Jurusan Kuliah IPS Sekolah Penerbangan

5 Jurusan Kuliah IPS Sekolah Penerbangan Siap Jadi Taruna Gagah Berani!

Apakah kamu lulusan SMA IPS sedang pusing dan bimbang mencari jurusan kuliah? Sepertinya informasi ini memang ditujukkan untuk kamu. Ada sejumlah rekomendasi jurusan kuliah IPS di sekolah penerbangan yang bisa kalian pilih.

Jangan minder dengan mereka yang lulusan IPA, karena semua orang pasti punya potensi tersendiri tidak perlu membanding-bandingkan dengan rekan yang lain.

Mereka yang pintar dihitung-hitungan belum tentu pandai dalam berkomunikasi, begitu pula sebaliknya. Pasti ada potensi tersendiri yang perlu digali.

Apakah ada yang sudah tahu dengan sekolah penerbangan taruna?

Biasanya saat ada acara sosialisasi atau edufair, sekolah penerbangan ini paling banyak menjadi sorotan.

Bukan tanpa alasan, anggota taruna yang laki-laki tampak sangat gagah. Lebih dari itu, para perempuannya juga cantik-cantik membuat para lulusan SMA/SMK banyak yang tertarik untuk menjadi anggota di sekolah penerbangan tersebut.

Namun, kamu perlu tahu tidak semua lulusan bisa diterima untuk masuk di jurusan teknik penerbangan. Lantas apakah jurusan IPS mempunyai kesempatan dan peluang untuk masuk?

Kabar baiknya ada, bahkan lebih dari 1 prodi kuliahan yang bisa kalian pilih. Salah satunya di STTKD, kami menerima lulusan SMA IPS yang baru lulus masuknya bisa melalui jalur rapot, lho.

Apa saja jurusan yang cocok untuk IPS di sekolah penerbangan? Simak informasi lebih lengkapnya di bawah ya.

4 Jurusan Masuk Kuliah Sekolah Penerbangan Untuk IPS dan MA

Tidak hanya SMA IPS, bahkan daftar kelima jurusan di sekolah teknik penerbangan ini bisa dipilih oleh lulusan baru dari MA (Madrasah Aliyah). Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Jurusan Kuliah IPS Sekolah Penerbangan

1. Ground Handling

Suka bekerja di lingkungan bandara ,tetapi takut ketinggian? Kamu bisa memilih jurusan ground handling. Di jurusan ini kalian nantinya akan diajarkan mengenai bagaimana caranya menjadi ground crew maskapai pesawat.

Prospek kerjanya menjadi juru parkir pesawat  dan staff pekerja yang mengurusi semua hal berkaitan dengan penyiapan pemberangkatan pesawat mulai dari urusan bagasi, memandu penumpang, dan lain-lain.

Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka bekerja dengan gesit, cekatan, dan mempunyai kedisiplinan tinggi.

Satu lagi, skill berkomunikasi dengan baik juga akan sangat membantu, penguasaan bahasa asing bisa menjadi nilai plus.

Di STTKD kalian akan diajarkan mengenai pengenalan dasar-dasar hingga tingkatan praktik lebih lanjut. Minat masuk prodi ini? Simak penjelasan lengkapnya pada jurusan ground handling, pendidikan kuliah ini bisa ditempuh dalam jangka 1 tahun (D1).

2. Pramugari dan Pramugara

Jurusan sekolah penerbangan untuk IPS yang kedua yaitu pramugari dan pramugara. Salah satu prodi yang cukup bergengsi, tidak sedikit yang menjadi idaman khususnya para perempuan yang ingin bekerja dengan tetap menjaga penampilan diri secara maksimal.

taruna taruni sttkd

Kalian akan mempelajari banyak ilmu baru secara spesifik mengenai cara menjadi pramugari mulai dari teori hingga praktiknya. Salah satu materi kuliah yang cukup menarik di jurusan ini adalah poise and grace.

Ini adalah rahasia kenapa pramugari bisa tampil memukau dan anggun, tersenyum ramah saat melayani para penumpang. Sama seperti ground handling, kalian bisa menempuh pendidikan ini selama 1 tahun saja.

Tidak sedikit alumni STTKD yang bisa keterima kerja menjadi pramugari bahkan sebelum lulus, lho. Yakin kamu tidak menginginkan hal yang sama?

3. Manajemen Transportasi D3

Siap mendalami ilmu lebih dalam lagi? Ada jurusan manajemen transportasi D3 yang bisa dijadikan pilihan untuk jurusan IPS dan MA. Di prodi ini kalian akan mempelajari secara umum seperti apa sistem manajemen transportasi secara umum.

Namun, karena di STTKD konsentrasinya adalah bidang transport udara maka kalian perlu memilih salah satu konsentrasi yaitu logistik, AVSEC, airline operational, dan airport operational.

Jangan salah, jurusan ini punya prospek kerja yang fleksibel lho. Tidak hanya terpaku pada manajemen transportasi udara, tetapi kalian juga bisa menjadi staff logistik untuk perusahaan cargo di darat.

4. Manajemen Transportasi Udara D4

Hampir sama dengan pilihan jurusan ketiga, tetapi bedanya kalian akan fokus membahas ilmu manajemen transportasi udara saja.

Prospek kerjanya lebih terarah, ada kemungkinan besar kamu akan bekerja di bandara atau perusahaan industri travel dan tour.

Bahkan untuk bagian logistik juga dikhususkan mengenai penanganan cargo udara saja. Prodi ini bisa dipilih oleh jurusan SMA IPS, MA, dan SMK semua jurusan.

Kesimpulan

Menjadi lulusan IPS bukanlah halangan untuk menjadi seorang taruna/taruni hebat. Ada empat jurusan utama yang bisa kalian pilih sesuai dengan minat dan keinginan.

STTKD menyediakan 4 jurusan untuk lulusan IPS, yaitu: ground handling, pramugari, manajemen transportasi, dan manajamen transportasi udara.

Tertarik untuk mendaftar jadi taruna dan taruni baru? Langsung kunjungi halaman pendaftaran STTKD bisa dilakukan online dari rumah, informasi kontak lengkap juga tersedia di halaman tersebut ya.