berkarir di dunia penerbangan

Siap Berkarir di Penerbangan? Ini Peluang yang Menjanjikan

Berkarir di penerbangan menjadi sesuatu yang diinginkan banyak orang. Tidak lain dan tak bukan hal ini bisa terjadi karena potensi gaji yang fantastis dengan jenjang karir yang begitu menjanjikan.

Namun, ketika bicara soal industri penerbangan semestinya kalian sudah menyadari adanya percabangan topik di sini. Apakah industri yang dimaksud aktivitas di bandara dan maskapai pesawat atau industri yang mengarah ke pabrik dan perancangan pesawat?

Jawabannya keduanya, kita akan akan menyinggung kedua topik di atas serta memahami tantangan yang mungkin kalian hadapi jika ingin berfokus ke sektor industri penerbangan di masa mendatang.

Sebagai generasi muda, sudah semestinya kita paham dengan tantangan dan risiko. Jangan hanya berpikir gaji dan kesenangannya saja, melainkan pertimbangkan juga proses dan kompleksnya persaingan agar rencana kalian lebih matang.

Peluang Berkarir di Penerbangan Bandara

Perlu kalian pahami industri operasional penerbangan itu potensi karirnya beragam. Profesi yang kalian sebut bergaji puluhan juta per bulan kemungkinan besar pilot, FOO (Flight Operation Officer), atau tenaga profesional lainnya yang membutuhkan skill khusus dan proses belajar yang luar biasa panjang.

berkarir di industri penerbangan

Bukan berarti kedua profesi ini mustahil diraih, hanya saja kalian perlu komitmen, keseriusan, dan ketekunan yang tinggi dalam belajar. Jadi, jika memang ingin mengejar profesi tersebut mulailah mempersiapkannya dari sekarang jangan tunggu nanti-nanti.

Contoh, untuk menjadi pilot maka perlu sekolah dulu, ikut tes, dapat lisensi, dan seterusnya. Untuk profesi FOO atau kepala penerbangan perlu menguasai skill manajemen yang baik, memahami ilmu operasional penerbangan, dan soft skill lainnya.

Selain itu, opsi lainnya yang bisa kalian pilih bisa jadi pramugari. Ya, banyak sekali yang minat jadi pramugari maskapai pesawat.  Pekerjaan bergengsi dengan gaji yang cukup lumayan, nilai plusnya lagi bisa jalan-jalan di atas pesawat setiap hari.

Meskipun terkesan menyenangkan, profesi pramugari juga ada tantangannya sendiri.

Kalian harus bersikap siaga, cekatan, dan tentunya mempunyai etika yang sangat baik. Hal seperti ini juga tidak instan, minimal masuk dulu di sekolah pramugari nanti akan diajarkan secara intensif di sana.

Beberapa profesi lainnya yang ada di industri penerbangan lingkup operasional maskapai yaitu ada ground handling, staff penerbangan, dan juga mekanik pesawat.

Kami hanya ingin mengingatkan setiap profesi di atas punya tantangan yang berbeda. Jadi, tidak ada jalan pintas dibutuhkan kerja keras untuk mendapatkan posisi yang pantas.

Potensi Berkarir di Penerbangan Industri Pabrik Pesawat

Selain operasional bandara, ada juga peluang untuk mengejar karir di sektor industri pabrik aerospace perancangan dan pembuatan pesawat. Profesi teknis seperti ini belum begitu banyak di Indonesia, hal ini dikarenakan jumlah perusahaan di bidang aerospace juga masih terbatas.

Inilah alasan kenapa SDM yang mempunyai kualifikasi di bidang ini banyak dibutuhkan. Di Indonesia salah satu perusahaan BUMN yang terkenal di bidang aerospace adalah PT DI (Dirgantara Indonesia).

Rekrutmen di perusahaan ini banyak dinanti-nantikan oleh para lulusan baru, khususnya mereka yang berasal dari sekolah penerbangan.

Beberapa jurusan yang cukup relevan untuk perusahaan seperti ini antara lain seperti S1 Teknik Dirgantara, Teknik Aeronautika, Rekayasa Mesin, dan Teknik Elektro.

Pabrik pesawat membutuhkan tenaga ahli di berbagai bidang seperti perancangan pesawat, operasional produksi, teknisi kelistrikan pesawat, dan sebagainya. Dengan kualifikasi dan kompetensi yang sesuai, bukan tidak mungkin kalian bisa diterima di perusahaan tersebut.

Baca juga: Ini Tingkatan dan Batasan Karir Penerbangan, Mana Pilihanmu?

Nasihat dan Saran

Setidaknya sekarang sudah sedikit lebih jelas. Industri penerbangan memang menawarkan potensi pendapatan yang besar, tetapi perjuangan untuk mencapainya juga tidak mudah.

Jika kalian berkenan, berikut ini kami sertakan nasihat dan saran barangkali bisa sedikit menjadi dorongan agar lebih semangat lagi untuk memfokuskan diri mencapai apa yang sudah kalian cita-citakan.

Pahami Keahlian dan Skill

Hampir semua skill bisa dipelajari dari nol, tapi kalian tidak bisa menguasai semuanya. Beberapa dari kita mungkin lebih cocok dengan dunia kepramugarian atau manajemen karena memang mempunyai keinginan yang kuat dan memiliki skill dasar di bagian tersebut, sehingga mudah dikembangkan.

Sementara itu, orang lain bisa saja lebih condong ke dunia teknis berkaitan dengan kelistrikan, mesin, dan sebagainya. Tidak ada yang salah dengan kedua pilihan ini, bagian yang terpenting adalah kalian bersungguh-sungguh ingin mempelajarinya.

Rencana Cadangan

Ketatnya persaingan di industri penerbangan, mungkin membuat kalian perlu memikirkan juga rencana cadangan di masa mendatang. Sebagai contoh, awalnya ingin menjadi pramugari pesawat tapi karena alasan tertentu tidak memungkinkan.

Jangan terpaku pada satu tujuan, bisa jadi kalian diterima menjadi train attendant atau pramugari kereta api. Bagian yang terpenting ilmu dan kemampuan yang selama ini kalian pelajari bisa berguna di dunia kerja. Terkadang hal yang semacam ini bisa saja terjadi, tak peduli seberapa cerdas kalian kemungkinan selalu ada.

Demikian penjelasan mengenai peluang berkarir di penerbangan. Semoga bisa sedikit memotivasi kalian untuk menggapai profesi yang diinginkan.