poise and grace pramugari

Apa Itu Poise and Grace? Mata Kuliah Favorit Perempuan

Menjadi seorang pramugari atau profesi yang berkaitan langsung dengan service excellence, bukanlah hal yang mudah. Selain diwajibkan untuk bersikap cekatan dan sigap, ada poin penting yang tidak boleh terlupakan yaitu poise and grace.

Apakah kalian sendiri sudah pernah mendengar kedua istilah ini? Istilah poise and grace semestinya sudah tidak asing lagi di telinga perempuan yang sedang mencoba mempelajari keahlian dasar seorang pramugari transportasi maupun pramusaji restoran kelas tinggi, hotel, dan sejenisnya. Untuk memahami definisi dari poise and grace, silahkan perhatikan dulu penjelasan berikut.

Apa Itu Poise and Grace?

Poise and grace adalah keahlian dan ilmu mengenai cara beretika, bersikap dengan anggun dan sopan saat melayani para tamu. Istilah ini terdiri dari dua kata yaitu poise: sikap tenang dan grace: anggun.

Dalam mata kuliah poise and grace para taruni/mahasiswi akan diajarkan mengenai bagaimana agar bisa bersikap tenang, profesional, dan tetap anggun selama bertugas.

Cakupan kegiatan yang dilakukan dalam pelajaran ini yaitu mengenai cara berjalan dengan elegan, berbicara dengan artikulasi yang jelas, dan berpenampilan menarik.

Sepertinya tidak mengherankan jika poise and grace pasti diminati oleh para perempuan, bahkan tidak menutup kemungkinan ini salah satu matkul yang paling banyak ditunggu-tunggu.

Bagian-Bagian Inti dalam Poise and Grace

Setelah memahami pengertian dari kedua istilah ini mungkin kalian justru semakin penasaran, sebenarnya apa saja keahlian yang bisa didapatkan dengan menguasai materi ini?

poise and grace

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kalian perlu paham terlebih dahulu mengenai apa saja bagian-bagian dari poise and grace:

1. Berkomunikasi dengan Baik dan Sopan

Pertama adalah soal komunikasi alias cara berbicara.  Pramugari, pramusaji, dan profesi sejenis diharuskan untuk bertutur kata baik dan sopan. Semua jenis ucapan mengumpat, berkata kasar, dan lain-lain tidak diperbolehkan dan memang harus dijauhi.

Sudah pasti sejak awal kalian bertemu dengan dosen pembimbing poise and grace, hal ini mungkin akan disampaikan di awal. Ini menjadi salah satu alasan terkuat kenapa hanya sedikit yang konsisten mendalami profesi kepramugarian.

Kenapa demikian? Karena dibutuhkan kesabaran super ekstra agar tidak terbawa emosi. Seperti yang bisa kalian tebak, melayani banyak orang dengan banyak sifat tentunya memberikan kesulitan tersendiri. Sebisa mungkin semua ucapan yang keluar dari mulut harus benar-benar terkendali.

2. Berpenampilan Menarik

Hal yang menyenangkan bukan berarti gampang. Salah satu bagian terpenting dalam mata kuliah poise and grace adalah cara berhias dengan baik agar terlihat lebih cantik dan menarik. Ada beberapa hal yang hanya diketahui oleh pramugari, misalnya trik-trik make up khusus agar tahan lama dan penampilannya tidak berlebihan.

Penampilan memang menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Kebiasaan ini seringkali terbawa di luar profesinya, jadi jangan heran jika mereka yang berprofesi sebagai pramugari rata-rata terlihat cantik dan berbeda.

Penampilan juga tidak sebatas pada kecantikan wajah saja, namun juga termasuk kerapian berpakaian, gaya rambut, penggunan kerudung, dan lain sebagainya.

3. Bersikap

Menurut kalian apa yang membuat pramugari bisa terlihat anggun selain dari kecantikan wajah? Ya, jawabannya adalah cara mereka bersikap dan menguasai etika dalam setiap gerakan.

Poise and grace juga akan mengajarkan kalian mengenai cara bersikap sesuai dengan standar kepramugarian. Dimulai dari hal yang paling mendasar seperti etika berdiri yang harus memenuhi syarat berikut:
tidak membusungkan dada

  • pandangan lurus sejajar dengan tinggi mata
  • kepala tidak menunduk atau menengadah
  • kedua bahu terbuka, tegap, dan sejajar

Tidak berhenti sampai disitu, saat berjalan juga ada etikanya. Pertama, kaki tidak diseret, lurus dengan memperhatikan keadaan sekitar, tidak mengunyah makanan (permen karet sekalipun), tidak membusungkan dada.

Saat datang ke perjamuan resmi, pramugari juga harus menguasai table manner etika makan dan bersikap dengan sopan selama perjamuan berlangsung.

Ya, seperti itulah lebih kurang kerumitan dunia etika kepramugarian. Itu bahkan belum ada setengahnya, masih banyak lagi hal yang tidak diketahui oleh kita mengenai lengkapnya persiapan seorang pramugari.

Inilah kenapa penumpang sebaiknya bisa menghargai mereka dengan mengucapkan “Terima kasih”, hal yang sepele tapi sungguh bermakna bagi pramugari baik junior maupun yang sudah senior.

Sekolah Pramugari di STTKD Diajarkan Dasar-Dasar Kepramugariaan Sampai Mahir, Lho!

Tertarik menjadi pramugari dan ingin menguasai teknik poise and grace? Yuk, daftar ke sekolah pramugari STTKD. Di sini kalian akan diajarkan oleh tenaga profesional untuk menguasai berbagai materi kepramugarian.

Tidak hanya poise and grace, melainkan juga materi penting lainnya seperti table manner, wet drill, keselamatan penerbangan (aviation safety), dan lain sebagainya.

Pendaftaran gelombang terbaru masih dibuka, jangan sampai kalian melewatkan kesempatan emas ini ya. Info registrasi bisa langsung menghubungi admin pendaftaraan, sampai jumpa lagi.