Teknik Aeronautika

Teknik Aeronautika Belajar Apa Saja? Ini Materinya

Teknik Aeronautika merupakan program studi sekolah teknik penerbangan yang mempunyai keterkaitan dengan perancangan serta maintenance pesawat. Seperti jurusan teknik pada umumnya Aeronautika hanya bisa dipilih oleh lulusan IPA/SMK Teknik selain itu tidak bisa karena bisa saja dari latar belakang pendidikannya berbeda.

Tidak hanya dituntut untuk menguasai materi dasar seperti fisika, kimia,dan matematika. Namun, jurusan aeronautika ternyata lebih kompleks daripada yang dibayangkan.

Hal ini sebanding dengan prospek kerja yang cukup menjanjikan dengan gaji yang cukup fantastis jika membandingkannya dengan profesi lainnya yang ada di bandara.

Lantas sebenarnya apa saja yang dipelajari para taruna di jurusan teknik aeronautika? Kami sudah merangkum beberapa materi pilihan sebagai bahan referensi sebelum kalian memilih jurusan ini.

5 Materi Teknik Aeronautika yang Terpenting di Dunia Kerja

Pada dasarnya semua materi yang diajarkan dalam perguruan tinggi penerbangan itu berguna untuk mempersiapkan kalian saat memasuki dunia kerja.

Namun, ada beberapa pelajaran yang menjadi bagian inti bahkan langsung berdiri sendiri sebagai profesi yang dapat dipilih di masa mendatang. Berikut ini beberapa materi utama yang terdapat di teknik aeronautika sekolah penerbangan.

1. Aircraft Structure and System

Aircraft structure and system dapat diartikan sebagai struktur pesawat dan sistem. Struktur di sini merupakan rangka yang menyusun bagian pesawat baik dalam maupun luarnya.

Karena lulusan Aeronautika dipersiapkan untuk bisa membongkar dan memperbaiki pesawat udara, maka penting untuk memastikan teknisi paham terlebih dahulu dengan struktur dan sistem rangka pesawat.

aircarft structure

Seperti yang kalian ketahui ukuran pesawat ini bervariasi, pesawat tipe komersial boeing dan airbus pastinya mempunyai rangka yang lebih kompleks dibandingkan dengan pesawat jet pribadi dan pesawat capung.

Sudah menjadi kewajiban seorang ahli teknik mekanikal bandar udara untuk menguasai setiap struktur pesawat yang berbeda. Tidak hanya paham namanya, tetapi juga masing-masing fungsinya juga penting untuk dipahami lebih jauh lagi.

Secara umum struktur pesawat atau komponen utama terbagi menjadi beberapa bagian:

  1. Fuselage, adalah kabin atau kokpit yang di dalamnya berisi kursi untuk penumpang dan pilot. Selain itu, bagian dari fuselage juga bisa termasuk ruang kargo serta titik penghubung antara komponen utama pesawat yang lain
  2. Wing, adalah bagian sayap yang terletak di sisi kanan dan kiri pesawat. Fungsinya untuk mengangkat pesawat udara serta menyeimbangkan pesawat selama terbang di udara.
  3. Empennage, adalah bagian ekor pesawat yang ada di belakang. Komponen ini terdiri dari rudder, elevator, trim tabs, dan horizontal vertical stabilizer
  4. Power plant, adalah mesin dan baling-baling, bagian ini menghasilkan listrik untuk semua komponen pesawat

2. Gambar Teknik dan CAD

Selanjutnya ada materi gambar teknik, seorang mekanik pesawat diharuskan bisa membaca blueprint atau rancangan serta membuatnya baik secara manual dengan pensil/bolpoin dan kertas atau digital melalui sistem CAD (Computer Aided Design).

Dibutuhkan ketelitian serta konsentrasi yang tinggi pada saat menggambar rangka struktur pesawat atau bagian-bagian komponen tertentu. Harus presisi, inilah kenapa gambar teknik akan melibatkan bidang keilmuan dasar yang disesuaikan seperti matematika dan fisika.

Pasalnya bukan asal gambar, melainkan harus sesuai misalnya titik poros atau ukuran panjang dari komponen tertentu. Beberapa software yang bisa kalian jadikan acuan untuk berlatih gambar teknik antara lain seperti: AutoCAD dan SketchUp.

3. Aircraft Material dan Hardware

Jika di nomor satu ada materi struktur rangka pesawat maka secara lebih spesifik kalian juga akan diajarkan mengenai material serta perangkat keras. Seperti bahan seperti apa yang digunakan untuk pembuatan sayap luar pesawat, material inti dalam pembuatan komponen, dan lain sebagainya.

Secara keseluruhan materi ini berisi teori dan pengenalan komponen dasar yang nantinya akan dipraktikan pada saat proses produksi.

Baca juga: 4 Jurusan Teknik Penerbangan untuk Anak IPA/SMK Teknik

4. Aircraft Powerplant

Sebagai salah satu bagian terpenting dalam sistem ada materi khusus yang membahas lengkap mengenai aircraft powerplant. Lulusan teknik Aeronautika dapat menyelesaikan kendala dan masalah teknis yang terjadi pada mesin pesawat.

Melakukan troubleshooting hingga perbaikan untuk membuat mesin tersebut dapat berfungsi dengan baik seperti sebelumnya. Masalah teknis yang dimaksud bisa berupa overheat atau panas berlebih yang terjadi karena masalah ignition timing, fuel flow, maupun air flow di bagian power plant pesawat.

Menguasai materi aircraft power plant bisa menjadi modal awal yang cukup bagus untuk mendaftar kerja sebagai teknisi aircraft maintenance dan overhaul.

5. Aircraft Tooling

Terakhir adalah materi teknik Aeronautika mengenai pengenalan terhadap alat-alat apa saja yang diperlukan dalam perbaikan dan pembongkaran pesawat. Aircraft tooling juga tidak kalah penting. Pastikan kalian mengetahui alat yang tepat untuk setiap pekerjaan service yang dilakukan.

Itu dia 5 materi penting untuk dipelajari dan sangat berguna di dunia kerja untuk jurusan teknik Aeronautika. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kalian calon pendaftar jurusan Aeronautika. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai biaya dan cara pendaftaran dengan menghubungi STTKD.