Sekolah Penerbangan Terbaik Indonesia Daftarnya Mudah!

Sekolah Penerbangan Terbaik Indonesia Daftarnya Mudah!

Mencari sekolah penerbangan terbaik di Indonesia itu gampang-gampang susah. Buktinya, sampai detik ini kalian masih saja cek info di berbagai media mulai dari brosur sampai dengan situs kampus kedirgantaraan.

Hal ini tergolong wajar, biaya untuk mendaftar kampus penerbangan itu terkenal cukup tinggi bisa dikatakan setara dengan pendidikan prospek kerja yang tinggi yang sudah menjamur di Indonesia seperti dokter, teknik sipil, dan lain-lain.

Namun, ada satu hal yang unik dari sekolah penerbangan. Setidaknya ada 80-90% orang yang mengira bahwa jurusan penerbangan hanya jadi pilot saja, lantas profesi pramugari, teknik penerbangan, ground handling termasuk pendidikan apa?

Ini harus diluruskan, tidak hanya ibu-ibu dan bapak-bapak yang beranggapan bahwa lulusan penerbangan wajib jadi pilot, tetapi juga rata-rata lulusan baru masih ada yang mempunyai pemikiran yang sama.

Sebelum memutuskan untuk mendaftar di sekolah penerbangan dan mencari kampus yang terbaik di Indonesia. Ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu, sebenarnya jurusan penerbangan itu terdiri dari apa saja dan seperti apa prospek kerjanya.

Mau Daftar Di Sekolah Penerbangan Terbaik? Pahami Dulu 3 Jurusan Ini!

Jurusan kampus disiplin kedirgantaraan itu banyak. Setiap prodi mempunyai tingkat kesulitan dan prospeknya sendiri-sendiri. Untuk memahami lebih jauh mengenai jurusan sekolah penerbangan, silahkan kalian simak informasi berikut, prodi sekolah penerbangan yang bukan pilot.

sekolah penerbangan terbaik Indonesia STTKD

Beberapa siswa siswi SMK Dirgantara Putra Bangsa, Sleman

1. Jurusan S1 Teknik Dirgantara

Teknik dirgantara atau bisa juga disebut sebagai teknik penerbangan merupakan jurusan yang di dalamnya mempelajari ilmu yang berkaitan dengan teknis pesawat. Saat mengambil prodi teknik dirgantara Anda akan mengetahui cara melakukan maintenance/perawatan terhadap kondisi pesawat terbang hingga teknis perancangannya.

Nah, di Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Anda akan diajarkan untuk memahami teknis perancangan dan pengembangan. Lebih lanjut, diaplikasikan pada pengoperasian dan perawatan unit pesawat.

STTKD telah memperoleh akreditasi B (Baik Sekali) dari BAN-PT untuk prodi S1 Teknik Dirgantara. Untuk syarat pendaftarannya harus lulusan IPA atau SMK Teknik.

Mohon maaf, untuk calon peserta taruna baru yang lulusannya IPS bisa mengambil prodi lainnya. Karena jurusan ini memang bisa dikatakan rumit, harus paham dasar-dasar fisika, keahlian matematis, dan persoalan teknis lainnya.

2. Jurusan D1 Pramugari/Pramugara

Pramugari/pramugara adalah prodi dalam sekolah penerbangan yang fokus utamanya mempelajari bagaimana caranya memberikan pelayanan, berinteraksi, dan memahami apa yang dibutuhkan oleh penumpang.

Apakah syarat menjadi pramugari/pramugara harus good looking?

Ya bisa dikatakan begitu, tetapi ini adalah persoalan yang lebih kompleks. Karena pasti sedikit dari kalian yang tahu bahwa berpenampilan menarik saja tidak cukup. Sebagai calon pramugari kalian harus bisa berkomunikasi dengan baik, profesional saat menjalankan tugas, dan masih banyak hal lainnya.

Memilih sekolah penerbangan terbaik STTKD merupakan pilihan yang tepat. Kami menyediakan prodi D1 Pramugari dan Pramugara dengan akreditasi Baik Sekali.

Persyaratan untuk mendaftar juga lebih fleksibel tidak seperti jurusan teknik kedirgantaraan.

Kabar yang sangat baik, lulusan SMA untuk jurusan IPS dan IPA boleh mendaftar, kesempatan dibuka seluas-luasnya untuk Anda. Lebih dari itu, lulusan SMK dari semua jurusan juga boleh mendaftar prodi D1 Pramugari ini.

Anda berasal dari sekolah MA? Tidak masalah, lulusan MA juga diperbolehkan untuk mengambil prodi ini. STTKD adalah satu-satunya sekolah penerbangan yang menyediakan program studi pramugari dan pramugara di Indonesia yang berijazah dari Kemendikbud.

3. Jurusan D1 Ground Handling

D1 Ground Handling adalah jurusan yang mempelajari mengenai penanganan hingga pelayanan terhadap penumpang yang berkaitan dengan bagasi, kargo, pos, menyiapkan garbarata semacam jembatan untuk menghubungkan ruang tunggu penumpang ke pintu pesawat, dan keperluan lainnya.

Sering dianggap profesi yang sepele, padahal tanpa adanya petugas ground handling , bisa dikatakan mustahil pemberangkatan pesawat dan penyiapan penumpang bisa berjalan dengan lancar.

STTKD sendiri menyediakan jurusan ground handling dengan akreditasi B. Prodi ini bisa dipilih oleh hampir semua jurusan termasuk SMA, IPA, dan juga MA. Skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang ground handling profesional adalah cekatan, tidak ada yang namanya mager harus siap selalu kapanpun pesawat mau berangkat semuanya harus dikoordinasikan dengan tim ground handling lainnya.

Sebenarnya masih banyak jurusan lainnya yang tersedia di sekolah penerbangan terbaik STTKD Indonesia. Apabila kalian ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai hal ini, silahkan hubungi admin atau unduh brosur yang tersedia di website resmi kami.

Bagaimana Cara Mendaftar Di Sekolah Penerbangan Terbaik STTKD?

Gelombang 1 pendaftaran sudah dibuka mulai 1 November 2022 – Mei 2023 melalui jalur prestasi dengan nilai rapor.

Registrasinya bisa dilakukan secara offline ataupun online, apabila kalian ada waktu dan kebetulan lokasi rumah cukup dekat dengan kampus STTKD maka disarankan untuk hadir langsung ke tempat.

Namun, apabila lokasi tempat tinggal kalian jauh maka bisa mendaftar secara online terlebih dahulu. Berikut ini panduannya:

  1. Pertama, pastikan perangkat ponsel/PC Anda terhubung ke internet yang cepat, lalu buka halaman PTB STTKD
  2. Kemudian, buatlah akun baru jangan lupa siapkan: nomor WA aktif dan kata sandi, lalu lakukan login pada akun baru Anda
  3. Lalu, unggah berkas persyaratan yang dibutuhakan menyesuaikan dengan jurusan yang diambil, informasi mengenai persyaratan lengkap masing-masing prodi bisa Anda temukan di halaman pendaftaran STTKD

berkas scan file dikirimkan dalam format JPG, PDF, dan sebagainya jangan lupa untuk mengkompres ukuran sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Untuk informasi lebih detailnya silahkan hubungi admin pendaftaran yang fast respons 24 jam siap selalu membantu Anda untuk proses registrasinya. Raih kesuksesan masa depan bersama sekolah penerbangan terbaik STTKD, jangan tunggu nanti persiapkan mulai hari ini!