disediakan oleh pihak universitas, calon mahasiswa akan kembali mengikuti tes namun soal-soalnya menyesuaikan dengan ketentuan kampus. Dalam beberapa ketentuan, ada juga jalur mandiri yang menggunakan nilai rapor sebagai acuannya.

Biaya masuk antara jalur mandiri dengan tes SNBT mungkin berbeda, dan persaingannya juga cukup ketat tergantung program studi apa yang kalian pilih.

3. Bekerja

Agak sedikit lebih ekstrim tapi beberapa orang menyukainya. Alih-alih terburu-buru berkuliah dengan teman seangkatan, kalian bisa memutuskan untuk menundanya lalu mencari pekerjaan dulu.

Setelah bekerja 2-3 tahun bahkan lebih, kalian tetap bisa masuk ke perkuliahan dengan jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau). Dengan memilih jalur ini maka kalian bisa bekerja sambil kuliah.

Alternatif lainnya yaitu mengambil kelas karyawan, beberapa universitas menyediakan jalur ini untuk memungkinkan mahasiswa mengatur jam kuliah agar tidak bentrok dengan waktu kerja.

Kenapa keputusan ini bisa dikatakan ekstrim? Karena hal ini berarti kalian harus membagi dua pikiran antara kerja dan kuliah. Tidak semua orang bisa melakukannya.

Mereka yang mudah lelah, gampang stres, tidak cocok mengambil jalur ini karena tingginya beban untuk menyeimbangkan tanggung jawab kerja dan kelancaran perkuliahan.

Namun, jika kalian memang merasa mampu melakukannya kenapa tidak mencobanya saja?

4. Masuk PTS

Jika PTN memang tidak memungkinkan, maka solusinya adalah berkuliah di PTS. Perlu kalian ketahui Perguruan TinggI Swasta tidak seperti yang kalian bayangkan. Di PTS dosen-dosen pembimbingnya juga profesional dan berpengalaman.

Meskipun dibiayai oleh yayasan atau lembaga swasta, namun fasilitas pendidikan di sekolah PTS tidak kalah bagus kok dengan yang negeri. Jadi, ini saatnya untuk mengubah pandangan kalian mengenai kuliah di kampus swasta.

Lagipula kesuksesan seseorang tidak dilihat dari jenis kampusnya tapi keseriusan dari mahasiswa sendiri. Masih belum percaya PTS itu berkualitas? Coba kalian perhatikan penjelasan lebih lengkap berikut.

STTKD Membuka Pendaftaran Gelombang Baru, Bisa Masuk Tanpa Tes!

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang membuka jalur masuk bagi kalian yang gagal SNBT dan Polteknaker.

Meskipun kampus swasta, STTKD telah meluluskan banyak alumni sukses menempuh karir di bidang penerbangan, perhubungan, dan industri.

testimoni alumni sttkd avsec

Gambar di atas adalah beberapa contoh alumni STTKD yang sudah diterima kerja sebagai AVSEC, staff penerbangan, dan lain-lain.

Kamu juga masih punya kesempatan yang sama untuk bergabung dengan STTKD. Daftarkan diri secara online, khusus sampai tanggal 31 Juli 2023 kalian bisa menjadi taruna STTKD tanpa tes.

Di kampus penerbangan ini fasilitasnya sudah lengkap ada hanggar, pesawat komersial Boeing 737, Pesawat Cessna, Lab.Komputer, bengkel pesawat, dan lain-lain.

Ayo persiapkan dirimu untuk kembali berkuliah, gagal SNBT/Polteknaker adalah cerita masa lalu. Persiapkan masa depan bersama STTKD dan raih impian menjadi bagian dari staff bandara, tim maskapai penerbangan, dan profesi lainnya. Info lengkap, cek pendaftaran STTKD.