Teknik Perawatan Pesawat Udara

Jurusan Teknik Perawatan Pesawat Udara IPA/SMK

Buat kalian yang baru lulus dari SMA IPA/SMK Teknik coba cek dulu jurusan teknik perawatan pesawat udara atau aircraft maintenance engineer. Prospek kerjanya bagus, bisa meningkatkan peluang untuk bekerja di bengkel bandar udara sebagai mekanik tukang perawatan dan perbaikan pesawat udara.

Profesi ini terbilang cukup jarang, oleh karenanya hanya lulusan yang berkompeten saja yang bisa bekerja di bidang ini. Tidak ada kata mustahil, kalau kalian mau bersungguh-sungguh kemungkinan bisa menjadi seorang ahli maintenance pesawat terbang.

Namun tentunya berproses ya, dimulai dari memilih jurusan atau prodi mana yang sesuai dengan materi keahlian yang dibutuhkan untuk profesi ini.

Ingin Menjadi Tenaga Teknik Perawatan Pesawat Udara, Ambil Jurusan Apa?

Ada beberapa jurusan/prodi di sekolah penerbangan Jogja yang bisa dipilih oleh kalian yang berminat menjadi seorang aircraft maintenance engineer. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Aeronautika, prodi ini mempunyai relevansi yang kuat dengan kegiatan maintenance pesawat udara. Biasanya di semester 3 ke atas kalian akan diajarkan mengenai maintenance management, aircraft maintenance, dan materi lainnya yang membahas mengenai perawatan pesawat udara baik itu tipe komersial, cargo, maupun charter.
  2. Teknik Dirgantara, meskipun fokus utamanya adalah menjadi seorang konseptor di bidang penerbangan. Namun di pada jurusan teknik dirgantara kalian juga akan mempelajari dasar-dasar maintenance pesawat.
  3. Rekayasa Mesin dan Teknik Elektro, untuk kedua jurusan ini juga mempunyai kaitan dengan pembongkaran mesin pesawat. Bisa dijadikan alternatif saat Aeronautika dan Teknik Dirgantara kuotanya sudah terpenuhi.

Beberapa jurusan di atas adalah pilihan terbaik untuk mempersiapkan diri menjadi ahli teknik pemeliharaan pesawat udara. Silahkan tentukan dulu mana yang sekiranya sesuai dengan minat kalian.

Penguasaan Ilmu untuk Menjadi Aircraft Maintenance Engineer

Setelah mengetahui nama jurusan yang tepat, selanjutnya kalian perlu bersiap-siap untuk menguasai beberapa kemampuan dan bidang keilmuan baik teori maupun praktik.

prodi teknik perawatan pesawat udara

Adapun beberapa bidang keilmuan yang perlu dikuasai yaitu:

  • Aircraft Maintenance Knowledge, pada bagian ini kalian dituntut untuk mengetahui dasar-dasar perawatan teknis pesawat udara. Termasuk mengetahui bagian-bagian pesawat yang perlu dicek, alat-alat yang digunakan, dan lingkup pekerjaan
  • Aircraft Structure, setiap pesawat pasti mempunyai struktur dan rangka yang berbeda-beda. Oleh karena itu, seorang aircraft maintenance engineer minimal mengetahui beberapa tipe struktur pesawat, khususnya komersial seperti boeing
  • Aircraft Electrical, teknis kelistrikan yang terkendala bisa mengganggu performa pesawat saat terbang di udara. Seorang mekanik pemeliharaan pesawat terbang sebaiknya mampu mengetahui sistem kelistrikan tersebut

Lebih jauh lagi, beberapa bandar udara biasanya membuat syarat yang lebih ketat untuk merekrut aircraft maintenance engineer. Kamu perlu bergabung dengan program lisensi seperti AMTO (Aircraft Maintenance Training Organization) atau sejenisnya.

Beberapa syarat pendukung lainnya yang perlu disiapkan untuk bisa bersaing di profesi ini yaitu:

  • Memiliki Sertifikat Dasar Aircraft Maintenance dari DGCA (Direktorat Jenderal Perhubungan Udara)
  • Pernah mengikuti pelatihan teknik seperti PKL dalam jangka waktu tertentu
  • Menyertakan dokumen seperti ijazah dan sertifikasi sebagai bukti kompetensi keahlian

Tugas dan Tanggung Jawab Teknik Perawatan Pesawat Udara

Dengan persyaratan yang bisa dibilang cukup ketat, sebenarnya apa saja tugas yang dilakukan oleh aircraft maintenance engineer secara lengkap? Perlu kalian ketahui bahwa pekerjaan seorang teknisi pemeliharaan/perawatan pesawat udara tercantum di dalam Peraturan Menteri Perhubungan No.64 Tahun 2011. Di dalam kebijakan tercantum bahwa tugas dan kewajiban seorang aircraft maintenance engineer yaitu:

Memastikan Kelaikan Pesawat untuk Mengudara

Maintenance engineer mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa pesawat yang akan lepas landas sudah diuji secara menyeluruh. Mulai dari sistem navigasinya, mesin-mesin bagian dalam, gas turbine, kondisi sayap pesawat, dan lain-lain. Bagian dalam maupun luar yang menyangkut keselamatan pesawat harus dicek dan lulus uji kelaikan.

Memahami Kebutuhan Maintenance Pesawat

Dalam beberapa kondisi keluhan bisa disampaikan langsung dari pilot maupun awak kabin. Mereka bisa menyampaikan kondisi pesawat setelah mengudara, apabila dirasa ada sesuatu yang aneh maka tim maintenance harus segera bertindak untuk mengecek bagian tersebut. Terutama jika menyangkut keselamatan dalam penerbangan.

Menjaga Performa dan Kestabilan Pesawat

Komponen pesawat yang sudah usang mungkin perlu dilakukan penggantian. Seorang aircraft maintenance juga mempunyai tanggung jawab untuk memastikan setiap pesawat yang dicek mempunyai kondisi yang baik dan terkontrol.

Masih banyak job desk seorang mekanik perawatan pesawat udara yang belum tercantum pada artikel ini. Kalian bisa mempelajari dasar-dasar sampai materi tingkat lanjut dengan mengambil jenjang pendidikan minimal D3 Aeronautika maupun jenjang yang setara.

Tidak ada kata terlambat, apabila memang serius ingin menjadi seorang tim aircraft maintenance engineer maka kalian bisa memilih kampus STTKD sebagai tempat menempuh pendidikan teknik penerbangan.

Telah dibuka jurusan S1 Teknik Dirgantara, D3 Aeronautika, S1 Teknik Elektro, dan S1 Rekayasa Mesin di STTKD Jogja.

Kalian bisa melakukan pendaftaran hari ini, ingat kuota terbatas jangan lewatkan kesempatan untuk mempersiapkan diri menjadi tenaga ahli yang kompeten di bidang teknik perawatan pesawat udara. Dapatkan  lisensi AMTO yang sudah di-approve oleh DGCA dan bersiap menjadi mekanik pesawat yang kompeten!