Sekolah airframe powerplant

Sekolah Airframe Power Plant untuk Peroleh Lisensi A1 dan A4

Saat ini bidang kedirgantaraan di Indonesia sudah semakin banyak diminati oleh para anak-anak muda. Tidak hanya berambisi untuk menerbangkan pesawat saja, namun mereka juga tertarik dengan persoalan teknik dan pemesinannya.

Untuk itu, ada baiknya untuk menempuh pendidikan yang relevan dengan target karir yang ingin dicapai. Dalam hal ini, jika kalian berminat dengan mesin-mesin, elektrikal pesawat terbang maka tempat yang sesuai untuk mempelajarinya adalah sekolah airframe powerplant.

Namun, sebelum membahas lebih jauh soal sekolahannya. Sudahkah kalian memahami apa itu airframe dan powerplant? Mungkin beberapa dari kalian ada yang pernah mendengarnya secara sekilas.

Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap dan padat, berkaitan dengan airframe dan powerplant tersebut.

Apa Itu Airframe Powerplant?

Airframe power plant adalah bidang studi atau profesi yang di dalamnya berkaitan dengan merawat atau memelihara pesawat. Bagian pemeliharaan tersebut meliputi struktur pesawat, mesin pesawat, dan sistem pesawat.

Untuk diakui sebagai mekanik airframe powerplant, kalian perlu memperoleh sertifikat atau license dengan mengikuti pelatihan melalui lembaga tertentu yang sudah diakui oleh nasional maupun internasional.

Dalam hal ini tidak semua orang bisa menjadi tenaga ahli airframe dan powerplant, mengingat proses training dan pengujiannya juga melalui proses yang cukup panjang sampai yang bersangkutan dinyatakan kompeten di bidang tersebut.

Mengenal Jurusan dan Materi Airframe dan Powerplant

Airframe powerplant merupakan materi induk yang di dalamnya terbagi lagi menjadi beberapa pembahasan. Inilah kenapa dengan menguasai bagian ini, maka mekanik bisa memahami beberapa materi yang berkaitan dengan teknis pesawat.

airframe powerplant maintenance

Beberapa materi yang termasuk ke dalam airframe dan powerplant antara lain sebagai berikut:

  • Propeller (Baling-baling)
  • Gas turbine Engine (Gas turbin)
  • Aerodynamic dan flight control (Aerodinamika dan kendali penerbangan)
  • Piston engine (Mesin piston)
  • Aircraft sistem (Sistem pesawat)
  • Maintenance practice (Praktik perawatan)
  • Aircraft tools (Peralatan maintenance pesawat)
  • Electrical sistem (Sistem kelistrikan)

Tentu saja tidak hanya teori, melainkan di dalam airframe powerplant juga akan difokuskan pada praktik dan kemampuan langsung. Sebagai catatan menguasai sistem powerplant dan airframe pesawat bukanlah hal yang mudah.

Bagi kalian yang ingin menjadi mekanik yang kerja di bengkel pesawat, maka pastikan untuk mempersiapkan memastikan keputusan Anda sudah sesuai dengan minat, memegang teguh komitmen untuk terus belajar, dan bersiap menghadapi tantangan dan kesulitan yang mungkin saja terjadi.

Jangan lupa untuk memilih lembaga pelatihan yang tepat untuk mendapatkan lisensi yang dibutuhkan.

Apa Saja Kelebihan Jurusan Airframe Powerplant?

Sebagai salah satu jurusan teknik penerbangan, airframe powerplant mempunyai beberapa kelebihan yang sepertinya cukup menguntungkan bagi siapa saja yang mampu mendalaminya.

1. Berkesempatan Bisa Mendapatkan Lisensi yang Diakui Internasional

Dengan memilih studi ini, maka kalian bisa mendapatkan lisensi yang dibutuhkan untuk membuktikan kualifikasi dan skill. Contohnya lisensi A1 (Fixed Wing Airframe), kemudian A4 (Gas Turbine Engine). Keduanya merupakan lisensi DGCA (Directorate General of Civil Aviation) yang diakui oleh ICAO.

2. Keahlian yang Banyak Dibutuhkan

Keahlian membongkar dan melakukan maintenance (perawatan pesawat udara) dan repair (perbaikan) pesawat sangatlah dibutuhkan. Hampir setiap tahun bengkel pesawat mencari rekrutmen-rekrutmen baru untuk menjadi tenaga mekanik dan teknisi pesawat untuk bekerja secara tim.

Terlebih lagi hal ini juga berjalan lurus dengan kebangkitan industri kedirgantaraan di Indonesia, selagi kalian terus berusaha maka ada peluang yang cukup besar untuk mengejar karir di bidang yang sesuai.

3. Menguasai Teknik Maintenance dan Repair

Apa syarat untuk menjadi seorang ahli reparasi dan maintenance pesawat terbang? Salah satunya adalah menguasai teknik airframe dan powerplant. Ya, istilah kata ini menjadi modal awal sebelum kalian bisa diakui sebagai mekanik yang profesional, maka semuanya harus dimulai dari nol. Pastikan untuk menguasai dasar-dasarnya terlebih dahulu, sebelum ke tingkat lanjut.

4. Profesi dengan Gaji yang Menjanjikan

Kesulitan tugas yang dilakukan sudah sudah semestinya sepadan dengan penghasilan yang bisa kalian peroleh. Di dalam negeri dan luar negeri profesi airframe dan powerplant gajinya cukup tinggi mulai dari Rp5.000.000 per bulan bisa lebih menyesuaikan dengan jabatan dan pengalaman kerja, serta ketentuan dari perusahaan.

Jadi, bagaimana apakah kalian tertarik untuk mempelajari airframe dan powerplant secara lebih mendalam? di STTKD ada program studi D3 Aeronautika yang salah satunya mempunyai konsentrasi ke airframe dan powerplant.

Sebagai taruna, kalian juga bisa mengikuti program training intensif untuk mendapatkan lisensi penunjang kualifikasi untuk keperluan daftar kerja atau keperluan karir.

Sekolah penerbangan terbaik bekerja sama dengan berbagai perusahaan seperti MMF (Merpati Maintenance Facility), Batam Aero Technic, GMF Aero Asia. Ada peluang untuk bisa disalurkan kerja dan melakukan PKL langsung di bengkel pesawat terstandar di Indonesia.