sekolah tinggi penerbangan aviasi

Sekolah Tinggi Penerbangan Aviasi Indonesia Terakreditasi

Sekolah Tinggi Penerbangan Aviasi saat ini mulai banyak diminati oleh para kaum muda. Pendidikan yang awalnya kerap kali disamakan dengan pilot ini, ternyata mempunyai pilihan jurusan yang cukup banyak.

Bahkan, sekolah aviasi atau aviation school tidak selalunya berkaitan dengan pilot. Ada beberapa profesi kebandarudaraan yang juga disarankan untuk menempuh pendidikan tinggi seperti pramugari, ground staff, manajemen bandara, hingga mekanik pesawat.

Sekolah tinggi penerbangan aviasi sendiri jumlahnya sudah cukup banyak di Indonesia. Kalian bahkan bisa menjumpai kampus dengan fasilitas yang lengkap, lingkungan kampus dirancang mempunyai area yang luas untuk memarkirkan pesawat sebagai fasilitas praktikum.

Lantas, sebenarnya apa saja jurusan di sekolah aviasi? Apakah lulusan SMA boleh mendaftar? Simak penjelasan lebih lengkap mengenai STP Sekolah Tinggi Penerbangan melalui informasi di bawah.

Apa Saja Jurusan di Sekolah Aviasi?

Masing-masing sekolah aviasi punya jurusan yang berbeda, secara umum ada setidaknya 8 jurusan yang bisa kalian pilih yaitu: D1 Pramugari, D1 Ground Handling, D3 Manajemen Transportasi , D3 Aeronautika, D4 Manajemen Transportasi Udara, S1 Teknik Elektro, S1 Rekayasa Mesin, dan S1 Teknik Dirgantara.

Setiap jurusan mempunyai konsentrasi yang berbeda, secara menyeluruh semua prodi di atas penting dan banyak dibutuhkan di dunia kerja, khususnya dalam industri penerbangan.

Tidak masalah jurusan manapun yang kalian pilih, bagian yang terpenting adalah pastikan prodi tersebut sesuai dengan minat bukan karena keterpaksaan. Karena proses belajar yang paling efektif adalah ketika kita suka dan antusias mempelajarinya.

Sekolah tinggi penerbangan aviasi sama bergengsinya dengan kampus umum. Kalian yang kurang suka dengan hitung-hitungan bisa memilih di antara empat jurusan yaitu pramugari, ground handling, dan manajemen transportasi/udara.

Namun, jika kalian merasa percaya diri dengan keahlian hitung-hitungan, fisika, kimia dan ilmu sejenis maka ada kesempatan lebih untuk mengambil jurusan teknik dirgantara, aeronautika, elektro, atau rekayasa mesin.

Apakah Pendaftaran Sekolah Aviasi Bisa untuk Semua Jurusan?

Sekolah aviasi terbuka untuk umum, hampir semua jenjang pendidikan bisa mendaftarkan diri ke sekolah aviasi. Termasuk lulusan SMA IPS, SMA IPA, bahkan MA. Tidak ada alasan untuk ragu apalagi sampai takut mau daftar ke sekolah aviasi.

Kalian tidak pernah tahu apa hasilnya jika belum mencoba. Seleksi di aviation school sendiri sebenarnya tidaklah terlalu ketat. Jangan dibandingkan dengan tes masuk ke sekolah kepolisian atau militer.

Kuncinya adalah nilai memenuhi standar, lolos tes, dan secara fisik mencukupi kriteria. Besar kemungkinan kalian akan diterima di sekolah tinggi penerbangan aviasi.

Kriteria umumnya seperti apa kak? Misalnya kalian tidak boleh bertato dan bertindik (kecuali karena alasan agama atau suku). Lalu, memenuhi tinggi badan standar minimal 155 cm, khusus pramugari perempuan 160 cm dan pria 170 cm.

Untuk informasi lebih lengkapnya bisa dicek langsung pada halaman pendaftaran ya. Lebih praktis lagi langsung tanyakan ke admin, kami akan membalas pertanyaan kalian secepatnya.

Aviation School di Indonesia, Fasilitas Lengkap Akreditasinya Bagus

Bingung mencari rekomendasi sekolah tinggi penerbangan aviasi yang berkualitas? Wah, jangan-jangan kamu belum cek STTKD. Ini adalah salah satu universitas dirgantara yang sudah berdiri cukup lama di Indonesia, lho.

Sudah banyak alumni yang sukses dan diterima kerja di berbagai bidang, khususnya penerbangan seperti kepramugarian. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang keterima kerja sebelum wisuda.

sekolah tinggi penerbangan aviasi

Keren bukan? Tentunya hal ini bisa terjadi karena keseriusan mereka dalam menguasai skill dan keahlian selama perkuliahan, mengikuti training, dan berbagai program lainnya.

Kamu juga bisa menjadi salah satu dari mereka, mulai rencanakan masa depan dengan memilih jurusan yang sesuai di STTKD. Kesulitan membuat keputusan? Boleh konsultasi dulu dengan admin atau coba baca-baca dulu informasi seputar jurusan sekolah penerbangan yang tersedia di situs resmi STTKD.

Mengapa Sebaiknya Memilih Kampus Aviasi di STTKD?

Sebenarnya sekolah aviasi di Indonesia sudah bukan hal yang baru, tapi tidak ada salahnya untuk berusaha memilih yang terbaik agar nantinya bisa mendapatkan kenyamanan dalam belajar.

Apa yang membuat STTKD sebagai salah satu aviation school yang direkomendasikan?

1. Konsentrasi Materinya Lebih Terarah

Materi perkuliahannya sudah disusun sedemikian rupa agar mempunyai konsentrasi yang lebih terarah. Bahkan untuk satu prodi saja bisa terdiri dari 4 konsentrasi berbeda, misalnya untuk manajemen transportasi ada yang berfokus di bagian logistik, airline marketing, operational, dan tourism industri.

 2. Bisa Belajar Banyak Skill Baru yang Dipakai Di Dunia Kerja

Pelajari berbagai skill dan keahlian yang bisa membantu kalian menjadi tenaga kerja profesional di bidangnya bersama STTKD. Ada banyak kesempatan mengikuti pelatihan lisensi, dan berbagai keterampilan lainnya. Siap menjadi fresh graduate berkualitas.

3. Fasilitas Belajarnya Lengkap

Fasilitas belajarnya lengkap,semua yang kalian butuhkan sudah tersedia. Ada armada pesawat komersial boeing 737-200, pesawat cessna, helikopter, perpustakaan dengan koleksi buku lengkap, kolam renang untuk praktik wet drill, dan lain sebagainya.

Segera daftarkan diri kalian di sekolah tinggi penerbangan aviasi, info biaya pendaftaran dan ketentuan lainnya bisa menanyakan langsung ke admin. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kalian semua.